Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Film Dokumenter Fashion Desainer Terkenal yang Inspiratif

Soroti perjalanan karier sampai sukses

Nabila Marshanda Aliescha

Fashion desainer merupakan salah satu pekerjaan impian banyak orang di dunia ini. Menciptakan sebuah tren fashion terbaru dengan berbagai macam pakaian dan aksesori, karya seorang fashion desainer dapat menjadi sejarah tersendiri dalam jangka waktu yang panjang menurut mereka yang senang mengenakan pakaian dari koleksi jadul. 

Di samping karya-karya yang ikonis, perjalanan karier seorang fashion desainer terkenal juga tidak kalah menarik untuk diangkat menjadi film dokumenter. Mulai dari Roy Halston sampai Salvatore Ferragamo, berikut daftar film dokumenter fashion desainer terkenal di dunia yang wajib masuk watchlist

1. Halston (2019)

Imdb.com

Lika-liku perjalanan karier Roy Halston dalam membangun brand mewah miliknya pada tahun 70-an hingga sukses sebagai fashion desainer asal Amerika paling berpengaruh di dunia turut diabadikan lewat film dokumenter berjudul “Halston”. Dalam dokumenter tersebut, penonton dibawa bernostalgia saat Halston merubah pandangan orang-orang tentang mode bernuansa disko dan bold menjadi lebih minimalis tanpa mengurangi pesona glamor dari sebuah pakaian.

2. Very Ralph (2019)

Imdb.com

Tanpa memiliki pengalaman dan pendidikan formal soal fashion tidak membuat semangat Ralph Lauren hilang begitu saja untuk mendirikan bisnis lini pakaian miliknya sendiri. Dalam film dokumenter ini, kisah hidup Ralph Lauren pada saat merintis bisnisnya diceritakan dengan sangat inspiratif serta sudut pandangnya tentang mendesain pakaian laki-laki dan perempuan juga nggak kalah seru untuk disimak.

3. Martin Margiela: In His Own Words (2019)

Imdb.com

Alasan mengapa Martin Margiela memilih menutupi identitasnya dengan menolak berbagai wawancara dan photoshoot sebagai fashion desainer terungkap dalam film dokumenter arahan sutradara Reiner Holzemer. Momen-momen tidak terlupakan selama masih menjadi direktur kreatif Maison Margiela juga diungkapkan oleh sang desainer saat mengenang masa keemasannya.

4. McQueen (2018)

Imdb.com

Mengenang delapan tahun kepergiannya, film dokumenter ini tidak hanya menyoroti kisah perjalanan karier Alexander McQueen tetapi juga menceritakan berbagai persoalan hidup yang dihadapi sang desainer ketika sedang berada di puncak kesuksesan. 

5. Westwood: Punk, Icon, Activist (2018)

Imdb.com

Lebih dari 40 tahun membangun self-title brand fashion miliknya sendiri, film dokumenter ini turut menyoroti perjalanan karier Vivienne Westwood sampai bagaimana ia berani melakukan gebrakan baru saat melahirkan koleksi pakaiannya yang terkenal rebel

6. Salvatore: Shoemaker of Dreams (2020)

Imdb.com

Era kesuksesan film bisu di Hollywood rasanya tidak lengkap tanpa kehadiran footwear rancangan Salvatore Ferragamo. Maka dari itu, film dokumenter ini menunjukan bagaimana Salvatore Ferragamo muda bermain dengan fantasinya terhadap sepatu yang ia ciptakan sehingga menampilkan final result artistik sekaligus modern. 

IDN Channels

Latest from Style & Trends