Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Tempat Wisata di Padang yang Lagi Hits dan Populer

Menarik dikunjungi

Nafi' Khoiriyah

Musim liburan telah tiba, Kota Padang menjadi salah satu tujuan wisata yang menarik untuk dikunjungi. Padang memang salah satu daerah yang begitu memesona dengan beragam destinasi wisata alam dan budayanya. 

Hal itu membuatnya banyak dikunjungi oleh wisatawan dari dalam daerah, luar daerah sampai mancanegara. Kali ini, Popbela akan membagikan rekomendasi tempat wisata di Padang yang lagi hits untuk dikunjungi. Mana saja, ya? 

1. Jembatan Siti Nurbaya

padang.go.id

Destinasi wisata yang pertama ini juga menjadi landmark Kota Padang yang sangat terkenal. Nama jembatan ini berkaitan dengan novel Siti Nurbaya yang terkenal di Melayu karangan Marah Rusli. 

Keberadaan jembatan ini membentang di atas Sungai Batang Arau. Pengunjung bisa melihat keindahan bukit di sekitarnya sambil menikmati kuliner yang ada di sepanjang jembatan. Sementara pada malam hari, pemandangan akan berubah menjadi gemerlap lampu kota yang tak kalah indah. 

Lokasi Jembatan Siti Nurbaya ada di Jalan Kp. Batu, Batang Arau, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang, Sumatera Barat.

2. Pantai Padang

instagram.com/hendraparadisephoto

Tempat wisata di Padang yang lagi hits selanjutnya adalah Pantai Padang. Di antara berbagai destinasi pantai lainnya, Pantai Padang menjadi yang paling terkenal. Pengunjung bisa menikmati pemandangan pesisir berpasir putih yang indah dengan air laut yang jernih. 

Kamu sekaligus juga bisa melakukan aktivitas menarik seperti berjemur atau bermain air. Namun, pemandangan yang paling memukau adalah saat matahari terbenam di sore hari. Sambil menikmati pemandangan, kamu juga bisa mencoba kuliner di pinggir pantainya. 

Lokasi Pantai Padang ada di Rimbo Kaluang, Padang Barat, Kota Padang, Sumatra Barat 25115. 

3. Kota Tua Padang

padang.go.id

Bukan hanya di Semarang saja, ada pula kota tua di Padang yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Kawasan ini merupakan tempat berbagai bangunan cagar budaya peninggalan zaman kolonial Belanda. 

Kawasan ini juga menjadi lokasi untuk berburu kuliner untuk para wisatawan yang datang pada malam hari. Kamu pun bisa melihat cerita masa lampau dari bangunan yang berjajar di pinggir Sungai Batang Arau kawasan kota tua Padang ini. 

Lokasi Kota Tua Padang ada di Kampung Pondok, Padang Barat, Kota Padang, Sumatra Barat. 

4. Pantai Carolina

google.com/maps/Ilham Febrian

Pilihan tempat wisata di Padang yang lagi hits yang berupa pantai lainnya ada Pantai Carolina. Pantai ini memang lebih kecil dari Pantai Padan. Namun, lokasinya berada di area pesisir yang mudah diakses dan dekat dengan pulau kecil di sekitarnya. 

Pantai Carolina cocok digunakan untuk berselancar karena ombaknya yang bagus. Airnya pun cukup jernih sehingga bisa digunakan untuk bermain air. Jika sekadar ingin bersantai, kamu bisa bersantai di gubuk yang ada di sekitar Pantai Carolina. 

Lokasi Pantai Carolina ada di Jalan Padang Painan, Bungus Selatan, Bungus Tlk. Kabung, Kota Padang, Sumatera Barat. 

5. Air Terjun Lubuk Hitam

google.com/maps/Habibullah Nazaruddin

Masih dengan wisata air, tetapi kali ini adalah air terjun bernama Air Terjun Lubuk Hitam. Air terjun ini memiliki tiga tingkat dengan bukit hijau yang membentang di depannya. Kamu bisa merasakan embusan udara yang sejuk sambil melihat pemandangan air terjun yang memukau. 

Namun, pengunjung perlu menyusuri jalan setapak untuk sampai ke Air Terjun Lubuk Hitam. Semua itu akan terbayarkan dengan suasana perjalanan dan pemandangan air terjun yang indah. 

