Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

13 Film Plot Twist Terbaik, Akhir Paling Mengejutkan dan Tak Terduga

Ragam genre yang akan dibuat tercengang sepanjang durasi

Mariana Politton

Tidak ada yang lebih menyenangkan daripada menyaksikan film-film dengan alur cerita tak terduga; baik itu dalam pengembangan cerita di tengah maupun akhir yang mencengangkan. Dalam dunia perfilman, kejutan dalam cerita ini disebut plot twist. 

Biasanya, film-film dengan plot twist terbaik akan meninggalkan kesan tersendiri yang tak terlupakan. Mmenyaksikan film-film ini akan terasa sangat menghibur dan tidak membosankan sepanjang durasi film; membuatmu benar-benar menikmatinya.

Ingin tahu film-film dengan plot twist terbaik apa saja yang dapat merealisasikan pengalaman tersebut? Dan, seperti apa gambaran plot twist yang dimaksud?

1. The Call (2021)

Sebuah kejadian tak terduga terjadi pada 2019 ketika Kim Seo-yeon (Park Shin-hye) dan keluarganya pindah ke sebuah rumah. Di sana, ia dapat berkomunikasi dengan seorang perempuan bernama Oh Young-sook (Jeon Jong-seo) yang tinggal di rumahnya pada 1999. 

Komunikasi lintas waktu melalui telepon ini membangun tali pertemanan di antara mereka hingga mereka pun saling menyelamatkan satu sama lain. Namun, tidak disangka, Seo-yeon terlambat menyadari bahwa Young-sook adalah seorang pembunuh keji di masanya.

Plot twist: Apakah Seo-yeon berhasil menyelamatkan dirinya dari Oh Young-sook? Mungkin pertemanan lintas waktu mereka sebelumnnya dapat membantu, bukan? Atau, Oh Young-sook justru semakin mengincar Seo-yeon sebagai target utamanya?

2. Sweet & Sour (2021)

Hubungan romantis yang awalnya ‘manis’ antara pasangan Jang-hyuk (Jang Ki-yong) dan Da-eun (Chae Soo-bin) berubah menjadi ‘masam’ saat Jang-yuk bertemu dengan rekan kerjanya, dengan kedatangan Bo-yeong (Krystal), di perusahaan tempat ia bekerja.

Seolah kisah cintanya tak lagi membara, Da-eun tersingkirkan dalam hubungan percintaannya. Ia pun menguatkan diri dengan cara fokus bekerja sebagai seorang perawat dengan tiga shift di suatu rumah sakit, berharap lukanya tersebut dapat terobati.

Plot twist: Sebuah insiden perselingkuhan terungkap secara tak terduga, penasaran?

3. Fractured (2019)

Ray Monroe (Sam Worthington) dan istrinya Joanne (Lily Rabe) mendapati bahwa mobil mereka meledak di sebuah pom bensin saat hendak mengisi bahan bakar. Dampaknya, anak semata wayang mereka, Peri Monroe (Lucy Capri), mengalami patah tulang.

Mereka pun segera membawa Peri ke rumah sakit terdekat, tetapi malah berakhir pada sebuah insiden yang meresahkan dan tak masuk akal. Setelah terbangun kala menunggu proses perawatan anaknya, Ray mendapati dirinya kehilangan anak dan istrinya.

Ray tidak dapat menemukan mereka di manapun. Ia menemukan beberapa hal yang janggal, baik dari pihak rumah sakit maupun orang-orang lain yang dicurigainya.

Plot twist: Di mana sebenarnya anak dan istri Ray berada? Apakah pihak rumah sakit terlibat dalam kejadian ini atau ada pihak lain yang bertanggung jawab? 

4. Annihilation (2018)

Seorang profesor biologi dan tentara veteran, Lena (Natalie Portman), telah kehilangan suaminya, Kane (Oscar Isaac) setelah dikirim dalam sebuah misi khusus. Namun, Kane tiba-tiba muncul di rumahnya sehingga membuat Lena sangat kebingungan.

Sontak, Lena menelepon ambulans, tetapi pasukan pemerintah malah membawanya ke sebuah fasilitas rahasia di mana ia menemukan zona misterius "Shimmer" yang berasal dari meteor tiga tahun sebelumnya. Dari situ, ia bergabung untuk menjelajahinya.

