Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Berdasarkan Tipe MBTI, Ini yang Paling Kamu Butuhkan dalam Hubungan

Bisa jadi acuan kamu dalam mencari pasangan

Andhina Wulandari Effendi

Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) membagi karakter seseorang ke dalam 16 tipe. Dengan mengenal tipe karakter MBTI ini, kita tak hanya bisa mengenali sifat dan karakter diri, tapi juga bisa mengetahui bagaimana cara kita berinteraksi dengan orang lain.

MBTI juga membahas soal hubungan asmara dan berdasarkan tipe MBTI, kita bisa mengetahui apa yang paling kita butuhkan dalam hubungan. Simak di bawah ini, ya!

1. ISTJ: dedikasi dan kejujuran

Sangat menjaga komitmen, seseorang yang memiliki karakter ISTJ akan memberikan dedikasi penuh pada hubungan. Dia pun mengharapkan kejujuran dari pasangannya. Sedikit saja menodai kepercayaannya, seorang ISTJ akan sulit untuk menerimanya kembali.

2. ISFJ: keamanan dan perhatian

Seorang ISFJ akan selalu mengharapkan perhatian penuh dari pasangannya. Waktu yang berkualitas adalah bahasa cintanya. Dia pun ingin merasakan bahwa dia bisa merasa aman bersama pasangannya.

Pexels/Eugenia Remark

3. ESTJ: tanggung jawab dan persahabatan

Seorang ESTJ mengharapkan pasangan yang bisa berlaku sesuai dengan apa yang dia katakan. Dia membutuhkan orang yang bisa bertanggung jawab, dewasa, dan bisa diajak bicara dari hati ke hati.

4. ESFJ: komitmen dan pertemanan

Hampir mirip dengan ESTJ, seorang ESFJ mengharapkan persahabatan dengan pasangannya. Artinya, mereka ingin pasangan yang bisa diajak berbagi, memiliki empati, dan dapat melakukan berbagai kegiatan bersama.

Pexels.com/Mẫnn Quang

5. ISTP: pengertian dan kebebasan

Pemilik karakter ISTP mengharapkan pasangan yang bisa memberikan ruang baginya. Kebebasan di sini artinya, dia ingin bisa melakukan berbagai hal sendiri, tanpa harus bergantung dengan pasangannya. Dia pun tak akan menyukai pasangan yang posesif.

6. ISFP: keintiman dan kebebasan

Hampir mirip dengan ISTP, tapi mereka dengan karakter ISFP juga mengharapkan keintiman dengan pasangannya. Ini artinya, mereka menginginkan pasangan yang bisa berempati, bisa saling memahami, dan bisa menghabiskan waktu berkualitas bersama.

Pexels/Vanessa Garcia

7. ESTP: pengalaman dan antusiasme

Sebagai seseorang yang suka bersenang-senang, maka ESTP akan membutuhkan pasangan yang bisa memberikan banyak petualangan dan bisa bersikap spontan. Mereka juga suka pasangan yang punya pikiran terbuka dan memiliki rasa humor tinggi.

8. ESFP: petualangan dan autentik

Hampir mirip dengan ESTP, seorang ESFP juga suka bersenang-senang dalam hidupnya. Mereka mengharapkan pasangan yang bisa membawa hidupnya penuh kesenangan. Selain itu, mereka juga menyukai pasangan yang bisa menampilkan diri apa adanya dan tak suka berpura-pura.

Pexels/Andrea Piacquadio

9. INTJ: rasa keingintahuan dan logika

Saat menjalin hubungan, seorang INTJ menginginkan pasangan yang selalu bisa memenuhi rasa keingintahuannya. INTJ selalu haus akan pengetahuan, sehingga dia ingin pasangan yang bisa memenuhi hal tersebut.

10. INFJ: pengertian dan aspirasi

Sebagai sosok yang introvert, maka nggak salah ketika INFJ mengharapkan pasangan yang bisa memahami dirinya, saat dia menginginkan 'ruang' sendiri. Selain itu, INFJ juga akan mencintai pasangan yang bisa menghargai aspirasi dirinya.

Pexels.com/Pavel Danilyuk

11. ENTJ: rasa hormat dan stimulasi intelektual

Sebagai seseorang yang cerdas, ENTJ mengharapkan dirinya bisa mendapat stimulasi intelektual dari pasangan yang memiliki kecerdasan setara. Selain itu, rasa saling menghormati juga hal yang diharapkan oleh ENTJ dalam hubungan.

12. ENFJ: empati dan koneksi

Dalam hubungan, ENFJ mengharapkan pasangan yang penuh empati dan dapat memahami perasaan. Dengan sifat itu, seorang ENFJ akan merasa lebih terhubung dengan pasangannya. Koneksi adalah hal yang penting bagi ENFJ.

Pexels.com/Budgeron Bach

13. INTP: kemandirian dan perhatian

INTP mengharapkan pasangan yang dapat bersikap mandiri, karena dirinya pun memiliki sikap yang sama. Meski menyukai perhatian, seorang INTP akan merasa 'gerah' jika perhatian dari pasangannya berubah menjadi sikap posesif.

14. INFP: ketulusan dan nilai-nilai yang sama

Seorang INFP akan merasa dirinya dihargai jika memiliki pasangan yang tulus. Tulus dalam menyayanginya, saat berkata-kata, dan bertingkah laku. Selain itu, INFP juga akan menyukai pasangan yang punya nilai-nilai yang sama dengan dirinya.

Pexels.com/Ron Lach

15. ENTP: imajinasi dan kesenangan

Penuh imajinasi adalah salah satu karakter ENTP, itulah kenapa dia juga menginginkan pasangan yang bisa memiliki imajinasi dan mimpi yang serupa. Tak hanya itu, seorang ENTP juga mengharapkan pasangan yang bisa diajak bersenang-senang.

16. ENFP: pikiran yang terbuka dan dorongan

Seorang ENFP mengharapkan pasangan yang mampu mendorong dirinya untuk berkembang dan menjadi lebih baik. Dia juga ingin pasangan yang diajak bertukar pikiran dan bersikap terbuka terhadap setiap pendapat.

IDN Channels

Latest from Dating