Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Cara Terhindar dari Hubungan Situationship, Jangan Terjebak!

Apakah hubungan kalian sudah sesuai ekspektasi?

Nurul Hafiza Rizalia Putri

Hubungan situationship kini semakin sering terdengar di kalangan millennial dan Gen Z. Seperti diketahui, situationship adalah istilah yang menggambarkan hubungan yang tidak jelas statusnya, ketika dua orang terlibat secara emosional atau fisik tanpa komitmen yang pasti. Hubungan semacam ini memang membingungkan dan membuat tidak nyaman.

Tanda-tandanya bisa dirasakan ketika pasangan tidak pernah membicarakan masa depan, menetapkan komitmen, bahkan tidak ada usaha sedikitpun untuk mengenalkan dirimu kepada teman atau keluarganya. Lantas, bagaimana cara terhindar dari hubungan situationship ini? Yuk, simak. 

1. Bangun kejelasan sejak awal

Pexels.com/Alex Green

Cara terhindar dari hubungan situationship adalah memastikan kejelasan status hubungan sedari awal. Hal ini sangat penting untuk dibahas bersama pasangan agar tahu ke mana arah hubungan ini. Jangan biarkan hubungan kalian berjalan tanpa yang jelas, karena ini akan membuat segalanya menjadi tidak terarah.

2. Kendalikan perasaanmu dari komitmen yang tak pasti

Pexels.com/ RDNE Stock project

Saat menjalin hubungan, kita sering terhanyut dengan momen-momen indah yang membuat perasaan semakin dalam. Namun, buat apa kalau status hubungan masih abu-abu? Ingat, perasaan yang kamu berikan mungkin tidak selalu sebanding dengan apa yang pasanganmu rasakan. Jadi kalau ingin terhindar dari hubungan situationship, berhati-hatilah agar tidak terjebak secara emosional tanpa adanya komitmen yang jelas.

3. Tetapkan batasan yang tegas

Pexels.com/Diva Plavalaguna

Mengatur batasan yang jelas adalah cara tepat terhindari dari hubungan situationship. Batasan ini menjadi penanda sejauh mana kamu terlibat secara emosional, dan membantu mencegah dari rasa sakit karena hubungan yang tak jelas.

Beberapa batasan yang bisa diterapkan, misalnya tidak perhatian berlebihan dan menghabiskan terlalu banyak waktu bersama. Selain itu, tidak memberikan harapan tanpa adanya balasan yang jelas dari pasangan.

4. Ungkapkan harapan dan keinginanmu secara jujur

Pexels.com/RDNE Stock project

Kejujuran adalah fondasi utama dalam membangun hubungan. Kalau kamu ingin terhindar dari hubungan situationship, ungkapkan harapan dan keinginanmu dengan terbuka. Komunikasi yang jujur akan sangat membantu, sekaligus memberikan gambaran yang lebih jelas tentang masa depan hubungan.

5. Pahami apa yang diinginkan pasangan

Pexels.com/Jep Gambardella

Hubungan bukan hanya tentangmu, tapi juga tentang dia. Setelah kamu mengungkapkan harapanmu, berikan kesempatan untuk dia menyampaikan keinginannya. Hal ini sangat penting sebagai pijakan untuk mengambil keputusan bersama tentang arah hubungan kalian.

Jangan ragu untuk menanyakan apa yang dia rasakan dan harapkan. Ini akan memberikan gambaran apakah hubungan kalian bisa diperjuangkan atau tidak.

6. Pertimbangkan hubungan yang sedang berjalan

Pexels.com/cottonbro studio

Tidak semua orang mampu menjalani hubungan dengan pikiran yang terbuka dan realistis. Oleh karena itu, coba pertimbangkan, apakah hubungan yang kamu jalani saat ini masih sejalan dengan ekspektasi kamu atau tidak? Jangan sampai kamu terjebak terlalu lama dalam hubungan situationship ini.

7. Akhiri jika tak sesuai harapan

Pexels.com/cottonbro studio

Kalau mencari komitmen, tapi pasanganmu tidak, maka hubungan tersebut mungkin tidak akan berkembang dengan baik. Daripada terus berharap pada sesuatu yang mustahil, lebih baik beranikan diri untuk mengakhirinya dan membuka peluang bagi orang lain yang siap berkomitmen.

Itulah beberapa cara terhindar dari hubungan situationship. Ingatlah bahwa di luar sana, masih banyak yang lebih baik. Jadi, jangan terpaku dengan satu orang ya, Bela!

IDN Channels

Latest from Dating