Plot twist: Apakah hal-hal misterus dalam zona “Shimmer” berhubungan dengan kemunculan suaminya? Dan, apakah Lena dapat keluar dari zona tersebut dengan selamat? 

5. Mother! (2017)

Sebuah kisah misterius terjadi dalam kehidupan seorang perempuan bernama Veronica (Jennifer Lawrence). Menyambut pagi bersama suaminya, Him (Javier Bardem), rumahnya tahu-tahu didatangi oleh seorang tamu asing yang mengaku sebagai penggemar suaminya. 

Dari situ, semakin banyak orang mengunjungi suaminya dan mengaku sebagai penggemar. Bahkan ketika Veronica mengandung, mereka tetap menantikan momentum kelahiran anaknya di rumahnya. Anehnya, suaminya tidak menolak kedatangan para tamu tersebut.

Plot twist: Mengapa para penggemar begitu antusias menanti kelahiran anak pertama Veronica, dan mengapa suaminya menyambut kedatangan mereka dengan senang hati?

6. Forgotten (2017)

Setelah terjadi peristiwa traumatis, Jin-seok (Kang Ha-neul) mengalami hilang ingatan. Ia dan keluarganya pun pindah ke sebuah rumah di luar kota untuk memulai kehidupan baru. Namun, kakak laki-lakinya, Yoo-seok (Kim Moo-yul), tahu-tahu muncul setelah menghilang.

Meskipun kehadiran sang kakak menjadi kabar baik bagi Jin-seok dan keluarganya, beberapa kejadian misterius mulai terjadi. Ditambah lagi, Jin-seok menyadari bahwa kakaknya berperilaku aneh dan menunjukkan kepribadian berbeda yang mencolok.

Plot twist: Apa yang sedang direncanakan oleh sang kakak? Tunggu, apakah benar Yoo-seok adalah kakaknya yang sama atau justru orang yang berbeda?

7. Get Out (2017)

Seorang pria kulit hitam bernama Chris Washington (Daniel Kaluuya) menjalin hubungan serius dengan kekasihnya, Rose Armitage (Allison Williams). Suatu hari, Chris diundang untuk mengunjungi orang tua Rose yang lokasinya berada di pinggiran kota. 

Di sana, Chris mengalami beberapa peristiwa aneh, baik dari pertemuannya dengan kedua orang tua Rose maupun kehadirannya dalam beberapa acara bersama penduduk setempat. Siapa sangka, semuanya mengarah pada sebuah malapetaka yang mencengangkan.

Plot twist: Apa yang dilakukan Rose saat sebuah malapetaka terjadi di rumah orang tuanya? Dan, malapetaka apa yang sebenarnya dimaksud?

8. The Visit (2015)

Becca (Olivia DeJonge) dan Tyler (Ed Oxenbould) adalah dua kakak beradik yang hendak mengunjungi kakek dan nenek mereka. Pasalnya, ibu mereka, Loretta (Kathryn Hahn), akan berlayar dengan kekasihnya sehingga tidak dapat menjaga mereka untuk sementara waktu. 

Masalahnya, Becca dan Tyler belum pernah bertemu dengan kedua kakek-nenek mereka sehingga mereka merasa canggung. Benar saja, kedua kakek-nenek mereka menunjukkan perilaku yang janggal dan bahkan berpotensi mengancam nyawa Becca dan Tyler.

Plot twist: Apakah identitas sebenarnya dari kakek dan nenek mereka? Mungkinkah ada rahasia yang mereka sembunyikan?

9. Gone Girl (2014)

Hubungan suami-istri antara Nick Dunne (Ben Affleck) dan Amy Dunne (Rosamund Pike) memang telah renggang selama bertahun-tahun. Semakin buruk ketika Amy tiba-tiba menghilang secara tiba-tiba pada ulang tahun pernikahan mereka yang kelima. 

Nick berusaha mencari Amy dengan bantuan kepolisian, tetapi temuan investigasi malah mengarahkan dugaan kepada dirinya sebagai calon pelaku. Penduduk setempat juga mencurigainya setelah mengetahui bahwa Nick terbukti memiliki hubungan perselingkuhan.

