Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Yuk, Hindari 5 Kebiasaan Ini Agar Kulit Tidak Mudah Iritasi!

Kebiasaan ini tanpa kamu sadari bisa membuat kulit iritasi!

Aulia Fitria

Hampir setiap orang pernah dihadapkan oleh berbagai permasalahan kulit, termasuk kulit iritasi. Umumnya, iritasi kulit ini kerap dialami oleh mereka yang memiliki kulit sensitif. Namun, iritasi kulit ini tidak hanya menimpa orang-orang yang terlahir dengan kulit sensitif saja.

Sebab, tanpa kamu sadari kebiasaan-kebiasaan seperti membiarkan diri terpapar oleh sinar matahari dalam waktu yang lama, mengonsumsi air putih dalam jumlah yang sedikit, tidak mencari tahu tentang produk perawatan kulit dan kosmetik yang ingin digunakan, kurang tidur, dan tidak mengelola stres dapat memicu terjadinya iritasi kulit.

Untuk mencari tahu informasi selengkapnya, simak artikel di bawah ini, yuk, Bela!

1. Membiarkan diri terpapar sinar matahari dalam waktu yang lama

pexels.com

Sinar matahari memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, termasuk untuk kesehatan kulit. Namun, membiarkan diri terpapar sinar matahari dalam waktu yang lama juga tidak baik, lantaran kulit bisa mengalami iritasi bahkan parahnya kulit bisa terbakar.

Untuk itu, apabila kamu ingin berjemur di bawah matahari, jangan lupa beri kulit perlindungan ekstra dengan menggunakan tabir surya agar kulit terbebas dari bahaya paparan sinar matahari.

2. Mengonsumsi air putih dalam jumlah yang sedikit

Image by pressfoto on Freepik

Mengonsumsi air putih merupakan rutinitas yang tidak boleh kamu lewatkan. Selain baik untuk kesehatan tubuh, mengonsumsi air putih juga begitu bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Namun, apa jadinya apabila tubuhmu kekurangan cairan? Ya, kamu akan mengalami dehidrasi. Dehidrasi tidak hanya membuat tubuh menjadi lemas, kulitmu juga berpotensi mengalami iritasi.

3. Tidak melakukan riset tentang produk perawatan kulit dan kosmetik yang ingin digunakan

freepik.com/benzoix

Sebelum membeli produk perawatan kulit dan kosmetik, ada baiknya untuk melakukan riset terlebih dahulu. Hal ini penting lantaran tidak semua produk kecantikan cocok untuk semua jenis, terlebih ketika kulitmu tergolong sensitif.

Gunakanlah produk kecantikan yang sesuai dengan jenis kulit dan permasalahan kulit yang sedang kamu alami. Sebab, ketidakcocokan terhadap produk kecantikan bisa membuat kulit iritasi.

4. Kurang tidur

freepik.com/stockking

Iritasi kulit tidak hanya disebabkan oleh pola makan dan ketidakcocokan terhadap produk kecantikan yang kamu gunakan saja, iritasi kulit juga bisa terjadi apabila kamu tidak istirahat dengan maksimal.

5. Tidak mengelola stres

pexels.com/andrea-piacquadio

Mengelola stres tak hanya penting untuk kesehatan mental dan fisik seseorang saja, tetapi juga penting untuk kesehatan kulit. Ketika kamu tidak bisa mengelola stres, tanpa sadar kulitmu ikut terpengaruh. Ya, perlahan-lahan jerawat mulai timbul di wajah.

Apabila kulitmu tidak ingin mudah iritasi, hindari kebiasaan ini, ya, Bela!

TOPIC

    IDN Channels

    Latest from Skin