Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Tips Menyimpan Bumbu Kering agar Tahan Lama

Penyimpan bumbu kering yang baik dapat menjaga kualitasnya

Audia Natasha Putri

Terdapat dua macam bumbu dapur yang biasa digunakan untuk memasak, yaitu bumbu kering dan bumbu basah. Nah, bumbu basah biasanya dapat membusuk jika tidak digunakan segera, seperti kunyit, lengkuas, temu kunci, dan bawang putih. Sedangkan bumbu kering meliputi merica, biji pala, kayu manis, dan kapulaga, jintan dan oregano.

Meskipun tidak cepat membusuk, penyimpanan yang salah dapat menurunkan mutu bumbu kering. Karena itu sangat penting untuk menyimpan bumbu kering yang benar agar kualitasnya terjaga.

Melansir berbagai sumber, berikut 7 tips menyimpan bumbu kering yang kamu bisa ikuti agar tahan lama.

1. Simpan di rak penyimpanan

Unsplash.com/Heather McKean

Mengutip MyRecipes, menyimpan rempah atau bumbu kering di rak penyimpanan dapat membuat bumbu awet selama berminggu-minggu bahkan bulan.

Hindari pula panas matahari atau uap panas masakan agar kualitas bumbu kering tidak menurun.

2. Simpan bumbu kering dalam wadah buram

Unsplash.com/Engin Akyurt

Meskipun tidak ada penelitian ilmiahnya, menyimpan bumbu kering ke dalam wadah buram dapat membuat aroma dan kualitasnya lebih tahan lama.

Menyimpan bumbu kering di toples kaca bening dapat memengaruhi rasa dari rempah-rempah yang mana bisa membuat bumbu cepat apek.

3. Beli bumbu kering secukupnya

Unsplash.com/Volodymyr Hryshcenko

Mengutip MyRecipes, disarankan untuk tidak membeli bumbu kering dalam jumlah banyak. Jika disimpan terlalu lama dan tidak digunakan, maka kualitas bumbu kering pun dapat menurun.

Agar lebih efisien dan tahan lama, kamu bisa membeli bumbu kering bubuk dengan kemasannya kecil agar tidak mudah rusak.

4. Menyimpan bumbu kering dalam wadah kedap udara

Pexels.com/Pixabay

Untuk menjaga aroma bumbu kering tetap khas, disarankan untuk menyimpan bumbu kering dalam wadah kedap udara. Menyimpan bumbu kering dalam wadah kedap udara membuat bumbu terhindar dari oksidasi. Oksidasi dapat mengakibatkan bumbu kering cepat berjamur dan menghitam.

Pastikan juga udara di sekitar rak penyimpanan tidak terlalu lembap agar bumbu kering tidak mudah berjamur.

5. Sangrai bumbu kering sebelum disimpan

Unsplash.com/Martjin Vonk

Bumbu kering seperti merica, ketumbar, dan kemiri memang sebaiknya disangrai terlebih dahulu sebelum disimpan ke toples. Menyangrai bumbu dapat menghilangkan kadar air
dan membuat aroma bumbu lebih harum.

Selain itu, teknik sangrai membuat bumbu kering lebih awet dan terjaga kualitasnya ketika disimpan dalam waktu yang lama.

6. Jangan letakkan rempah kering dalam lemari di atas kompor

Unsplash

Tahukah kalian jika meletakkan bumbu rempah di lemari atas kompor dapat memengaruhi kualitas rempah? Hal ini karena panas dari kompor dapat membuat rempah kering menjadi lembap dan berjamur. Uap panas yang berasal dari kompor dapat masuk ke botol.

Efek panas dari kompor ini dapat memperpendek umur dan hingga menurunkan rasa rempah.

7. Letakkan di tempat kering

Unsplash.com/Martjin Vonk

Agar kualitas bumbu kering dapat terjamin, sebaiknya bumbu kering diletakkan dalam tempat yang kering. Hindari pula meletakkan bumbu kering dari tempat lembap. Misalnya, dekat ventilasi udara ataupun area yang terkena air atau basah. Kelembapan bisa berpotensi menumbuhkan tunas pada rempah-rempah tertentu.

Itulah 7 tips agar bumbu kering tetap bertahan lama. Semoga bermanfaat, Bela!

IDN Channels

Latest from Food