Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Suami Hilang Setahun, Ini Kisah Cinta Pilu Selebgram Aprila Majid

Menanti tanpa kepastian selama setahun

Natasha Cecilia Anandita

Nama Aprila Majid saat ini kerap diperbincangkan di media sosial. Kisahnya viral saat ia akhirnya meminta bantuan kepada netizen untuk mencari suaminya yang hilang selama setahun. Aprila Majid dan suaminya, Muchamad Zhacky, terakhir kali bersama pada 4 Mei 2023 lalu. 

Saat itu, Zhacky berpamitan ke kelurahan, namun tak kunjung pulang hingga setahun. Kabar mengenai Zhacky pun tak pernah ada. Aprila sudah melapor ke polisi, tapi belum ada informasi lebih lanjut. 

Sampai akhirnya, dengan bantuan akun media sosial @dhemit_is_back beserta netizen lainnya, dikabarkan bahwa Zhacky pernah berada di Bali tahun 2023 lalu dan kini ada di Palembang. 

Kisah pilu tersebut diungkap Aprila Majid dalam Instagramn-ya. Berikut kisah cinta selebgram Aprila Majid dan Muchamad Zhacky yang menghilang selama setahun. 

1. Menikah di usia 22 tahun

instagram.com/aprilamajid

Dalam unggahan di akun Instagram dan X pribadinya, Aprila Majid bercerita bahwa ia menikah dengan Muchamad Zhacky di usianya yang masih muda, yakni 22 tahun. Di saat teman-teman seusianya merintis karier, ia justru memilih untuk membangun rumah tangga yang harmonis dengan kekasihnya. 

“Aku masih ingat betul, di mana pertama kita bertemu. Rasa cinta dan kasih sayang yang tidak pernah aku rasakan sebelumnya. Laki-laki yang begitu aku kagumi dengan kelembutan dan kasih sayangnya. Menikah di usia 22 tahun di saat semua teman- temanku baru memulai kariernya. Aku memilih untuk menikah dengan kamu laki-laki sederhana yang selalu berusaha mengupayakan segalanya,” tulis April di akun X. 

2. Dikaruniai 2 orang anak

instagram.com/aprilamajid

Berdasarkan tulisan di X, Aprila dan Zhacky sudah bersama sekitar 11 tahun, di mana 4 tahun mereka saling mengenal dan menikah selama 7 tahun. Pernikahan tersebut bertambah lengkap dan bahagia dengan kehadiran sepasang buah hati. 

“Semua berjalan begitu indah. Empat tahun mengenal, tujuh tahun menjalani rumah tangga yang begitu indahnya,” lanjut April.

Anak pertama mereka berjenis kelamin laki-laki bernama Zidan, sedangkan anak keduanya perempuan bernama Alana. April kerap membagikan momen bahagia bersama keluarga kecilnya di Instagram. Zhacky juga terlihat sangat menyayangi istri serta kedua buah hatinya. 

“Saat itu tidak ada yang aku paling syukuri, selain bisa ada di sampingmu bersama anak-anak kita. Suami yang baik hati, anak-anak yang saleh dan salihah, dan rumah yang penuh cinta,” tambahnya.

3. Hilang setelah pamit ke kelurahan

Pada 4 Mei 2023 menjadi awal kisah pahit untuk Aprila. Kala itu, Zhacky izin pamit kepadanya untuk pergi ke kelurahan. Waktu berlalu hingga malam, tapi Zhacky yang dipanggil Eki itu tak kunjung pulang. Semuanya berjalan sampai satu tahun Aprila ditinggal tanpa kabar. 

Satu hari setelah Zhacky tak pulang, April mulai merasa ada yang tak beres karena nomornya tak dapat dihubungi, email-nya juga berubah password. Merasa cemas, April melakukan segala cara untuk bisa bertemu sang suami mulai dari tanya ke keluarga, saudara, sampai ditipu oleh hacker saat hendak melacak melalui nomor telepon di Internet.

“Satu hari berlalu, nomor belum bisa dihubungi, email yang menyatu di handphone-ku juga berubah password-nya. Perasaanku tidak tenang mulai hari itu. Aku lakukan segala cara, mulai dari bertanya saudara dan teman terdekat sampai aku mencari informasi terkait pelacakan melalui no telepon di internet,” cerita content creator itu.

4. Sempat disebut akan pulang

instagram.com/aprilamajid

Tiga hari usai kepergian Zhacky tanpa kabar, anak pertamanya menunggu di depan pintu sambil menangis. Salah satu temannya sempat mengatakan kepada Aprila kalau suaminya itu sempat telepon sebentar dan mengatakan ada urusan yang harus diselesaikan.

