Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Cara Bahagiakan Pasangan Berdasarkan Bahasa Cintanya, Sudah Tahu?

Belajar memahami pasanganmu di sini!

Nurul Hafiza Rizalia Putri

Membahagiakan pasangan adalah salah satu kunci utama dalam membangun hubungan yang harmonis dan langgeng. Ada satu pendekatan yang efektif untuk mencapai hal ini adalah dengan memahami dan menerapkan konsep bahasa cinta.

Istilah ini pertama kali diperkenalkan oleh Dr. Gary Chapman dalam bukunya yang populer, The Five Love Languages. Menurut Chapman, setiap individu memiliki cara unik dalam mengekspresikan dan merasakan cinta yang bisa dikategorikan ke dalam lima bahasa cinta, yaitu physical touch, act of service, quality time, receiving gifts, dan words of affirmation.

Penting untuk kita memahami bahasa cinta pasangan, agar kita dapat mencurahkan kasih sayang sesuai keinginan mereka. Dengan begitu, hubungan akan semakin berkembang dan harmonis. Perlu diketahui, simak cara bahagiakan pasangan berdasarkan bahasa cintanya.

1. Physical touch

Pexels.com/William Fortunato

Bagi seseorang yang bahasa cintanya physical touch, maka sentuhan, pelukan, atau pijatan adalah cara yang bagus untuk membuat mereka merasa lebih baik saat sedang sedih.

Laki-laki yang memiliki bahasa cinta sentuhan fisik juga menikmati sentuhan fisik non-seksual. Sering kali, perempuan terkejut mendengar bahwa laki-laki juga menyukai sentuhan fisik non-seksual sama seperti mereka.

Menurut psikolog klinis, Samantha Rodman, sebagaimana dikutip dari laman Dr. PsychMom, physical touch adalah bahasa cinta yang jarang didapatkan dari orang lain, sehingga ini adalah salah satu hal yang penting.

2. Act of service

Freepik.com/tirachardz

Sangat sulit bagi orang-orang yang tidak memiliki bahasa cinta act of service untuk memahami manfaat bagi orang yang mereka cintai, jika mereka melakukan lebih banyak pekerjaan rumah atau mengambil alih tugas-tugas besar tertentu.

Banyak perempuan merasa kelelahan bahkan berujung depresi, apalagi jika banyak tugas dan merasa kewalahan. Jika pasangannya berniat membantu, mereka bisa merasa lebih lega dan mendapatkan waktu untuk beristirahat.

Sekadar mengerjakan tugas mudah pun lebih berarti bagi orang yang memiliki bahasa cinta act of service dibandingkan dengan hal lain. Ini dapat meningkatkan suasana hati mereka jika merasa sedih atau stres.

3. Quality time

Pexels.com/ROMAN ODINTSOV

Bagi pasangan yang bahasa cintanya quality time, merencanakan kencan malam atau bahkan mengambil cuti kerja untuk berjalan-jalan sepanjang hari merupakan tindakan yang sangat berdampak pada suasana hati. Menjadikan hal ini sebagai prioritas dapat sangat menghibur pasangan, apalagi kalau mereka merasa sudah tidak diperhatikan dalam waktu lama.

4. Receiving gifts

Pexels.com/Antoni Shkraba

Seperti namanya, bahasa cinta receiving gifts membuat pasangan akan merasa senang dengan hadiah yang diberikan dengan penuh perhatian. Tak perlu mahal untuk bisa membuat seseorang merasa dihargai, bahkan sesuatu yang murah bisa membuat perbedaan besar.

Dengan memberi hadiah juga bisa digabungkan dengan bahasa cinta lainnya. Misalnya, memberikan pengalaman yang bisa dinikmati bersama untuk orang yang menghargai waktu berkualitas.

5. Words of affirmation

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Samantha Rodman sebagai psikolog klinis menjelaskan bahwa pasangan yang memiliki bahasa cinta words of affirmation bisa dibahagiakan dengan kata-kata manis yang membuat mereka merasa tenang dan dicintai. Memberikan mereka penghargaan adalah kunci kebahagiaannya.

Namun jika kamu canggung, sang psikolog memberi saran untuk memulainya dengan pesan teks sampai akhirnya bisa bertahap untuk berkomunikasi.

Jika sudah memahaminya, mari terapkan dalam hubungan kalian!

IDN Channels

Latest from Dating