Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Fakta Drama 'Daily Dose of Sunshine', Angkat Isu Kesehatan Mental

'Daily Dose of Sunshine' resmi tayang di Netflix

Nindi Widya Wati

Turut merasa sedih, saat belakangan ini melihat semakin banyak orang yang terdiagnosa mengidap gangguan mental. Mulai dari anak muda, orang tua, hingga seseorang yang terlihat ceria, bisa saja mengalaminya.

Cerita pilu inilah, yang coba diangkat Netflix lewat drama Korea terbaru bertajuk Daily Dose of Sunshine, yang mulai tayang pada 3 November 2023. Cukup menarik perhatian penonton, saat mengetahui kalau drama ini diangkat dari kisah nyata serta cerita Webtoon yang penulisnya juga mantan perawat.

Di bawah arahan sutradara Lee Jae Gyu, drama berjumlah 12 episode ini menggandeng artis ternama seperti Park Bo Young, Yeon Woo Jin, hingga Lee Jung Eun. Kalau penasaran dengan dramanya, berikut Popbela telah merangkum fakta menarik dari Daily Dose of Sunshine.

1. Diadaptasi dari kisah nyata dan cerita Webtoon

Dok. Netflix

Pengerjaan drama Daily Dose of Sunshine, diadaptasi dari kisah nyata serta cerita Webtoon karya Lee Ha Ra. Webtoon berjudul "Jungshinbyungdongedo Achimeun Wayo" itu, ditulis Lee Ha Ra berdasarkan pengalamannya sebagai mantan perawat.  

Tentu ada perbedaan antara cerita Webtoon dan dalam bentuk dramanya, kalau di Webtoon semua karakter direpresentasikan sebagai hewan antropomorfik. Sementara, dalam serialnya mengambil pendekatan yang berbeda tetapi sama imajinatifnya dengan menggambarkan pengalaman pasien yang berbeda-beda. 

2. Sinopsis drama 'Daily Dose of Sunshine'

Dok. Netflix

Jung Da Eun yang diperankan oleh Park Bo Young, menjadi tokoh utama drama Daily Dose of Sunshine. Ia dihadapkan dengan banyak tantangan saat menjadi perawat, hingga akhirnya dipindahkan untuk menjadi perawat poli psikiatri.

Memiliki ketelatenan dan rasa empati yang tinggi, membuat Da Eun berupaya habis-habisan membantu pulihnya mental bagi setiap pasiennya. Hingga, tak jarang ia menyadari bahwa sikapnya yang berusaha menyenangkan semua orang tidak berdampak baik untuk kesehatan mentalnya sendiri. Alur tersebut, yang akan membentuk pribadi Da Eun sebagai dirinya sendiri atau perawat di poli psikiatri.

3. Arahan sutradara serial hits Netflix 'All Of Us Are Dead'

Dok. Netflix

Bila mendengar nama sutradara Lee Jae Gyu, maka ia juga cukup terkenal berkat karya adaptasi webtoon-nya, bertajuk All of Us Are Dead. Makin mengagumkan, ternyata Lee Jae Gyu adalah sutradara di balik film keren berjudul The Fatal Encounter  (2014) dan Intimate Strangers (2018).

Kalau tak cukup puas melihat karya Lee Jae Gyu di drama Daily Dose of Sunshine, bisa menikmati karyanya yang lain seperti, The King 2 Hearts (2012), The Influence (2010), dan Beethoven Virus (2008). 

4. Perjuangan lima laki-laki menghadapi gangguan mental

Dok. Netflix

Saat menyaksikan Daily Dose of Sunshine, penonton akan melihat perjuangan banyak karakter yang memiliki gangguan mental. Termasuk, lima laki-laki yang memiliki gangguan mental cukup parah, padahal hidupnya terkesan santai dalam menghadapi masalah. 

Mereka di antaranya adalah sosok Song Yu Chan (Jang Dong Yoon) terlihat berkepribadian ceria dan santai. Namun, diam-diam ia ternyata memiliki gangguan panik. Lalu, masih dengan orang gangguan panik, ada sosok Ji Seung Jae (Yoo In Soo), padahal ia menjadi perawat magang di poli kesehatan jiwa RS Universitas Myungshin. 

Dok. Netflix

Di sisi lain, ada Kim Sung Sik (Jo Dal Hwan) yang sering terkena gaslighting dari bosnya, sehingga membuat ia terkena gangguan kecemasan sosial. Bergeser ke sosok Kim Seo Wan (Roh Jae Won) yang merasakan gejala halusinasi dan delusi. Ia sulit membedakan antara dunia nyata dan gim.

Kalau Choi Jun Gi (Kim Dae Won) mengalami trauma dan rasa bersalah setelah istrinya meninggal bunuh diri. Ia didiagnosa mengalami gangguan psikotik serta PTSD atau gangguan stres pasca trauma.

5. Kuatnya karakter Jung Da Eun

Dok. Netflix

Kepopuleran drama Daily Dose of Sunshine, juga didukung dengan kuatnya karakter Jung Da Eun yang diperankan oleh Park Bo Young. Menjadi perawat pemula di poli kesehatan jiwa RS Universitas Myungshin, memang membawa banyak pengalaman baru dalam hidup Jung Da Eun.

Kekuatan karakter Jung Da Eun, tak hanya tercermin karena kemampuannya menjadi perawat yang tulus terhadap pasiennya. Namun, juga tergambarkan saat ia berani menumpahkan emosi berupa rasa kecewa hingga kesedihan yang ia alami sebagai seorang perawat.

6. Ajak penonton mengetahui jenis-jenis gangguan mental

Dok. Netflix

Bila membahas tontonan yang kaya akan informasi, mungkin Daily Dose of Sunshine bisa menjadi salah satu rekomendasi. Lewat drama berjumlah sekitar 12 episode ini, memperkenalkan kita pada beberapa jenis gangguan mental yang mungkin sering dianggap sepele, serta memahami beberapa istilah yang belum cukup familiar.

Seperti pada episode pertama, ada sosok Oh Ri Na yang menjadi istri seorang hakim dan anak perempuan kesayangan ibunya. Namun, ternyata ia mengidap bipolar, yaitu kondisi saat seseorang memiliki fase manik/mania dan depresi. 

Lalu, beberapa karakter yang mengalami gangguan mental seperti depresi, gangguan kecemasan, pseudodementia, delusi, skizofrenia, hingga obsessive-compulsive disorder (OCD). Kalau ingin tahu cerita lengkapnya, drama Daily Dose of Sunshine sudah bisa disaksikan di Netflix, ya!

IDN Channels

Latest from Inspiration