Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Cara Penataan Pigura di Dinding Ruang Tamu biar Rapi

Dijamin tamu makin betah

Ridho Agung Pangestu

Ruang tamu memang harus diperhatikan baik-baik penataannya. Soalnya, ruang inilah yang dilihat oleh tamu pertama kali. Pastinya, kamu nggak ingin kan, first impression tamu dengan rumah kurang baik?

Makanya mulai deh, menata ruang tamu dengan elegan agar bikin betah. Nah, supaya ruang tamu tertata dengan baik, coba perhatikan pemasangan pigura.

Bukan tanpa alasan, pemasangan pigura sering kali dipandang sebelah mata. Padahal pemasangan pigura yang kurang tepat akan membuat ruang tamu terlihat berantakan. Nah, berikut Popbela punya 5 cara penataan pigura di dinding ruang tamu yang bisa kamu tiru.

1. Pilih tema atau konsep yang konsisten

Pinterest

Sebelum mulai menata pigura, tentukan terlebih dahulu tema atau konsep yang ingin diterapkan. Apakah kamu menyukai tampilan minimalis dengan pigura berbingkai hitam putih, atau lebih suka nuansa eclectic dengan pigura dari bahan-bahan yang berbeda?

Memilih tema atau konsep yang konsisten akan membantu menciptakan kesan yang harmonis dan teratur pada dinding ruang tamu kamu, lho.

2. Variasi ukuran dan bentuk pigura

Pinterest

Supaya tampilan dinding ruang tamu terlihat menarik, kamu bisa menggunakan pigura dengan berbagai ukuran dan bentuk. Gabungkan pigura besar dan pigura kecil untuk menciptakan variasi yang eye catching.

Selain itu, kamu juga dapat memilih pigura dengan bentuk yang berbeda-beda. Seperti persegi panjang, bulat, atau bentuk unik lainnya  seperti hati atau bintang. Ini akan menambah kesan lebih personal dan unik di ruang tamu kamu.

3. Perhatikan jarak antar pigura

Pinterest

Selanjutnya, perhatikan jarak antar pigura saat menata pigura di dinding ruang tamu. Pastikan jarak antara satu pigura dengan lainnya cukup proporsional agar tidak terlihat terlalu padat atau terlalu tersebar. Gunakan papan atau kertas sebagai panduan untuk menentukan posisi pigura sebelum menggantungnya permanen.

Nggak ada salahnya juga untuk meminta saran dari teman atau orang yang sudah pernah datang ke ruang tamu. Pastinya, mereka akan lebih memiliki penilaian yang objektif. Kamu bisa mempertimbangkan saran itu dan kemudian kombinasikan dengan selera kamu sendiri.

4. Letakan piguran ukuran besar di tengah ruangan

Pinterest

Memperhatikan layout pigura juga nggak kalah pentingnya, lho. Biar ruang tamu enak dipandang, kamu bisa letakan pigura dengan ukuran terbesar di tengah ruangan. Layouting ini disebut dengan center piece. Penempatan center piece akan membuat ruangan jadi on point.

5. Kombinasikan dengan ornamen interior lain

Pinterest

Terakhir, coba untuk kombinasikan pigura dengan ornamen interior lainnya seperti rak hias, vas bunga, maupun stiker yang sesuai. Kombinasi yang tepat akan menciptakan kesan unik dan nyaman. Tentu dengan catatan, padu-padan warnanya tidak menabrak atau terlalu ekstrim, ya.

Menata pigura di ruang tamu memang gampang-gampang susah, tapi di sinilah letak tantangan kamu untuk mengeluarkan kreativitas dalam menata interior ruang tamu. Tips penataan pigura di ruang tamu tadi bisa kamu aplikasikan langsung. Jangan ragu untuk mengajak teman atau anggota keluarga untuk ikut membantu, ya.

IDN Channels

Latest from Inspiration