“Hari itu aku ingat satu teman dekat kamu, dan benar kamu menghubunginya. Dia bilang kamu hanya mengangkat telepon sebentar dan bilang ada urusan yang mau diselesaikan. Beberapa hari berlalu, aku masih berusaha menghubungi kamu lewat telepon, WhatsApp, Telegram, email, Instagram tapi masih belum aktif. Bahkan Kakak bilang, kamu sempat membalas chat-nya di Facebook dan bilang akan pulang lusa,” kata Aprila Majid.

Seminggu berlalu, Zhacky masih belum menghubungi Aprila. Karena perasaannya tidak enak, dengan berat hati April memutuskan melapor ke kantor polisi, hingga saat ini belum ada kabar dari kepolisian terkait keberadaan suaminya. 

5. Merasa terpuruk hingga ikut banyak kegiatan

instagram.com/aprilamajid

Selama perginya Zhacky, Aprila tak berhenti mengirimi pesan melalui WhatsApp. Ia mengabarkan kondisi rumah mereka, anak-anak, hingga keluh kesah perasaan April. Tapi, tak ada satu pun pesan yang dibaca apalagi dibalas. Bahkan saat anak mereka masuk rumah sakit dan operasi pun, sosok Zhacky tak kunjung muncul. 

“Satu bulan... dua bulan... tiga bulan berlalu. Aku yang menahan Kakak supaya nggak posting up di sosial media karena yakin kamu akan pulang dengan sendirinya dan takut saat anak-anak tahu kabar berita kamu hilang. Akhirnya aku menyerah. Ini sudah terlalu lama.

Kamu benar-benar nggak datang di hari pertama Zidan masuk sekolah. Kamu nggak datang saat Iduladha, kamu nggak datang saat Zidan bolak-balik rumah sakit sampai akhirnya harus cito operasi. Kamu nggak tau kalau Alana sudah bisa ngomong. Dan kata yang pertama yang keluar dari mulut mungilnya? Ayah,” tulis Aprila di X pada 10 Juni 2024 lalu.

April yang awalnya tak dekat dengan kakak iparnya, jadi semakin sering berkomunikasi untuk saling menguatkan. Ia juga jadi ikut banyak kegiatan, mulai dari olahraga, bekerja, membawa anak bermain, datang ke kajian, psikolog, hingga ‘orang pintar’.

“Semenjak Kakak up, ada beberapa informasi yang belum tahu kebenarannya. Aku yang nggak terlalu deket sama kakak kamu, sekarang kita saling menguatkan. Untuk pertama kalinya aku pergi ke event dan visit sendiri, kajian, psikolog, psikiater, hipnoterapi, bahkan orang pintar.

Pikiranku udah nggak sinkron. Tapi aku tetap berusaha melakukan segala cara. Dan hasilnya perempuan yang nggak bisa apa-apa ini udah lebih mandiri dan nggak penakut lagi Ki. Hebat kan?” lanjutnya lagi.

6. Sudah ikhlas dengan keadaan suaminya

instagram.com/aprilamajid

Dalam unggahan di media sosialnya, April sampai mengaku ikhlas dengan keadaan apa pun kelak yang ia akan terima mengenai suaminya. Entah itu suaminya meninggal atau bersama perempuan lain, ia mengatakan akan menerimanya dengan lapang dada asalkan ia tahu kabar suaminya itu. 

“Aku selalu bilang, ‘Kalau aku ditinggal meninggal, aku sudah tahu kalo kita nggak akan ketemu lagi. Kalau aku ditinggal selingkuh, aku ada alasan untuk membenci’. Kalau ini aku harus apa, Ki?

Setiap hari aku bergelut sama pikiranku, aku takut kamu kenapa-kenapa. Sampai aku pernah bilang sama Kakak, kalaupun benar ada perempuan lain. Nggak apa apa. Aku ikhlas. Pernikahan bisa berakhir. Tapi anak-anak nggak pernah putus kan?

Mereka meremehkan kesedihanku. Nggak, mereka hanya ingin melihatku kuat sebenarnya. Tapi aku belum kuat, Ki. Aku selama ini diam, tapi aku terus mencari tahu. Aku sakit karena ternyata selama ini aku nggak tahu apa-apa,” kembali mengutip tulisan Aprila Majid di akun X-nya.

7. Meminta bantuan di media sosial

instagram.com/aprilamajid

Pada 10 Juni 2024, dengan sisa-sisa harapannya, Aprila akhirnya mengungkap kisah hidupnya ke media sosial dan meminta netizen untuk menemukan suaminya yang telah hilang lebih dari setahun. Ia juga ikut dalam sebuah kajian bernama Menata Hati dan menanyakan statusnya kepada Ustaz Hilman Fauzi yang membawakan ceramah dan diunggah ke media sosial hingga kisahnya viral. 