Lokasi Air Terjun Lubuk Hitam ada di Teluk Kabung Utara, Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Sumatera Barat. 

6. Bukit Nobita

google.com/maps/Iqbal Alzain

Bukit Nobita jadi tempat wisata di Padang yang lagi hits selanjutnya untuk melihat pemandangan indah. Di bukit ini, pengunjung bisa melihat pemandangan Kota Padang dari ketinggian. 

Nama dari bukit ini memang terinspirasi dari kartun Doraemon. Untuk menuju ke sana, kamu perlu melalui area pemukiman dan beberapa tanjakan yang tidak terlalu tinggi. Namun jangan khawatir, sebab perjalananmu akan terbayarkan saat sampai di Bukit Nobita. 

Lokasi Bukit Nobita ada di Kampung Jua Nan XX, Lubuk Begalung, Kota Padang, Sumatra Barat.

7. Museum Adityawarman

google.com/maps/Syahlul Erbi Syaputra

Belum lengkap rasanya jika menjelajah Kota Padang tanpa mengetahui sejarah dari kota ini. Maka dari itu, Museum Adityawarman menjadi destinasi sejarah yang tak boleh kamu lewatkan. Di dalam museum ini terdapat benda bersejarah dan cagar budaya nasional yang terjaga baik. 

Memiliki koleksi lebih dari 6.000 koleksi, semuanya dikelompokkan dalam enam jenis koleksi. Jenis koleksi itu antara lain adalah biologika, geologika/geografika, etnografika, arkeologika, historika, filologika, numismatika, keramologika, seni rupa, dan teknologika. 

Lokasi Museum  Adityawarman ada di Jl. Diponegoro No.10, Belakang Tangsi, Kecamatan Padang Barat Kota Padang, Sumatera Barat 25114.

8. Pantai Nirwana

google.com/maps/Novi Yarni

Sama-sama merupakan pantai berpasir putih, Pantai Nirwana memiliki pemandangan yang menarik untuk diabadikan. Air lautnya berwarna biru dengan ombak yang cukup tenang. Pemandangan itu akan cocok untukmu yang ingin bersantai saat liburan. 

Ada berbagai aktivitas yang bisa kamu lakukan di Pantai Nirwana, antara lain bermain air, melihat sunset, maupun camping di pinggir pantai. Pantai ini juga sudah dilengkapi dengan fasilitas yang memadai sehingga nyaman untuk liburan. 

Lokasi Pantai Nirwana ada di Jalan Raya Padang - Painan, Teluk Bayur, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang, Sumatera Barat 25227.

9. Lubuak Parago

google.com/maps/Indonesian Travellers Official

Lubuak Parago merupakan pemandian alam yang menjadi bagian dari bukit barisan. Pesona wisata ini sangat indah karena airnya yang berwarna biru dan jernih.

Di sekelilingnya juga banyak pohon yang bisa membuat suasana makin sejuk. Kamu bisa berkunjung ke tempat wisata di Padang yang lagi hits ini untuk sekadar bermain air maupun melepas penat. 

Lokasi Lubuak Parago ada di Indarung, Lubuk Kilangan, Kota Padang, Sumatra Barat. 

10. Pulau Pasumpahan

google.com/maps/Gito Pramagista

Destinasi wisata di Padang yang terakhir adalah Pulau Pasumpahan. Pulau ini menjadi destinasi wisata bahari yang banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun asing. Pulaunya hanya seluas lima kilometer dengan pasir putih dan air laut yang sangat jernih. 

Ombaknya pun tenang dengan pemandangan terumbu karang di bawahnya. Kamu bisa berkeliling pulau maupun sekadar melihat panorama alam di sekitarnya. Kehidupan para nelayan yang menangkap ikan pun bisa kamu lihat langsung di Pulau Pasumpahan. 

Lokasi Pulau Pasumpahan ada di Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Sumatra Barat. 

Kumpulan tempat wisata di Padang yang lagi hits di atas bisa jadi referensi untukmu yang ingin menghabiskan waktu liburan di sana. Di antara destinasi wisata di atas, mana yang paling menarik perhatianmu, Bela? 

IDN Channels

Latest from Travel