Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Tak Hanya untuk Bibir, Ini Manfaat Peptide untuk Kulit 

Mulai dari memperkuat skin barrier hingga bahaya matahari.

Aulia Fitria

Kandungan peptide belakangan ini terus menjadi perbincangan lantaran membuat bibir menjadi tampak sehat dan lembap. Tidak berhenti sampai di sana, peptide juga mendorong pembentukan kolagen pada bibir. 

Melansir dari Healthline, peptide adalah asam amino yang membentuk berbagai protein. Meskipun pada dasarnya kandungan ini sudah ada di dalam kulit, kulit tetap membutuhkannya.

Tak hanya terdapat di dalam pelembap bibir saja, peptide juga bisa kamu temukan di dalam produk perawatan kulit lain. Lantas, apa saja manfaat peptide untuk kesehatan kulit, ya? Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini!

1. Memperkuat skin barrier

freepik.com

Seiring berkembangnya industri kecantikan saat ini, tak sulit bagi kamu untuk menemukan kandungan pada produk perawatan kulit yang berfungsi memperkuat skin barrier. Mulai dari ceramide, squalene, niacinamide, glycerin, serta hyaluronic acid.

Di samping kandungan-kandungan tersebut, masih ada kandungan lain dengan fungsi yang sama, yakni peptide.

2. Mengurangi kerutan pada kulit

Freepik.com/tiracharz

Munculnya kerutan pada kulit merupakan salah satu terjadinya tanda-tanda penuaan. Meskipun bisa dicegah dengan menggunakan produk anti aging saat masih muda, tak sedikit pula wanita yang mengalami masalah kulit ini.

Namun kamu tidak perlu khawatir, sebab kerutan pada kulit ini bisa diatasi perlahan-lahan dengan mengaplikasikan produk yang mengandung peptide. Kandungan kolagen yang bisa dihasilkan oleh penggunaan peptide ini dapat membuat kulit tampak kencang dan garis-garis halus menjadi tidak begitu terlihat jelas.

3. Meredakan peradangan

Zmescience.com

Peradangan terjadi karena infeksi, gangguan autoimun, hingga reaksi alergi. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya, salah satunya dengan menggunakan peptide di area yang terdampak. 

Selain dapat meredakan peradangan, peptide diketahui bisa memperbaiki kulit yang rusak serta meratakan warna kulit.

4. Mengatasi jerawat

Pexels.com/Anna Nekrashevich

Seperti yang kamu ketahui bahwa banyak sekali penyebab munculnya jerawat. Mulai dari ketidak cocokan terhadap produk perawatan kulit yang kamu gunakan, gaya hidup yang tidak sehat, hingga faktor hormon seseorang.

Namun kamu tidak perlu khawatir, sebab peptide bersifat antimikroba yang mana dapat membunuh bakteri penyebab munculnya jerawat sehingga tak sedikit yang menggunakannya untuk mengatasi jerawat yang membandel. 

5. Melindungi kulit dari bahaya paparan sinar matahari

Image by Lifestylememory on Freepik

Tak hanya memiliki segudang manfaat, paparan sinar matahari juga diketahui dapat merusak kulit. Kulit cenderung mengalami peradangan, melasma, hingga penuaan dini. Peptide yang bisa kamu temukan dengan mudah di dalam produk perawatan kulit dapat memberi perlindungan secara maksimal.

Itulah lima manfaat peptide yang bisa kamu peroleh untuk kesehatan kulit.

TOPIC

    IDN Channels

    Latest from Skin