“Hari ini aku memilih untuk mencarinya satu kali lagi #twitterdoyourmagic. Malam itu terasa beda, tidak ada pelukan seperti biasanya. Laki-laki yang paling aku percaya tidak pernah menyakitiku, pergi dan tidak kembali sampai hari ini. Eki, apa kabar?” tulisnya membuka kisah hidupnya kepada para netizen di X sekaligus meminta bantuan untuk mencari kekasih hatinya itu.

8. Suaminya dikabarkan masih hidup dan punya identitas ganda

Dengan bantuan netizen dan akun @dhemit_is_back01, kabar mengenai Zhacky satu per satu mulai muncul. Pada Kamis (8/8/2024) kemarin, akun media sosial tersebut mengabarkan kalau Zhacky memiliki identitas ganda, baik NIK maupun paspornya. BPJS serta bank dengan namanya juga masih aktif. Zhacky dikabarkan pernah berada di Bali sekitar tahun lalu ketika ia baru menghilang. 

“Untuk hasil yang kami temukan soal suami @aprilamajid atas nama Muchamad Zhacky

  • NIK ganda semua identik hanya alamat domisili beda yang satu di Guguak Kuranji Hilir Padang Pariaman
  • Aktivitas bank on transaksi sampai Agustus ini, beberapa dari luar negeri
  • BPJS aktif terbayarkan sampai saat ini, tapi data kesehatan Null
  • Paspor ganda
  • Kami tidak menemukan nomor baru yang didaftarkan dengan NIK kedua atas nama
  • Bulan November tahun 2023 masih ada aktivitas paket datang ke rumah
  • Ada transaksi perbankan di area Bali tanggal 10 Mei 2023, tiga kali transaksi

Analisis kami masih menunggu data lanjutan dua hari kedepan, mohon bantuannya Cat Warrior daerah Padang dan Bali serta Depok karena aktivitas terlihat pernah di sana, kita bantu agar segera berkumpul dan kasihan dua  anak yang rindu ayahnya,” tulis akun tersebut.

Dua hari setelahnya, pada Sabtu (10/8/2024), akun @dhemit_is_back01 kembali mengabarkan kalau mereka sudah berhasil menemukan suami April. Akun tersebut juga menyertakan sebuah video yang menampilkan Zhacky. 

“Kami sudah menemukan suami @aprilamajid dan video awal kami takedown karena permintaan istri soal foto

  • Kami sudah menemukan kosan di Bali
  • Kami sudah menemukan lokasi
  • Kami sudah menemukan NIK dan nama perempuan di foto

Dan beberapa data kami tidak up karena permintaan istri untuk humanity dan psikologi anak

Kamu perempuan hebat Prill dan istri serta ibu yang wonder woman

#CatWarrior,” tulis akun @dhemit_is_back01.

8. Sempat berharap akan bahagia, Aprila harus menerima kepahitan

instagram.com/aprilamajid

Aprila tak pernah menyangka kalau rumah tangganya dengan Muchamad Zhacky akan berakhir demikian. Setahunya, kehidupan mereka begitu bahagia dan saling mencintai. Ia juga berharap akhir dari penantiannya, keluarga kecilnya akan bersama kembali dengan bahagia. 

“Aku sampai berhasil menjadi penipu, Ki. Aku berhasil terlihat baik-baik saja padahal nggak ada satu hari pun aku nggak nangis, terbangun tengah malam, teriak-teriak di mobil sampai aku harus berhenti sebentar untuk menenangkan diri aku kalau masih ada anak-anak yang menunggu aku di rumah. Jantung aku nggak berhenti berdebar, setiap aku sadar aku kehilangan separuh jiwa aku.

Orang yang paling aku percaya nggak akan nyakitin bahkan ninggalin aku. Nggak Ki nggak ada. Aku masih kira ini mimpi. Aku yakin sebentar lagi aku kebangun karena kamu nyelimutin aku pas aku ketiduran seperti biasanya,” tulis Aprila di Instagram.

instagram.com/aprilamajid

Namun, tampaknya kenyataan berbanding terbalik dengan harapannya. Aprila mengunggah foto sang suami merangkul perempuan lain. Ia mengatakan mendapat foto tersebut dari seorang netizen yang mengiriminya DM. April juga meminta maaf kepada anaknya karena tak bisa memberikan kehidupan penuh cinta seperti yang sebelumnya dari orang tua yang utuh.

“Tapi ternyata terlalu positive thinking itu salah. Aku bukan hidup di dunia dongeng. Maafin Bunda, ya, Nak. Maafin Bunda kalau setelah ini semuanya akan terasa lebih menyakitkan. Suatu hari nanti kalian akan tahu dengan cara yang paling baik.

