Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Manfaat Kopi untuk Rambut, Rontok Berkurang 

Bahan alami yang nggak boleh dilewatkan

Shavira Annisa

Kopi tidak hanya nikmat untuk dikonsumsi, tetapi juga bisa meningkatkan energi dan konsentrasi. Selain itu, kopi juga menyimpan banyak manfaat baik untuk tubuh, salah satunya untuk kesehatan rambut. 

Yups, nggak banyak yang tahu kalau kopi bisa membuat rambut jadi lebih sehat dan bebas dari rontok, lho. Nah, dalam artikel ini, Popbela akan membahas lebih dalam tujuh manfaat kopi untuk rambut. Simak, yuk! 

1. Merangsang pertumbuhan rambut

i.stock

Kafein dalam kopi bekerja sebagai stimulan yang mampu merangsang pertumbuhan rambut. Cara kerjanya adalah dengan merangsang sirkulasi darah di kulit kepala, yang memungkinkan lebih banyak nutrisi dan oksigen masuk ke folikel rambut. Hal ini dapat mempercepat pertumbuhan rambut serta meningkatkan ketebalan rambut.

2. Mencegah kerontokan rambut

uclahealth.org

Kerontokan rambut adalah masalah umum yang sering dialami oleh banyak orang. Kandungan kafein dalam kopi dapat membantu mengurangi kerontokan rambut dengan cara memperkuat akar rambut dan mencegah folikel rambut dari kerusakan. Kafein juga menekan produksi DHT (dihydrotestosterone), hormon yang dapat menyebabkan kerontokan rambut. 

3. Menghilangkan ketombe

allure.com

Ketombe bisa menjadi masalah yang memalukan dan mengganggu. Kopi dapat berperan sebagai exfoliator alami yang membantu membersihkan kulit kepala dari sel-sel kulit mati yang bisa menyebabkan ketombe. Dengan menggosokkan bubuk kopi secara perlahan ke kulit kepala, kamu bisa membantu membersihkan kulit kepala dan mencegah timbulnya ketombe yang disebabkan oleh penumpukan sel kulit mati.

4. Menambah kilau rambut

self.com

Jika kamu menginginkan rambut yang berkilau dan sehat, pengunaan kopi bisa menjadi solusinya. Adanya antioksidan dalam kopi membantu melawan kerusakan rambut akibat paparan sinar matahari dan polusi, sekaligus meningkatkan tekstur dan kilau alami rambut. Jadi rambut terlihat lebih sehat dan bercahaya. 

5. Menguatkan akar rambut

guirentang.com.

Kopi mengandung nutrisi yang dapat membantu menguatkan akar rambut dan mencegahnya dari kerontokan, lho. Menggunakan perawatan rambut dengan bahan utama kopi akan meningkatkan elastisitas rambut, membuatnya lebih kuat dan tidak mudah patah.

6. Menggelapkan warna rambut secara alami

latest-hairstyles.com

Jika kamu memiliki rambut cokelat atau hitam, kopi bisa menjadi pewarna alami yang memberikan nuansa lebih gelap dan mendalam pada rambut. Kopi bisa digunakan sebagai alternatif alami pewarna rambut kimia yang sering kali merusak rambut. Dengan merendam rambut dalam larutan kopi yang kuat,kamu bisa menambahkan intensitas warna pada rambut tanpa bahan kimia berbahaya. 

7. Mengatasi rambut berminyak

hairmdindia.com

Produksi minyak berlebih pada kulit kepala bisa menyebabkan rambut cepat lepek dan terlihat tidak segar. Kopi memiliki sifat astringent yang dapat membantu mengontrol produksi minyak berlebih di kulit kepala. Dengan rutin menggunakan scrub kopi pada kulit kepala, kamu bisa membantu membersihkan kulit kepala dari minyak berlebih. 

Bukan hanya nikmat, kopi juga menawarkan berbagai manfaat yang luar biasa untuk kesehatan rambut. Yuk, konsisten gunakan perawatan kopi dan rasakan perbedaannya pada rambutmu yang lebih sehat, kuat, dan indah! 

TOPIC

    IDN Channels

    Latest from Hair