Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Cara Mencegah Kerutan di Leher yang Bisa Kamu Coba 

Dari memakai tabir surya hingga olahraga

Aulia Fitria

Hampir setiap perempuan yang sudah menginjak usia 40 tahun mungkin sudah mulai mengeluhkan tanda-tanda penuan. Dari sekian banyak tanda penuaan yang muncul, yang kerap membuat perempuan merasa tidak percaya diri adalah munculnya kerutan di area wajah dan juga leher.

Selain terjadi karena proses penuaan, kerutan pada wajah dan leher ini bisa muncul akibat beberapa faktor seperti jarang mengaplikasikan tabir surya, kurang tidur, hingga kekurangan vitamin A, C, dan E. 

Untuk mencegah kerutan di wajah, kamu bisa mengaplikasikan produk perawatan kulit yang mengandung retinoid serta rutin mengaplikasikan dan mengaplikasikan ulang tabir surya setiap dua jam sekali, terlebih ketika kamu kerap kali beraktivitas di luar rumah. Lantas, bagaimana cara mencegah kerutan di area leher?

1. Aplikasikan tabir surya

freepik.com

Tak hanya area wajah, kamu juga tidak boleh melewatkan area leher saat mengaplikasikan tabir surya. Hal ini penting untuk kamu lakukan, sebab leher juga rentan terkena penuaan dini. 

Tidak berhenti sampai di sana, agar kulit terlindungi dari paparan sinar matahari dengan optimal, kamu juga disarankan untuk mengaplikasikan ulang tabir surya setiap dua jam sekali agar kulit terbebas dari sunburn, penuaan dini hingga penyakit kulit berbahaya, yakni kanker kulit.

2. Memijat area leher dengan minyak kelapa

pexels.com

Langkah sederhana lainnya yang bisa kamu coba untuk mencegah kerutan di area leher adalah dengan mengaplikasikan minyak kelapa ke area leher, lalu pijat area leher perlahan-lahan selama beberapa menit agar leher bebas kerutan. Perlu kamu ketahui minyak kelapa ini mengandung kolagen dan kolagen ini berfungsi menjaga elastisitas kulit.

Selain minyak kelapa, kamu juga bisa mengaplikasikan minyak dengan kandungan alami lainnya seperti minyak zaitun. Pasalnya, minyak zaitun mengandung vitamin E dan vitamin E ini baik untuk kesehatan kulit.

3. Hindari tidur dengan bantal yang tinggi

pexels.com

Selanjutnya, saat tidur kamu bisa gunakan bantal yang tidak terlalu tinggi. Pasalnya, tak hanya bisa membuat kulit menjadi berkerut lantaran kulit leher menjadi terlipat, bantal yang tinggi juga bisa menyebabkan ketegangan otot di leher belakang, hingga bahu.

Alih-alih memilih bantal yang tinggi, kamu bisa memilih bantal yang sesuai dengan posisi tidurmu. Kamu juga bisa memilih bantal berdasarkan isinya. Sebab, bantal memiliki isi yang beragam, ada yang berisi busa, memory foam, lateks, wol, dan juga bulu angsa.

4. Konsumsi air putih

pexels.com/Karolina Grabowska

Jangan sepelekan air putih. Tak hanya mengatasi dehidrasi, air putih jika dikonsumsi dengan cukup dan teratur juga berdampak pada kesehatan kulit. Ya, air putih bisa membuat kulit menjadi lembap. Air putih juga dipercaya mampu mencegah kerutan di leher.

Hal ini terjadi lantaran air putih melengkapi kebutuhan jaringan kulit serta menjaga elastisitas kulit.

5. Olahraga

pexels.com

Olahraga memang baik untuk menjaga kebugaran. Olahraga juga dinilai mampu mengencangkan tubuh, termasuk area leher dengan cara membuang lemak di area leher. Apabila ingin memperoleh hasil yang maksimal, kamu bisa melakukannya dengan rutin.

Itulah cara sederhana dalam mencegah kerutan di area leher. Selamat mencoba, Bela!

IDN Channels

Latest from Skin