Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Berencana Salat Idulfitri di Istiqlal? Simak 5 Hal Penting Ini

Catat persiapan maksimalnya biar kebagian tempat, nih!

Ajenk Rama

Nuansa Hari Raya Idulfitri mulai terasa, umat muslim di Indonesia telah menjalani hampir setengah puasa Ramadan. Hampir 2 tahun, Masjid Istiqlal tidak mengadakan Salat Idul Fitri lantaran pandemi COVID-19. 

Tampaknya di tahun 2023, Masjid Istiqlal kembali mengadakan Salat Idul Fitri 1444 Hijriah. Mereka berbondong-bondong memadati area dalam Masjid agar kebagian dan mendapat tempat terbaik saat mengikuti Salat Idulfitri. 

Meski, area yang disediakan untuk salat nanti sebanyak lima lantai, tetap saja ada jamaah yang tidak kebagian. Lantas, bagaimana menyiasati agar tahun 2023 bisa Salat Idulfitri 1444 H di masjid terbesar se-Asia Tenggara? Catat baik-baik lima hal di bawah ini.  

1. Sebaiknya datang lebih awal

Thejakartapost.com

Melansir Kompas, Yusuf Fauzy selaku Humas Masjid Istiqlal mengungkapkan bahwa area salat di Masjid Istiqlal disediakan dari lantai utama hingga lima lantai. Namun, itu tentu penuh. 

Lalu, ada dua teras besar dan dipastikan akan penuh. Jika di dalam sudah terisi, maka di luar halaman menjadi alternatif bagi jamaah yang datang terlambat. Demi mengantisipasi tidak kebagian, sebaiknya umat Muslim yang ingin Salat Idulfitri di dalam Masjid Istiqlal datang lebih awal. 

Biasanya, Salat Idulfitri akan dimulai 06.30 WIB. Jika datang sekitar jam lima atau enam, sulit mendapatkan tempat terbaik di masjid bersejarah itu. Yusuf menyarankan agar umat muslim datang sebelum subuh agar mendapat shaf di dalam Masjid dan meraih pahala yang lebih besar. 

2. Membawa perlengkapan salat pribadi

Thejakartapost.com

Meski Masjid Istiqlal menyiapkan perlengkapan Salat untuk jamaah yang hadir, namun tak ada salahnya para jamaah tetap membawa alas Salat atau sajadah sendiri.Tak hanya alat salat, kamu juga perlu membawa koran atau alas untuk sajadah saat area dalam Masjid penuh.

Koran atau alas sajadah bisa kamu gunakan saat Salat Idulfitri di halaman Masjid. Selain untuk antisipasi, membawa perlengkapan salat sendiri membuat kamu lebih cepat untuk mengikuti jalannya ibadah seperti mendengarkan ceramaa sebelum salat Idulfitri. 

3. Mengikuti iktikaf atau berdiam diri di Masjid

Thejakartapost.com

Ada alternatif lain buat kamu yang kesulitan bangun pagi atau tinggal di luar Jabodetabek, kamu bisa mendapatkan tempat terbaik saat Salat Idul Fitri di Istiqlal dengan mengikuti iktikaf atau berdiam diri di Masjid. 

Berdiam diri atau iktikaf ini dilangsungkan selama 10 hari menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H. Tidak perlu khawatir dengan makan dan minum selama beriktikaf di Masjid Istiqlal, karena akan difasilitasi tempat istirahat yang nyaman, sahur dan berbuka puasa secara gratis. 

Apabila, kamu tertarik ikut iktikaf di Istiqlal bisa reservasi terlebih dahulu ke Sekretariat Masjid agar dilakukan pendataan secara akurat. Reservasi telah dibuka tanggal 7 April 2023. Selain mendapatkan pahala, kamu tidak perlu repot-repot datang pagi ke Masjid Istiqlal saat Salat Idul Fitri 1444 H diselenggarakan. 

4. Mencari penginapan yang dekat Masjid

Kayak.com

Jamaah yang ingin mengikuti Salat Idulfitri tidak hanya berasal dari Jabodetabek, tetapi juga luar daerah atau luar Indonesia. Buat kamu yang tidak melakukan iktikaf di Masjid, bisa mencari dan memesan penginapan di sekitar Istiqlal. 

Lantaran lokasinya dekat pusat kota Jakarta, rasanya tidak sulit menemukan penginapan di area tersebut. Namun sebaiknya dilakukan jauh-jauh hari, karena pasti penginapan akan penuh. 

5. Mencari lokasi parkir terdekat dengan Masjid

Sindonews.com

Lain halnya buat kamu yang datang ke Masjid Istiqlal dengan membawa kendaraan pribadi atau rombongan yang memakai kendaraan sewa, hal satu ini patut diperhatikan, yaitu lokasi parkir.

Pasalnya, mencari tempat parkir di Masjid Istiqlal saat Salat Idulfitri cukup menyita waktu. Kamu bisa mencari tahu dahulu sebelum memutuskan membawa kendaraan pribadi atau tidak. 

Ada sekitar empat lokasi parkir yang tidak jauh dari lokasi Masjid Istiqlal dan masih bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk memarkir kendaraan di area tersebut, yaitu Gereja Katedral, Lapangan Banteng, Kantor Kementerian Agama, atau Hotel Borobodur. Jangan lupa siapkan uang pas atau kartu e-money untuk membayar parkir. 

Apakah kamu tahun ini bakal Salat Idul Fitri 1444 H di Masjid Istiqlal, Bela? Persiapkan diri sebelum salat biar kebagian tempat, ya. 

IDN Channels

Latest from Inspiration