Aku awalnya nggak yakin, tapi setelah aku telepon orang baik yang berkenan memberikan informasi dan beberapa foto candid, aku yakin itu kamu. Ki, maafın aku ya. Aku harap kamu baca atau ada yang kenal kamu dan sampaikan ke kamu. Maafin aku aku harus begini. Maafin aku ternyata selama ini bukan aku orangnya.

Maafın aku kalau selama hampir 13 tahun bersama aku bukan perempuan yang baik. Bukan perempuan yang bisa menjadi pendengar yang kamu percaya sampai yang aku kira aku tahu semuanya aku nggak tahu apa-apa, Ki. Bahkan sampai ada yg pernah bilang sama aku, ‘Selama jadi istri memang nggak pernah ngobrol?’

Seingat aku, kita sebahagia itu. Canda tawa, kenangan indah, tangis kita lalui bersama. Aku adalah orang paling beruntung yang pernah kamu sayangi sebegitunya. Aku adalah saksi hidup bagaimana kamu memperlakukan Zidan & Alana dengan sangat baik. 

Aku pastikan mereka akan hanya mengingat kenangan manis itu. Terima kasih Ki karena sudah pernah hadir. Bahkan selama bertahun aku kenal kamu, nggak ada kata atau teriakan apa pun yang menyakiti aku. Aku merasa sangat disayangi sepenuh hati, sampai aku menutup semua kemungkinan yang terjadi. Ternyata masih banyak yang belum ketahui selama bertahun ini.

Aku dapat informasi ini dari salah satu orang baik yang DM di TikTok, terakhir tinggal di salah satu kosan Bali tahun 2023 nggak lama setelah dia pergi. Kamu memperkenalkan diri sebagai Edo bukan Zhacky, foto berdua ini diambil dari DP WhatsApp terbaru nya. Terakhir ada yang contact di bulan Febuari di 2024 katanya sekarang sudah ada di Palembang bukan di Bali. Nomor handphone sudah tidak aktif,” kembali tulis April di Instagram-nya.

instagram.com/aprilamajid

Mengetahui suaminya telah punya kehidupan baru, April pun memilih berhenti untuk mencarinya dan hanya menunggu pertanggungjawaban Zhacky di akhirat atas dirinya dan anak-anaknya. 

“Setidaknya sekarang aku tahu kamu masih hidup bahagia di dunia. Selamat ya Ki. Aku tunggu pertanggungjawaban kamu atas aku dan anak-anak di akhirat nanti. Hasbunalloh wanikmal wakil nikmal Maula wanikmal Nasir. Aku berhenti,” pesan April ke Zhacky dalam sebuah chat WhatsApp.

10. Pergi ke Palembang untuk bertemu Zhacky tapi nihil

instagram.com/aprilamajid

Mengetahui bahwa suaminya dikabarkan ada di Palembang, April terbang ke sana bersama kakak Zhacky untuk mencari sang suami. Di sana, melalui seorang kenalan, April dan kakak Zhacky bertemu dengan Meri, perempuan yang diduga kekasih baru Zhacky. Sayangnya, laki-laki tersebut masih belum bisa ditemui. 

Meri yang dikabarkan kekasih baru Zhacky pun terkejut karena mengetahui bahwa kekasihnya sudah menikah dan punya anak. Zhacky mengaku padanya kalau ia masih single dan bernama Ibrahim Alatas atau Edo. Walau sempat terjadi debat, akhirnya Meri dan April berbaikan. 

Dalam Instagram Story-nya, April meminta maaf karena telah membuat keributan di sebuah bioskop di Palembang. Ia juga bercerita kalau Meri memiliki rekaman suara Zhacky yang mengatakan kalau dirinya tak bahagia selama bersama April dan anaknya. 

“Meri bilang baru tahu tadi malam dia punya suami dan anak dan punya rekaman suaranya Zhacky selama empat jam, yang isinya katanya selama ini mengaku tidak bahagia bersama saya dan anak-anak dan merasa tidak diperlakukan baik selama bersama keluarga kami. 

Rasanya sakit, tapi saya tetap peluk kamu sebelum saya pergi untuk meyakinkan jangan sampai bernasib sama seperti saya. Tapi, ternyata tetap saya nggak boleh egois meskipun hanya satu kali.

Saya mohon maaf atas video yang beredar di @cinema.21 Palembang. Dengan kerendahan hati, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya,” kata April.

Semoga masalah rumah tangga Aprila Majid bisa cepat selesai dengan baik, ya.

IDN Channels

Latest from Married