Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Profil Tata Juliastrid, Pemenang Miss Cosmo International 2024

Awal karier modeling Tata Juliastrid

Nindi Widya Wati

Puteri Indonesia Pariwisata 2024, Ketut Permata Juliastrid berhasil dinobatkan sebagai Miss Cosmo International 2024, pada Sabtu (5/10/2024). Kemenangan tersebut membuat sosok yang akrab disapa Tata Juliastrid ini menjadi Miss Cosmo pertama.

Ketut Permata Juliastrid berhasil menyisihkan lebih dari 50 kontestan dari seluruh dunia pada acara puncak yang digelar di Saigon Riverside Park, Kota Ho Chi Minh, Vietnam. Kemenangan yang diraih Tata Juliastrid membuat ia mendadak menjadi sorotan publik. 

Lantas, seperti apa sosok Ketut Permata Juliastrid yang meraih gelar Miss Cosmo International 2024? Mari simak profilnya berikut ini, Bela!

Pendidikan yang ditempuh Ketut Permata Juliastrid

Instagram.com / tatajuliastrid

Tata Juliastrid atau bernama lengkap Ni Ketut Permata Juliastrid Sari lahir pada 12 Juli 2003 di Denpasar, Bali. Sosok yang akrab disapa Tata ini sebagai anak keempat dari ayah I Ketut Tawan dan ibu Dwi Astuti Tawan. 

Tata dibesarkan di Desa Sanur, Denpasar – dengan menempuh pendidikan Program Studi Manajemen di Universitas Udayana pada 2021. Lalu, ia pindah mempelajari desain mode di Institut Desain dan Bisnis Bali sejak 2022.

Awal karier modeling Tata Juliastrid

Instagram.com / tatajuliastrid

Tata dikabarkan aktif di dunia modeling sedari umur 17 tahun. Hal tersebut membuat ia gemar mengikuti kontes kecantikan, termasuk dengan menjadi Putri Indonesia Bali 2024 pada 27 Januari 2024 lalu. 

Ia menyisihkan Ni Made Ayu Krisna Dewi sebagai runner up 1 dan Zasa Zefanya sebagai runner up 2. Lalu, Tata mewakili Bali dalam ajang nasional Puteri Indonesia 2024. Keikutsertaannya kala itu, membuat ia menyabet juara Puteri Indonesia Pariwisata 2024. 

Berangkat dari posisi tersebut, Tata Juliastrid mulai memperjuangan pelestarian budaya dan alam di Bali. Perempuan itu menjadi aktivis yang menyerukan praktik pariwisata dengan melestarikan alam serta budaya Bali.

Tata Juliastrid berkesempatan ikut Miss Cosmo 2024

Instagram.com / tatajuliastrid

Sebagai pemegang gelar Puteri Indonesia Pariwisata 2024, Tata Juliastrid berkesempatan mewakili Indonesia dalam Miss Cosmo 2024. Ia memulai masa karantina kontes kecantikan itu pada 12 September silam.

Untuk menyiapkan kemampuan dalam kontes tersebut, Tata mendapatkan pelatihan catwalk, stage performance, serta public speaking. Ia juga mempersembahkan unjuk bakat menyanyi, bermain biola, dan menari. 

Ketut Permata Juliastrid mengaku sangat terhormat dan berterima kasih atas kesempatan yang diberikan untuk mewakili Indonesia di ajang Miss Cosmo 2024. Ia memasuki babak final Miss Cosmo 2024 melawan empat kontestan lain, yakni Romina Lozano (Peru), Karnruethai Tassabut (Thailand), Samantha Elliott (Amerika Serikat), dan Bui Thi Xuan Hanh (Vietnam).

Tata Juliastrid berhadapan dengan finalis asal Thailand

Instagram.com / tatajuliastrid

Bergeser ke babak tanya jawab, Ketut Permata Juliastrid mendapatkan pertanyaan seputar kontribusi yang diberikan terhadap masyarakat yang berkelanjutan. Ia menjawab, dirinya memiliki keahlian dan advokasi di bidang pariwisata berkelanjutan melalui pelestarian budaya dan bekerja sama dengan perajin lokal. Serta, ingin memberi wadah generasi muda untuk bangga dengan budaya sendiri.

Babak final terasa makin mendebarkan, saat Tata Juliastrid bertemu dengan Karnruethai Tassabut (Thailand). Mereka memaparkan rencana komitmen memberikan dampak bagi lingkungan dengan kemampuan yang dimiliki. 

Kemenangan yang diraih Ketut Permata Juliastrid

Instagram.com / tatajuliastrid

Tata menyatakan dia punya proyek mengajarkan perajin lokal membuat kerajinan tradisional dari sampah plastik. Setiap produk akan memiliki kode QR yang memungkinkan pembeli melacak perjalanan sampah yang didaur ulang tersebut.

Siapa sangka, Ketut Permata Juliastrid meraih mahkota Miss Cosmo 2024 dan mendapat gelar Cosmo Beauty Icon. Ia menerima hadiah meliputi Impactful Crown, uang US$100.000 dollar AS, ponsel, perhiasan berlian, layanan kesehatan VIP, mobil, menginap setahun di apartemen, akomodasi resor, lapangan golf standar internasional, dan sebagainya.

Itulah, profil tentang Ketut Permata Juliastrid yang dinobatkan sebagai Miss Cosmo International 2024. Kalau ada informasi lain yang kamu tahu, bisa tulis lewat kolom komentar, Bela!

IDN Channels

Latest from Working Life