Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Agar Kulit Sehat, Hindari Rutinitas Perawatan Kulit Ini Saat Pagi Hari

Mana yang pernah kamu lakukan, Bela?

Aulia Fitria

Merawat kulit merupakan rutinitas yang kerap dilakukan oleh perempuan baik pada pagi maupun malam hari. Umumnya, di pagi hari mereka hanya membersihkan wajah dengan sabun cuci muka, melembapkan wajah, dan mengaplikasikan sunscreen.

Namun, tahukah kamu ternyata ada rutinitas perawatan kulit di pagi hari yang perlu kamu hindari nih, Bela, lantaran beresiko menimbulkan masalah pada kulit. Lantas, apa saja rutinitas itu? Yuk, cari tahu di bawah ini!

1. Membersihkan wajah tidak dengan sabun cuci muka

Everydayhealth.com

Saat kamu tertidur, kulit wajah kerap terpapar oleh debu dari sarung bantal, minyak yang berasal dari rambut, hingga air liur. Oleh karena itu, membersihkan wajah di pagi hari dengan sabun cuci muka jadi hal yang tak boleh kamu lewatkan.

Apabila khawatir kulit kering akibat pemakaian sabun cuci muka, kamu bisa pilih sabun cuci muka yang lembut dan tidak memiliki banyak busa.

2. Mengaplikasikan terlalu banyak produk skincare

unsplash.com/Kalos Skincare

Alih-alih membuat kulit sehat, mengaplikasikan produk skincare terlalu banyak, terutama pada pagi hari ini tidak memberi manfaat sama sekali untuk kulitmu. 

Melansir dari Byrdie, mengaplikasikan terlalu banyak produk skincare terutama produk yang mengandung bahan aktif tidak disarankan. Alih-alih melayer bahan-bahan aktif, kamu bisa menggunakan antioksidan, vitamin C, pelembap atau serum yang mengandung hyaluronic acid, ceramide, niacinamide, serta glycerin, dan jangan lupa aplikasikan sunscreen.

3. Lupa mengaplikasikan sunscreen

pexels.com/Mikhail Nilov

Mengaplikasikan sunscreen menjadi rutinitas yang tak boleh kamu lewatkan. Sebab, tak hanya bisa melindungi kamu dari paparan sinar matahari, sunscreen juga bisa mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini dan bahaya kanker kulit.

Selain mengaplikasikan di wajah, kamu juga perlu mengaplikasikan sunscreen di area yang rentan terpapar sinar matahari seperti leher.

4. Mengeksfoliasi kulit

Pexels.com/Cottonbro

Pagi hari bukan waktu yang benar-benar tepat untuk mengeksfoliasi kulit, sebab, ketika kamu melakukan rutinitas ini di pagi hari, kulit menjadi lebih sensitif ketika terpapar oleh sinar matahari. 

Alih-alih melakukannya saat pagi, kamu bisa eksfoliasi kulit saat malam hari. 

5. Tidak menggunakan produk skincare yang mengandung antioksidan

healthline.com

Ketika kamu ingin beraktivitas di luar rumah resiko terpapar polusi udara, asap kendaraan, dan asap rokok cukup tinggi. Oleh karena itu, mengaplikasikan produk skincare yang mengandung antioksidan merupakan hal yang penting.

Sebab, antioksidan berperan besar dalam melindungi kulit dari paparan radikal bebas. 

TOPIC

    IDN Channels

    Latest from Skin