Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Lagu Sakit Hati yang Cocok Didengarkan saat Galau, Nyesek!

Setidaknya, sebagai pelipur lara

Nurul Hafiza Rizalia Putri

Lagu sakit hati adalah genre musik yang sangat populer, karena sebagai media untuk menyampaikan emosi bagi pendengarnya. Lagu-lagu ini sering menggambarkan perasaan kecewa, kesedihan, dan kemarahan setelah mengalami perpisahan atau pengkhianatan dalam hubungan.

Bagi banyak orang, mendengarkan lagu sakit hati menjadi cara untuk menyalurkan rasa sakit dalam momen-momen sulit. Buat kamu yang sedang galau dan sedang mencari lagu sakit hati terbaik, yuk simak artikel ini!

1. Glenn Fredly - "Akhir Cerita Cinta"

Inikah akhir cerita cinta
Yang s'lalu aku banggakan di depan mereka?
Entah di mana kusembunyikan rasa malu

Lagu sakit hati pertama datang dari mendiang musisi legendaris, Glenn Fredly. Meski sudah lawas, namun lagu ini tak lekang oleh waktu. Rilis di tahun 2002, Lagu ini menceritakan tentang perpisahan yang pahit dalam sebuah hubungan yang pernah penuh cinta, tapi harus berakhir karena berbagai alasan.

2. Lyodra - "Pesan Terakhir"

Sadar ku tak berhak untuk terus memaksamu
Memaksamu mencintaiku sepenuh hati
Aku 'kan berusaha untuk melupakanmu

Lagu "Pesan Terakhir" yang dinyanyikan oleh Lyodra menceritakan kisah tentang perpisahan yang menyakitkan. Dalam lagu ini, perasaan sakit hati sangat terasa melalui lirik-lirik yang menggambarkan rasa kehilangan dan kekecewaan, karena harus mengakhiri sebuah hubungan yang pernah berarti.

3. Fabio Asher - "Rumah Singgah"

Jika memang ini tak ada harapan
Mengapa aku yang harus jadi tujuan?
Saat hatimu terluka, aku yang jadi obatnya
Tanpa pernah kau hargai cinta dan kasih yang setulus ini

"Rumah Singgah" adalah lagu yang menyuarakan perasaan sakit hati dari orang yang merasa dicintai hanya saat dibutuhkan, tanpa pernah menjadi prioritas sekalipun. Bisa kita dengar, melodi yang melankolis dan vokal yang emosional, Fabio Asher sukses menyampaikan perasaan hancur yang mendalam, membuat pendengar ikut merasakan sakit hati itu.

4. Mahalini - "Sial"

Sial-sialnya ku bertemu dengan cinta semu
Tertipu tutur dan caramu
Seolah cintaiku 
Puas kau curangi aku? 

Lagu bertajuk "Sial" yang dinyanyikan Mahalini telah populer di berbagai platform musik. Bagaimana tidak, lagu sakit hati ini memang relate dengan pengalaman banyak orang. Lagu ini menggambarkan perasaan sakit hati yang dialami seseorang setelah dikhianati dalam hubungan asmara. Liriknya seperti mengekspresikan rasa kecewa, marah, dan patah hati akibat cinta yang tidak berjalan sesuai harapan.

5. Tiara Andini - "Merasa Indah"

Cinta ini takkan berbalas
Sayang kupastikan melayang
Pedih ku saat merasa indah
Semua hilang dan usai

Lagu-lagu dari Tiara Andini sudah pasti masuk ke dalam daftar lagu sakit hati. Meski judulnya terlihat positif yaitu "Merasa Indah", tapi aslinya nyesek, lho! Nyatanya, lagu ini menceritakan tentang perasaan patah hati ketika harapan akan cinta yang indah ternyata tidak terwujud. Awalnya merasa indah, namun ternyata hanyalah cinta yang semu.

6. Mytha Lestari - "Tak Pantas"

Tak seperti dugaanku
Sakit hati ku ternyata
Melebihi rasa sakit apapun yang ada di dunia
Ku mengira kau tak jahat
Kamu kan mencintaiku
Namun kamu lemah dan tak bisa menghentikan semua

Berjudul "Tak Pantas", lagu yang dibawakan Mytha Lestari ini viral usai menjadi soundtrack dari film Ipar Adalah Maut. Kalau dilihat dari liriknya, terasa penderitaan dan luka batin akibat pengkhianatan, ketika seseorang merasa tidak dihargai. Seperti gambaran dalam film itu, hubungan yang awalnya terasa indah, namun kenyataannya tak seindah yang dikira.

7. Vionita - "Dia Masa Lalumu Aku Masa Depanmu"

Dia masa lalumu, aku masa depanmu
Dia hancurkan kamu
Kususun kembali hatimu

Tapi mengapa kamu
Masih terpenjara bayangnya
Aku sungguh cinta
Tapi mungkin kamu yang bodoh

Lagu sakit hati berjudul "Dia Masa Lalumu Aku Masa Depanmu" yang dinyanyikan oleh Vionita mengangkat tema tentang perasaan cemburu ketika seseorang merasa harus bersaing dengan bayang-bayang masa lalu dari pasangan mereka. 

Lagu ini juga menyampaikan pesan bahwa meski masa lalu bisa menjadi bagian dari hidup seseorang, seharusnya masa depanlah yang menjadi fokus dalam hubungan. Setuju nggak, Bela?

8. Juicy Luicy ft Andrian Khalif- "Sialan"

Sepertinya sama
Tatapan khas matanya masih yang lama
Kau ajak bicara
Seketika kembali ku jatuh cinta
Sialan dia
Sakit dan air mata sia-sia

Lirik lagu "Sialan" oleh Adrian Khalif dan Juicy Luicy menggambarkan perjuangan seorang lelaki dalam usahanya untuk move on dari mantan pacarnya. Meski ia terus-menerus bertemu dengan mantannya di berbagai tempat, ia tetap berusaha keras untuk melupakan hubungan tersebut walau terasa sangat sulit. Lagu ini menyuarakan perasaan kecewa dan frustrasi yang muncul saat mencoba melupakan seseorang yang sangat dicintai.

9. Bernadya - "Satu Bulan"

Belum ada satu bulan
Ku yakin masih ada sisa wangiku di bajumu
Namun, kau tampak baik saja
Bahkan senyummu lebih lepas
Sedang aku di sini hampir gila

Lagu sakit hati yang satu ini sedang banyak didengarkan orang-orang. Berjudul "Satu Bulan", Lagu ini menggambarkan rasa kehilangan dan kesepian yang mendalam setelah sebuah hubungan berakhir. Meski baru sebulan berlalu, kesedihan masih sangat dirasakan.

Tokoh dalam lagu ini bertanya-tanya, apakah mantannya telah menemukan pengganti, sementara ia masih terjebak dalam kenangan dan perasaan yang tersisa? Nyesek banget!

Itulah daftar lagu sakit hati yang cocok didengarkan saat galau. Adakah lagu favoritmu, Bela?

IDN Channels

Latest from Dating