Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

[EKSKLUSIF] Ashira Zamita Kembali dengan Single "Kecelakaan Hati"

"Kecelakaan Hati" jadi OST serial "Pernikahan Dini"

Aisyah Banowati

Sudah lima tahun berlalu sejak Ashira Zamita mengeluarkan single remaja miliknya “Ku Cinta Nanti”. Kini, bersama label musik yang baru, Ashira Zamita kembali dengan single terbarunya yang berjudul “Kecelakaan Hati”. 

Tak pernah menyangka akan dijadikan OST untuk serial Pernikahan Dini, Ashira Zamita mengaku jika lagu ini sempat ditolak untuk masuk ke dalam rencana EP miliknya. Bersama POPBELA, Ashira Zamita menceritakan kisah di balik lagu “Kecelakaan Hati”.

1. Join label baru, melahirkan lagu baru

instagram.com/ashirazamita

Saat mengetikkan nama Ashira Zamita di kolom pencarian internet, kita dapat melihat deretan lagu yang pernah dinyanyikan mantan artis cilik ini. Namun, “Kecelakaan Hati” dapat dikatakan sebagai lagu kembalinya ia sebagai ‘penyanyi’ setelah lima tahun. 

Di tahun 2018, di bawah asuhan Alfarecords, Ashira Zamita mengeluarkan single debutnya “Ku Cinta Nanti”. Setelah kontraknya habis, ia sempat memutuskan untuk independen dan baru kembali menandatangani kontrak dengan major label di tahun 2022. 

“Sebenernya in the middle time aku punya single-single juga. Tapi beberapa jadi soundtracknya series-series aku, sempet rilis secara independen juga dan kayak nggak terlalu niat sih produksinya. Kayak rilis idealis aja. Cuman, untuk yang bener-bener secara komersil dan baru lagi bergabung ke major label tuh sekarang.”

2. Lirik berdasarkan pengalaman pribadi

instagram.com/ashirazamita

Nama Ashira Zamita bukan hanya dikreditkan sebagai penyanyi sebab lagu “Kecelakaan Hati” ia sendiri yang menulis liriknya. Ashira Zamita sendiri mengakui jika lagu ini ia tulis berdasarkan kisah pribadinya. 

“Kalau buat "Kecelakaan Hati" aku udah bikin lagunya dari 2019 yang berdasarkan kisah pribadi aku. Kayak curhatnya anak ABG gitu. Cuma, pada saat itu masih bingung mau publikasiin gimana, terus aku juga masih agak nggak pede dengan karya bahasa indonesia aku.”

3. Ditolak masuk ke dalam rencana EP miliknya

instagram.com/ashirazamita

Sebelum dibeli oleh MD Pictures untuk dijadikan OST serial Pernikahan Dini, lagu yang awalnya berjudul “Nyaman Jiwa” ini sempat ditolak untuk dimasukkan ke dalam rencana EP miliknya. 

“Pas 2023 aku sempet bikin demo. Tadinya mau dimasukin ke EP aku, cuma pada saat itu bukan jadi kandidat yang terkuat. Dari tim label selalu merasa ‘ah, bisa sih bikin lagu yang lebih bagus lagi’."

Seperti kata pepatah ‘rezeki tak akan kemana’, dering telepon dari MD Pictures dan Disney Hotstar yang mengabarkan mereka akan membeli lagunya seakan menjadi angin segar untuk Ashira Zamita. 

“Dari tim MD dan Disney Hotstar mereka memang pengen lagu yang indie-indie senja, folky-folky gitu. Dan ini kan pertama kali juga aku rilis lagu folk ballad. Mereka suka dan kebetulan cocok sama seriesnya juga, akhirnya dipake.”

4. Keterkaitan antara lagu dengan serial

instagram.com/ashirazamita

Sama seperti judulnya, Pernikahan Dini, serial ini menceritakan kehidupan Dini yang mendadak runyam akibat sebuah kecelakaan. Situasi semakin runyam ketika ia harus terlibat dalam cinta segitiga bersama Vincent dan Rayi. 

Di sisi lain, lagu “Kecelakaan Hati” milik Ashira Zamita sendiri mengisahkan tentang hubungan friendzone. Si tokoh utama dalam lagu ini bertanya-tanya tentang perasaannya sendiri, apakah perasaan ini adalah rasa cinta atau hanya nyaman saja?

Sama-sama berawal dari kecelakaan—meski dalam konteks yang berbeda—selalu ada pesan moral yang dapat dipetik dari sebuah peristiwa. “Jadi, benang merah antara lagu aku dengan serialnya adalah bagaimana kita memaknai hikmah dari sesuatu yang tidak kita sengaja dan akhirnya melukai kita.”

5. Proses kreatif di balik MV “Kecelakaan Hati”

instagram.com/ashirazamita

Dikemas dalam MV dengan latar suasana yang bahagia, sendu, marah, hingga putus asa bersama Nocturnal Projects, Ashira Zamita sendiri yang menjadi model utama dalam MV “Kecelakaan Hati”. Untuk mengaitkan dengan serial Pernikahan Dini, Ashira Zamita terlihat mengenakan seragam yang sama yang digunakan oleh karakter Dini.

“Kebetulan kemarin pas mau syuting video clip itu dari tim MD memperbolehkan aku untuk memakai seragam yang dipakai di "Pernikahan Dini". Jadi, kisahnya tuh kisah aku bukan kisah Dini, memang ceritanya tentang storyline yang udah kita godok sebagai Ashira Zamita. Cuman, untuk memberikan kaitan dengan serialnya aku pakailah si seragam itu.”

Lirik lagu "Kecelakaan Hati"

instagram.com/ashirazamita

Aku tenggelam
Dalam riuhnya suara hati
Yang mengatakan ku harus pergi
Pisahkan kita
Dari kata cinta

Aku berlari
Dari kenyataan yang berlalu
Pernyataan tentang perasaanku
Atas dirimu, kecelakaan hati

Tak seharusnya
Ku inginkanmu seperti ini
Karena kau sahabat ku sendiri
Ini bukan cinta
Ini nyaman jiwa

Mesti kupastikan
Bukan kamu yang kuperjuangkan
Meski saat ku dalam pelukan
Hatiku merayu, kamu yang ku mau
Sahabatku

Saat kau habiskan waktu dengannya
Kilau matamu, tak sesilau saat bersamaku

Dan harus kuyakinkan diriku
Bukan akulah yang engkau mau

Tapi saat kau dalam pelukan
Hangatmu memberiku harapan

Nama Ashira Zamita sendiri memang lebih dikenal sebagai aktris. Wajahnya sudah banyak wara-wiri di berbagai judul serial dan film Tanah Air. Sayangnya, masih sedikit yang mengenalnya sebagai penyanyi, ia pun mengakui jika sering kali karier akting dan menyanyinya tak berjalan seimbang. 

Tahun ini, Ashira Zamita bersyukur jika cukup bisa mem-balance keduanya. “Jadi, bisa dibilang selalu ping pong, nggak pernah dua-duanya jalan terus. Justru menurut aku tahun ini jadi tahun yang paling imbang, masih bisa menjalani dua-duanya.”

Sudah dengar lagu “Kecelakaan Hati” milik Ashira Zamita, Bela? Gimana, udah kamu masukin ke playlist galau kamu belum?

IDN Channels

Latest from Inspiration