Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Perjalanan Karier Claresta Dami, Content Creator Pecinta K-Pop

Awalnya bikin konten tentang makanan

Natasha Cecilia Anandita

Sejak tahun 2010, industri musik pop Korea atau K-Pop sudah populer ke berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Mulai dari gaya, musik, dan budaya yang unik, K-Pop telah menarik jutaan penggemar dari seluruh dunia dan menjadi fenomena global yang tidak dapat diabaikan.

Tak hanya menjadi penonton setia, para penggemar K-Pop juga berlomba-lomba
menuangkan kreativitasnya dengan membuat konten soal kecintaan mereka pada
idola masing-masing. Salah satunya adalah Claresta Dami. Melalui akun TikTok @clarestatok, perempuan asal Surabaya ini kerap membagikan konten video tentang obsesinya terhadap K-Pop dibalut unsur komedi.

Pada acara talkshow di BeautyFest Asia 2023 yang berlangsung di Surabaya pada Jumat (3/11/2023), berjudul How to Build and Maintain Engagement in Social Media, Claresta Dami berbagi cerita bagaimana ia memulai kariernya sebagai content creator dan kecintaannya tentang dunia K-Pop. 

Penasaran dengan perjalanan kariernya? Simak ceritanya berikut ini, yuk!

Bermula di Instagram

Popbela.com/Herka Yanis

Pada bincang-bincang di BeautyFest Asia 2023 Surabaya, Claresta mengaku bahwa karier content creator-nya dimulai sejak tahun 2013. Suka membuat konten, ia pertama kali memulai dengan membuat konten di Instagram, tapi belum konsisten. 

Awalnya, konten yang ia buat seputar makanan. Ia mengunjungi kafe-kafe menarik dan baru di sekitar Surabaya, tempat tinggalnya dan mengunggah foto-foto cantik menu-menu di kafe tersebut serta fakta menariknya di Instagram. 

Pandemi hadir, Claresta terjun ke TikTok

Popbela.com/Herka Yanis

Kala pandemi 2020, ia merasa bosan dan akhirnya tertarik dengan media sosial viral, TikTok. Awalnya ia hanya sebagai penikmat konten saja. Namun, jiwa content creator-nya bergejolak dan bosan hanya sebagai penikmat konten. Ia pun belajar membuat konten di TikTok. Baginya membuat konten di TikTok cukup membutuhkan effort karena berupa video. 

Ia memilih tema fangirling yang biasa hanya dia unggah di Instagram Story saja. Selama tiga bulan ia konsisten membuat konten bertema sama. Ternyata konten-konten tersebut menghibur dan banyak yang merasa related

Usahanya pun berbuah hasil, salah satu kontennya berhasil masuk For Your Page (FYP) membuat konten lainnya ikut FYP dan followers TikTok-nya naik secara signifikan. Fakta menariknya, Claresta Dami membuat semua konten di Instagramnya sendiri, lho. Mulai dari ide, syuting, hingga editing ia lakukan sendiri. 

Kerja keras Claresta membawanya bisa pergi ke Korea untuk mengunjungi berbagai tempat impiannya. Bukan hanya sekali, ia sampai dua kali mengunjungi kampung halaman sang idolanya. 

Ganti konsep konten dan kini lebih menantang

Popbela.com/Herka Yanis

Pada 2021, ia mulai mengganti konsep kontennya. Dari kegilaannya fangirling ke video unboxing. Ia membuat video unboxing berbagai barang-barang menarik khususnya yang berkaitan dengan K-Pop. 

Sekarang selain dikenal dengan 'Bojo Suga', ia juga dikenal sebagai kreator unboxing barang-barang K-Pop menarik. Di samping itu, kreator kelahiran 1992 ini mengaku saat ini membuat konten menjadi FYP cukup menantang.

Hal ini seiring dengan popularitas TikTok yang melejit dan hadirnya banyak content creator lainnya. Perlu ada tambahan dan inovasi menarik lain di konten yang ia buat sehingga bisa FYP. 

Buat kamu yang ingin bertemu content creator lainnya, mendapat insight menarik tentang konten dan seputar kecantikan, jangan lupa hadir di BeautyFest Asia 2023 di Exhibition Hall Grand City Convex, Surabaya yang berlangsung dari 3-5 November 2023. See you, Bela!

IDN Channels

Latest from Working Life