Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Alasan Kenapa Bahasa Inggris Menjadi Bahasa Internasional

Ada berbagai faktor

Nafi' Khoiriyah

Pernahkah kamu bertanya tanya kenapa bahasa Inggris menjadi bahasa internasional? Padahal, terdapat ribuan bahasa di dunia yang tersebar di berbagai negara. 

Hal itu membuat bahasa Inggris juga menjadi populer dibandingkan dengan bahasa lainnya. Dalam pelajaran sekolah pun, bahasa Inggris menjadi salah satu materi pelajaran yang wajib diajarkan kepada para siswa sejak sekolah dasar. 

Kalau kamu penasaran, simak beberapa alasan bahasa Inggris menjadi bahasa internasional di bawah ini. 

1. Faktor politik kolonialisme Inggris

pexels.com/vectors icon

Alasan pertama kenapa bahasa Inggris menjadi bahasa internasional adalah kolonialisme Inggris. Pada masa kolonialisme dan imperialisme, Inggris merupakan negara yang memiliki wilayah jajahan paling luas. 

Mereka bahkan menaklukkan negara negara Asia Afrika, Amerika Utara, India kuno, sampai dengan Australia. Pada masa itu, media komunikasi di wilayah jajahannya tentu saja adalah bahasa Inggris.

Itulah mengapa kemudian bahasa Inggris tersebar ke berbagai wilayah dan justru digunakan menjadi bahasa utama di wilayah jajahannya. Walaupun tidak semua, tetapi bahasa ini juga digunakan dalam perdagangan dan kepentingan lainnya. 

2. Pengaruh Amerika setelah perang dunia

pexels.com/asim alnamat

Kondisi dunia berubah setelah perang dunia. Bahkan, negara yang sebelumnya adidaya pun menjadi terpuruk. Namun, hal itu tidak berlaku untuk negara Amerika. Perekonomian Amerika pasca perang dunia justru makin melesat. 

Nah, dampak dari meningkatnya perekonomian Amerika itu, orang-orang dari berbagai belahan dunia melakukan perdagangan dengan Amerika. Orang-orang tersebut juga mempelajari bahasa Inggris supaya bisa masuk dalam industri di Amerika. Tanpa sadar, hal itu juga memperkuat bahasa Inggris di mata dunia. 

3. Hasil kerja sama internasional

pexels.com/Sveta K

Berdirinya Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) pada abad ke-20 makin meningkatkan kerja sama internasional. Hal itu juga melatarbelakangi kenapa bahasa Inggris menjadi bahasa internasional. 

Sebab, negara yang tergabung dalam PBB berkomunikasi satu sama lain menggunakan bahasa Inggris. Berdirinya PBB juga membuat aktivitas penerjemahan dan pembuatan kamus bahasa asing banyak dilakukan. 

4. Teknologi dan ilmu pengetahuan

Freepik.com/benzoix

Teknologi makin ke sini makin berkembang pesat, apalagi setelah munculnya internet. Bisa kita lihat saat ini, sebagian besar aplikasi dan situs di internet tersedia dalam bahasa Inggris. 

Banyaknya media dan teknologi canggih membuat bahasa Inggris makin sering digunakan. Ilmuwan pun banyak yang menggunakan bahasa Inggris dalam karya tulis mereka. 

Di tengah penyebaran informasi yang sangat cepat dan luas itu, akses bahasa Inggris juga jauh lebih mudah. 

5. Industri hiburan

Pexels.com/Teddy Yang

Banyak di antara kita tentu suka dengan musik dan film, termasuk film berlatar bahasa Inggris. Mereka memiliki berbagai jenis genre musik yang memang berdampak besar di seluruh dunia. 

Musik tersebut mulai dari rock, jazz, sampai dengan pop. Selain musik, ada pula film yang tersebar ke seluruh penjuru negara sejak tahun 1960-an yang menyatukan dunia sampai saat ini.

Itulah kenapa bahasa Inggris menjadi bahasa internasional. Semoga informasi di atas menjawab rasa penasaranmu ya, Bela!

IDN Channels

Latest from Inspiration