Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Sejarah dan Fakta Jok, Bubur Khas Tiongkok yang Populer di Thailand

Bubur inilah yang menyatukan M dan Amah di film 'Lahn Mah'

Audia Natasha Putri

How To Make Millions Before Grandma Dies atau Lahn Mah (dalam bahasa Thailand), sukses membuat penonton menangis haru karena cerita sedih di dalamnya.

Mengangkat kisah seorang cucu bernama M yang mulanya merawat Amah (neneknya) yang sakit kanker secara pamrih demi warisan. Namun, kedekatan Amah dan M semakin lengket selama durasi film berlangsung. Puncaknya, M pun menjadi cucu yang tulus dan merawat neneknya hingga ajalnya tiba.

Dok. Springnews

Uniknya, congee atau jok (bubur khas Thailand) menjadi benang merah yang merajut narasi cerita dan chemistry antara Amah dan M menjadi kuat dalam film ini. Kita juga dapat melihat bagaimana Amah banting tulang mencari nafkah dengan berjualan jok demi menghidupi ketiga anaknya, Kiang, Soei, dan Chew.

Lantas, apa itu jok? Melansir dari Thailandblog.nl, congee atau jok sendiri merupakan kuliner peranakan Tiongkok yang cukup populer Thailand. Lebih dari makanan peranakan, Pat Boonipitat selaku sutradara berhasil menonjolkan jok sebagai makna filosofis akan kedekatan dan kehangatan.

Kalau penasaran dengan kuliner ini, nggak ada salahnya mengetahui sejarah dan fakta congee khas Thailand di bawah ini.

1. Apa itu jok?

Ajinomoto

Bilamana menonton Lahn Mah di bioskop, pasti kita akan melihat bagaimana kata jok (โจ๊ก) diterjemahkan sebagai "congee". Faktanya, keduanya adalah sama-sama sejenis bubur khas Tiongkok. Bedanya, congee merupakan padanan jok dalam bahasa Tiongkok.

Jok sendiri adalah hidangan bubur nasi gurih yang disajikan dengan telur setengah matang dan irisan daging sapi atau babi. Untuk menambah rasa agar lebih umami, orang Thailand bisa membumbuinya dengan kecap manis atau kecap ikan.

Tak hanya itu, dua jenis kecap ini juga bisa memberikan aroma lezat yang menggugah selera.

2. Populer di Thailand

Rachel Cooks Thai

Biasanya jok dimakan sebagai menu sarapan yang cukup populer di Thailand, terutama Bangkok. Sebagai salah satu opsi sarapan, maka bukanlah hal sulit menemukan jok di Thailand. Mengingat banyak stand atau restoran Tiongkok yang menjual jok yang lezat. Salah satunya di kawasan Bang Rak dan Talat Noi di Chinatown Bangkok.

Untuk merangkul semua pelanggan dari berbagai latar, biasanya restoran menyediakan variasi daging dan topping yang menggiurkan.

3.Ciri khas jok

Hot Thai Kitchen

Karakteristik jok yang dapat kamu kenali adalah konsistensinya yang kental dan lembut. Jika melihat dari adegan saat M dan Amah sedang masak bersama, terlihat jok dibuat dari beras melati yang direbus bersama pandan sembari diaduk perlahan. Rasanya gurih dan nikmat disantap saat hangat.

Bubur putih ini bisa disantap dengan berbagai cara dan topping yang bermacam-macam, tergantung selera masing-masing. Biasanya topping yang dipakai untuk jok adalah babi cincang, daging sapi, ayam, telur, irisan daun bawang, jahe segar, bawang putih goreng, dan bubuk cabai untuk menambah cita rasa.

4. Rasanya jok seperti apa sih?

Dok. Google Photos/Jok Prince

Jok mempunyai konsistensi tekstur yang kental dan lembut, namun punya rasa kompleks. Kelembutan bubur inilah yang berkontribusi sebagai "wadah" untuk memberikan kesempurnaan dan kekayaan rasa pada toppingnya.

Kunci kelezatan jok tak hanya pada buburnya saja. Tapi cara pembuatan toppingnya berupa daging cincang yang dimasak secara tradisional, juga memberikan rasa gurih dan umami pada hidangan ini.

5. Harga yang murah meriah

Food Diary

Tak perlu takut dompet kering untuk menyantap jok yang sehat dan lezat. Makanan ini dipatok sekitar 40-60 baht atau sekitar Rp17 ribu sampai Rp26 ribu. Murah sekali, bukan?

6. Sejarah jok

The Ranting Panda

Hadirnya jok sebagai benang merah dalam film ini ternyata ada kaitannya dengan latar keluarga Amah yang merupakan keturunan Sino-Thai (Chinese Thailand). Berlatar di Talat Phlu, Bangkok, bisa dilihat bahwa mayoritas penduduk daerah ini adalah keturunan Sino-Thai yang nasih menerapkan kehidupan tradisional.

Mengutip dari Thailandblog.nl, keberadaan jok berkaitan erat dengan migrasi besar-besaran warga Tiongkok ke Asia Tenggara, termasuk Thailand. Para imigran ini membawa serta makanan tradisional mereka, termasuk congee atau bubur Tiongkok.

My Camera Diary

Untuk menyesuaikan rasanya dengan kearifan lokal, mereka pun menciptakan sebuah bubur bernama jok. Makanan hasil akulturasi ini lah menjadi salah satu tombak pertukaran budaya Tiongkok dalam lanskap kuliner Thailand.

Itu tadi sejarah dan fakta jok yang menjadi bubur lezat yang mempersatukan Amah dan M dalam film Lanh Mah. Kalau kamu kesana, jangan lupa mampir untuk mencobanya ya, Bela!

IDN Channels

Latest from Food