Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Tips Memanfaatkan Media Sosial untuk Branding Calon MUA

Makeup artist pemula wajib terapkan tips ini!

Zikra Mulia Irawati

Beautyfest Asia Medan 2024 memfasilitasi beauty enthusiast yang tertarik terjun menjadi makeup artist. Salah satu rangkaian acaranya adalah talkshow bertajuk Makeup Mastery: How to be a Full Time Professional Makeup Artist, yang diadakan di Tiara Convention Center pada Jumat (2/8).

Makeup artist muda asal Medan, Sekar Ayu Setya Ningrum, datang sebagai narasumber. Ia menceritakan perjalanannya hingga menjadi seorang perias profesional dan memperluas peluangnya lewat media sosial.

Yakin kepada diri sendiri dan terus belajar

Dok. IDN Media

Langkah pertama yang wajib dilakukan oleh calon makeup artist adalah yakin kepada dirinya sendiri terlebih dahulu. Agar bisa dikenal, Sekar mengajak untuk berani mengambil setiap kesempatan.

"Pertama, dari diri kita sendiri dulu. Kita yakin kepada diri kita sendiri dulu dan kalau ada satu kesempatan, harus kita ambil," katanya.

Selain itu, calon makeup artist juga harus membekali dirinya dengan ilmu-ilmu yang bisa dipelajari dari banyak sumber, termasuk media sosial. Sekar yakin, banyak berlatih akan membuat kemampuan merias bisa meningkat seiring berjalannya waktu.

"Pergunakan media sosial dengan sebaik-baiknya karena sekarang itu sangat berpengaruh. Jadi semakin kita sering belajar, semakin sering nge-brand kita di media sosial, semakin majulah kita," lanjutnya.

Pede tampilkan karya

Dok. IDN Media

Setelah belajar, mindset yang menurut Sekar harus dimiliki seorang calon makeup artist adalah tidak malu menampilkan karya. Ia yakin, sekalipun pemula, perkembangan skill itu pasti akan ada.

"Jangan pernah malu menampilkan hasil karya kita. Karena saya dulu juga seperti itu, nggak pede, kayaknya masih ada yang kurang. Tapi karena saya di-support sama guru, orang tua, dan semua keluarga, jadi saya upload aja. Setiap perkembangan itu pasti ada walaupun kita masih pemula. Karena nggak mungkin kita jadi yang sekarang kalau nggak melalui fase dari bawah," tuturnya.

Yakin pada proses

Dok. IDN Media

Sekar pun sampai kepada titik ini bukan hanya dalam semalam. Meski memiliki ibu yang juga berprofesi sebagai makeup artist, ia memperoleh keahlian merias ini dengan usahanya sendiri. Ia sengaja belajar di SMK jurusan Tata Kecantikan dan mengikuti berbagai perlombaan untuk memperluas networking-nya.

Saat masih merintis pun, Sekar melalui jalan yang tidak mulus. Sekitar tahun 2017–2018, ia pernah hanya dibayar Rp30 ribu untuk pekerjaannya. Ia juga punya pengalaman merias 12 wisudawan dalam sehari.

Oleh karena itu, Sekar mengajak para calon makeup artist untuk yakin kepada proses. Mungkin saja hasil riasan saat baru mulai berkarya masih kurang memuaskan. Namun, suatu hari nanti, perjuangan dari nol ini akan jadi bahan bakar semangat saat mengalami kejenuhan di tengah-tengah karier.

"Misalnya belum bagus, nggak apa-apa. Upload aja. Misal kita udah tiga tahun (berkarier) nih, makeup kita udah kayak gini (lebih bagus). Kita lihat lagi, 'oh dulu kita seperti ini, oh udah ada yang berubah.' Nah itu jadi salah satu motivasi ketika kita lagi di atas, atau lagi merasa down. Itu bisa menambah semangat baru lagi untuk berkarya karena semua kerjaan itu pasti ada mood swing-nya," ujar Sekar.

Buat kamu yang sedang merintis untuk menjadi makeup artist, terus semangat dan terapkan tips dari Sekar Ayu Setya Ningrum di atas, ya, Bela!

IDN Channels

Latest from Inspiration