Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Desa Wisata Ulu Kasok: Rute, Daya Tarik, dan Aktivitas Seru

Keindahan alamnya serasa di Raja Ampat

Wahyu Fitri Utami

Salah satu destinasi wisata alam populer, terutama bagi pecinta fotografi alam, yaitu Desa Wisata Ulu Kasok. Bagaimana tidak, wisata alam ini menyajikan panorama yang memukau dengan gugusan pulau-pulau yang dikelilingi perairan yang sangat jernih. Tidak mengherankan jika objek wisata ini dijuluki sebagai “Raja Ampat dari Riau.”

Desa Wisata Ulu Kasok terletak di Sumatera, tepatnya di Desa Pulau Gadang, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Surga tersembunyi ini cocok masuk bucket list karena merupakan perpaduan sempurna dari keindahan alam, petualangan, dan ketenangan.

Tertarik berkunjung ke objek wisata ini tapi masih minim informasi? Tenang, berikut ini panduan lengkap wisata ke Ulu Kasok mulai dari rute perjalanan, harga tiket masuk, daya tarik wisata, dan kegiatan seru yang bisa kamu lakukan di sana. Simak baik-baik, ya, Bela!

1. Rute perjalanan menuju Desa Wisata Ulu Kasok

instagram.com/pesona.indonesia

Kawasan Puncak Ulu Kasok terletak 90,2 kilometer dari Pekanbaru, Riau. Objek wisata ini dapat ditempuh dalam waktu dua jam melalui Jalan Raya Pekanbaru-Bangkinang, Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang, dan Jalan Bangkinang-Payakumbuh. Adapun lokasi wisata Ulu Kasok tidak jauh dari Jalan Lintas Sumatera, tepatnya di jalur lintas Bangkinang-Payakumbuh.

Meskipun medan yang dilalui untuk menuju Desa Wisata Ulu Kasok tergolong terjal dan berliku, namun pemandangan alam di sisi kanan dan kiri kendaraan cukup memanjakan mata. Jadi, kamu tidak perlu khawatir akan merasa bosan sepanjang perjalanan. Kamu tetap harus fokus dan waspada selama mengemudi kendaraan agar meminimalisir resiko kecelakaan.

2. HTM Desa Wisata Ulu Kasok

instagram.com/exploredolan.id

Untuk memasuki kawasan wisata Ulu Kasok, pengunjung akan dikenakan tiket masuk. Namun, jangan khawatir! Harga Tiket Masuk (HTM) wisata Ulu Kasok masih tergolong murah, yakni sebesar Rp10.000 per orang. Cukup terjangkau, bukan?

3. Daya tarik Desa Wisata Ulu Kasok

instagram.com/pkucity

Wisata Ulu Kasok awal mula dikenal masyarakat luas setelah viral di jagat maya sekitar tahun 2017. Hal ini tidak dapat terlepas dari daya tarik wisata ini yang membuat masyarakat sekitar Riau berbondong-bondong mengunjungi lokasi wisata alam tersebut.

Daya tarik utama dari Desa Wisata Ulu Kasok adalah gugusan pulau-pulau yang mengapung di atas perairan biru, yang terlihat sangat mirip dengan panorama Raja Ampat. Bedanya, pulau-pulau di Ulu Kasok dikelilingi oleh danau buatan, bukan laut seperti di Raja Ampat, Papua.

Kamu harus mendaki hingga ke puncak dengan ketinggian beberapa ratus meter agar dapat menikmati pemandangan ini. Namun, bagi kamu yang tidak bisa atau tidak kuat mendaki, tersedia ojek yang bisa kamu sewa untuk mengantarkanmu mencapai puncak.

Sesampainya di puncak, kamu akan langsung disambut dengan panorama yang memukau berupa gugusan pulau dan danau buatan yang menyejukkan mata. Selain itu, di puncak juga terdapat pondok-pondok yang menawarkan makanan dan minuman yang disediakan oleh penduduk setempat.

4. Aktivitas seru di Puncak Wisata Ulu Kasok

instagram.com/marcellalu7

Berbagai kegiatan seru dapat kamu lakukan di puncak wisata Ulu Kasok. Beberapa di antaranya yaitu:

  • Fotografi

Kamu dapat berfoto dengan latar belakang pemandangan alam yang spektakuler, baik bersama keluarga maupun teman. Selain itu, terdapat jasa foto yang ditawarkan oleh masyarakat sekitar dengan harga yang terjangkau.

  • Menyewa speed boat

Bagi kamu yang ingin menjelajahi pulau-pulau di sekitar danau, tersedia layanan penyewaan speed boat.

  • Menikmati pemandangan danau

Dari puncak, hamparan air biru dari danau buatan terlihat sangat menakjubkan. Oleh karena itu, menikmati pemandangan danau menjadi satu hal yang tidak boleh dilewatkan ketika berada di puncak wisata Ulu Kasok.

  • Menyaksikan matahari terbit dan terbenam

Ulu Kasok juga merupakan spot favorit untuk menyaksikan keindahan sunrise dan sunset di antara hutan yang mengelilinginya.

Desa Wisata Ulu Kasok adalah pilihan tepat bagi kamu yang ingin melarikan diri dari hiruk pikuk kesibukan kota dan mencari ketenangan alam. Dengan fasilitas yang memadai dan akses yang cukup mudah, Ulu Kasok wajib kamu masukan dalam daftar destinasi wisata yang wajib dikunjungi.

IDN Channels

Latest from Travel