Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

15 Ide Lomba 17 Agustus Anak yang Seru dan Kreatif

Kreatif dan mendidik

Nafi' Khoiriyah

Mendekati perayaan 17 Agustus, kini saatnya untuk mencari ide lomba 17 Agustus anak yang seru dan meriah. Biasanya, anak-anak memang paling antusias untuk mengikuti perlombaan semacam ini.

Selain bisa mendapatkan hadiah jika juara, anak-anak juga bisa melatih kreativitas dan kerja sama dengan lomba yang diadakan. Maka dari itu, jika kamu berencana mengadakan acara lomba 17 Agustus di lingkungan rumah atau sekolah, lihat deretan lombanya berikut ini.

1. Lomba mewarnai

unsplash.com/Syahrul Alamsyah Wahid

Lomba yang pertama ini sangat cocok untuk anak-anak yang masih usia TK atau SD awal. Anak-anak akan diberikan gambar tertentu, kemudian mereka bisa mewarnainya sesuai dengan kreativitas masing-masing. Panitia hanya perlu menyediakan gambarnya saja, sementara alat untuk mewarnai bisa dibawa masing-masing anak. 

2. Lomba baca puisi

Jika mencari lomba yang mendidik, lomba 17 Agustus anak baca puisi jadi ide yang tepat. Lomba ini cocok untuk anak usia SD-SMP yang sudah bisa membaca. Panitia yang menyelenggarakan bisa berperan sebagai juri yang menilai bagus tidaknya pembacaan puisi mereka. 

3. Lomba cerdas cermat

Lomba cerdas cermat akan jadi ide yang bagus kalau kamu menyelenggarakan lomba di sekolah. Anak-anak bisa menguji kecerdasan dan kecepatannya menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. Lomba ini bisa dilakukan secara kelompok maupun individu. 

4. Lomba menyusun puzzle

unsplash.com/Zoraya Project

Pilihan lomba 17 Agustus anak yang bisa mengasah kreativitas lainnya adalah menyusun puzzle. Kini, tersedia banyak puzzle mulai dari yang mudah sampai yang rumit untuk dijadikan sebagai bahan lomba. Kamu pun bisa menyesuaikan pilihan puzzle dengan tingkat usia anak yang akan ikut berlomba. 

5. Lomba menyanyi lagu nasional

17 Agustus merupakan momen kemerdekaan Indonesia yang perlu untuk diingat para generasi muda. Maka dari itu, lomba menyanyi berbagai lagu nasional akan menjadi ide menarik. Selain mudah, lomba ini juga bisa mengenalkan anak-anak dengan lagu nasional. 

6. Lomba menyusun kata

Anak-anak yang masih di bangku TK maupun SD awal kemungkinan akan sulit jika harus mengikuti perlombaan di atas. Nah, lomba menyusun kata atau kalimat adalah solusi perlombaan yang lebih mudah. Peserta nantinya hanya perlu menemukan kata dengan tema tertentu seperti kemerdekaan. 

7. Lomba makan kerupuk

Beralih ke perlombaan yang meriah, lomba makan kerupuk adalah salah satu favorit anak-anak. Sebab selain bisa menang pertandingan, mereka juga bisa makan kerupuk gratis. Permainan ini juga bisa melatih kecepatan dan fokus mereka saat bermain, lho!

8. Lomba balap karung

unsplash.com/Alfian Dimas

Melatih kecepatan juga bisa dengan menyelenggarakan lomba 17 Agustus anak balap karung. Anak-anak akan berlomba untuk menuju finish dengan karung goni atau semacamnya. Supaya makin lucu, kamu bisa menambahkan aksesori helm atau yang lainnya. 

9. Lomba memecah air

Anak-anak akan ditutupi matanya dengan kain, lalu mereka akan berjalan sambil memecahkan air yang terbungkus dalam plastik. Siapa yang paling cepat, maka ia adalah pemenangnya. Itulah aturan lomba memecah air yang seru, mudah, dan masih cocok untuk anak. 

10. Lomba balap kelereng

Hanya perlu mempersiapkan sendok dan kelereng saja, lomba ini sudah bisa diselenggarakan. Anak-anak akan diminta untuk menggigit sendok sambil membawa kelereng dan berjalan sampai titik finish. Siapa yang bisa membawa kelereng sampai finish tanpa terjatuh dan tercepat, maka ia adalah pemenangnya. 

11. Lomba joget balon

Lomba 17 Agustus anak yang selanjutnya, joget balon, memiliki beberapa variasi aturan permainan. Ada yang dilakukan dalam tim maupun individu. Namun, aturan permainan joget balon biasanya agar balon tidak meletus atau terjatuh saat berjoget. 

12. Lomba memasukkan paku dalam botol

unsplash.com/Alfian Dimas

Ide permainan 17 Agustus untuk anak yang seru tapi bisa melatih fokus adalah lomba memasukkan paku dalam botol.

Lomba ini bisa melatih fokus karena para peserta harus memasukkan paku dalam botol. Namun, paku itu digantungkan dengan tali melingkar di pinggang dan kemudian anak-anak harus memasukkannya tanpa bantuan tangan. 

13. Lomba estafet air

Selain pecah air, lomba 17 Agustus anak estafet air juga permainan air yang tak kalah seru. Lomba ini harus dilakukan secara kelompok dengan cara menyalurkan air dengan tangan dari barisan depan ke belakang. 

14. Lomba menghias sepeda

Kalau di lingkungan tempat tinggal atau sekolah mengadakan karnaval 17 Agustus, lomba menghias sepeda untuk anak juga bisa diadakan. Anak-anak bisa berkreasi sesuai dengan kemauan mereka dan kemudian dilombakan pada saat hari H tanggal 17 Agustus. 

15. Lomba estafet tepung

Terakhir, lomba estafet tepung pun tak kalah menarik dengan estafet air. Justru, lomba ini lebih lucu karena anak-anak akan berlumur tepung. Namun, hati-hati karena tepung bisa masuk ke mata, ya!

Itu dia 15 lomba 17 Agustus anak yang seru dan meriah untuk dipilih. Pemilihan lomba di atas bisa disesuaikan dengan tingkatan usia anak dan tempat pelaksanaan acara.

Selamat merayakan hari kemerdekaan 17 Agustus!

IDN Channels

Latest from Inspiration