Plot twist: Apakah Nick terlibat dalam peristiwa hilangnya Amy atau ada sesuatu yang lain?

10. Predestination (2014)

Di masa depan, kemajuan teknologi memungkinkan agen pemerintah untuk mencegah insiden kriminal dengan menjelajahi waktu. Sebagai bagian dari misi untuk menghentikan peristiwa pengeboman, seorang agen pemerintah bernama Doe (Ethan Hawke) ditugaskan.

Dalam perjalanannya, Doe bertemu seorang pemuda bernama John, yang sebelumnya adalah seorang perempuan. John menceritakan penderitaannya tersebut dan kebenciannya terhadap seorang laki-laki yang bertanggung jawab dalam menghancurkan hidupnya.

Doe pun menawarkan John kesempatan untuk membalas dendam dengan menjelajahi waktu. Dari situlah, mereka melintasi tahun bersama dan menemukan banyak kejutan.

Plot twist: Apakah John berhasil membalaskan dendamnya kepada laki-laki tersebut? Lalu, kejutan apa yang membuat Doe dan John tercengang?

11. Prisoners (2013)

Kehidupan keluarga Keller Dover (Hugh Jackman) berubah drastis setelah anak perempuan mereka yang berusia 6 tahun, Anna (Erin Gerasimovich), dan teman sebayanya hilang pada perayaan Thanksgiving. Keduanya diduga telah diculik berdasarkan hasil investigasi.

Detektif Loki (Jake Gyllenhaal), yang memimpin proses investigasi, menyoroti sebuah mobil RV rongsok mencurigakan di dekat tempat kejadian dan berhasil menangkap pemiliknya, Alex Jones (Paul Dano). Namun, tidak cukup bukti yang bisa membuktikan keterlibatannya.

Meskipun begitu, Keller Dover tetap curiga dan berencana untuk memberikan hukuman sendiri sampai Alex mengaku dan memberitahu keberadaan anaknya yang hilang.

Plot twist: Apakah kecurigaan Keller terhadap Alex adalah benar atau justru sebaliknya? Bagaimana pula nasib anaknya dan temannya yang diculik?

12. Shutter Island (2010)

Sebuah misi khusus menugaskan seorang marsekal asal Amerika, Teddy Daniels (Leonardo DiCaprio), dan rekannya, Chuck Aule (Mark Ruffalo), untuk mengunjungi Rumah Sakit Ashecliffe yang terletak di pulau terpencil bernama Shutter Island. 

Mereka diberi tugas untuk menyelidiki kasus hilangnya seorang pasien bernama Rachel Solando, seorang ibu yang secara misterius menenggelamkan tiga anaknya. Namun, proses investigasi tersebut justru mengguncang kondisi psikis Teddy hingga memburuk.

Plot twist: Apa yang menyebabkan Teddy mengalami guncangan kondisi psikis? Apakah ada hubungan antara dirinya dengan Rachel Solando? Atau, apakah ini hanya trik dari pihak rumah sakit jiwa yang berusaha menutupi kebenaran dari kasus tersebut?

13. Fight Club (1999)

Seorang tanpa nama (Edward Norton) mengisahkan kehidupannya yang membosankan dan bergulat dengan masalah insomnia. Namun, keadaannya mulai membaik ketika ia bertemu dengan seorang penjual sabun misterius bernama Tyler Durden (Brad Pitt).

Dari pertemuan mereka, lahirlah sebuah klub bertarung yang dibentuk bagi orang-orang yang sudah bosan dengan kehidupan mereka. Namun, sebuah konflik terjadi saat Maria Singer (Helena Bonham Carter) hadir dan menyebabkan masalah besar.

Plot twist: Siapakah Maria Singer dan Tyler Durden? Apakah ia diam-diam berencana menghancurkan klub bertarung tersebut?

Semua jawaban akan kamu temukan dengan menyaksikan tontonan di atas secara langsung. Namun, jangan berharap bahwa dugaanmu benar, karena plot cerita di atas jauh lebih kompleks daripada yang kamu bayangkan. Semoga kamu tetap menikmatinya, Bela!

IDN Channels

Latest from Inspiration