Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ini Tanda Kalau Kamu Tidak Cocok dengan Micellar Water!

Kulit menjadi kusam hingga timbul jerawat

Aulia Fitria

Sebelum membersihkan wajah dengan sabun cuci muka, alangkah baiknya untuk membersihkan sisa-sisa makeup dan sunscreen yang menempel dengan menggunakan first cleanser terlebih dahulu. Seperti yang kamu ketahui, produk yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan wajah pada tahap pertama adalah cleansing balm, cleansing oil, dan micellar water.

Dari ketiga produk yang sudah disebutkan di atas, micellar water menjadi produk yang tergolong lebih familiar lantaran bisa ditemukan dengan mudah. Tidak hanya itu, micellar water juga memiliki harga yang cenderung lebih ramah di kantong. Namun, tidak semua kulit cocok dengan micellar water. Lantas, apa saja tanda-tanda apabila kulit tidak cocok dengan micellar water?

1. Kulit kusam

freepik.com/freepik

Ada banyak hal yang menyebabkan kulit berubah menjadi kusam, salah satunya adalah penumpukan sel-sel kulit mati. Sel-sel kulit mati ini bisa diatasi dengan melakukan eksfoliasi dan rutin membersihkan wajah dengan micellar water.

Namun, apabila kulitmu tidak cocok dengan micellar water, maka wajah bisa berubah menjadi kusam. 

2. Kulit iritasi

freepik.com/freepik

Ketika kulit terasa panas hingga muncul kemerahan setelah menggunakan micellar water, kamu perlu waspada, sebab kemungkinan besar kamu mengalami iritasi. Iritasi kulit akibat penggunaan micellar water ini bisa disebabkan oleh kandungan yang terdapat pada produk pembersih wajah yang ini.

Tidak berhenti sampai di sana, mengusap wajah dengan kapas terlalu keras juga bisa menjadi penyebab lain mengapa kulitmu mengalami iritasi.

3. Kulit gatal

unsplash.com/Curology

Hal lain yang menandakan apabila kamu tidak cocok dengan micellar water adalah kulit terasa gatal. Kulit gatal setelah penggunaan micellar water bisa diakibatkan oleh kandungan berupa pewangi yang kuat.

Umumnya, hal ini terjadi apabila persentase pewangi yang terkandung di dalam micellar water tergolong cukup tinggi. Untuk itu, kamu bisa beralih ke first cleanser yang tidak mengandung pewangi.

4. Kulit kering

Healthline.com

Kulit kering adalah masalah yang terjadi apabila lapisan epidermis tidak terhidrasi dengan baik. Apabila kulit terasa kasar, ketarik, sering gatal-gatal, hingga mengelupas maka bisa jadi kulitmu tengah kering.

Tak hanya disebabkan oleh perubahan cuaca, tidak mengonsumsi air yang cukup, serta mengidap penyakit tertentu, kulit kering juga bisa disebabkan oleh tidak cocok dengan produk perawatan kulit tertentu, seperti micellar water.

5. Muncul jerawat

pexels.com

Reaksi umum yang ditimbulkan apabila kulit tidak cocok dengan produk perawatan kulit atau kosmetik adalah muncul jerawat beberapa saat setelah kamu selesai menggunakan produk tersebut. Hal ini terjadi lantaran kulit, terlebih yang sensitif cenderung reaktif terhadap kandungan-kandungan tertentu.

Agar jerawat tidak bertambah parah, segera hentikan penggunaan micellar water dan berganti ke produk yang lebih lembut untuk kulit.

TOPIC

    IDN Channels

    Latest from Skin