Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Hal yang Perlu Kamu Lakukan Apabila Kulit Kepala Mengalami Sunburn

Sunburn tidak hanya terjadi di area wajah dan tubuh saja.

Aulia Fitria

Sunburn merupakan penyebab umum kulit mengalami kemerahan hingga iritasi akibat terpapar sinar matahari dalam waktu yang cukup lama. Di sisi lain, sunburn juga bisa terjadi lantaran kamu tidak melindungi kulit dengan tabir surya secara maksimal.

Namun, tahukah kamu bahwa sunburn tidak hanya terjadi pada kulit di area wajah dan tubuh saja? Ya, kulit kepala juga bisa mengalami sunburn. Namun, kamu tidak perlu khawatir apabila kondisi tersebut terjadi padamu, sebab Popbela sudah merangkum berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi sunburn di area kulit kepala!

1. Keramas dengan air dingin

pexels.com

Melansir dari Byrdie, langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi sunburn pada kulit kepala cukup mudah, yakni mandi dengan air dingin selama lima hingga dua puluh menit. 

Namun, lama kamu mandi bisa disesuaikan, tergantung seberapa parah sunburn yang kamu alami. Perlu kamu ketahui bahwa mandi air dingin ini dapat menghentikan proses peradangan pada kulit kepala.

2. Kompres kulit kepala dengan air dingin

alive.mblycdn.com

Selain mandi air dingin, kamu juga bisa mengompres area kulit kepala dengan air ingin. Air dingin disinyalir dapat meringankan luka akibat sunburn yang kamu alami.

Agar luka akibat sunburn mudah sembuh, kamu bisa menambahkan sedikit susu kedelai pada air kompresan yang ingin kamu gunakan, sebab susu kedelai bersifat anti peradangan.

3. Aplikasikan aloe vera gel pada kulit kepala

freepik.com/freepik

Seperti yang kamu ketahui aloe vera memiliki segudang manfaat untuk kulit, yakni menjaga kelembapan kulit, membuat kulit tampak begitu halus, mencerahkan, hingga memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan.

Lebih dari itu, aloe vera juga mampu mempercepat penyembuhan luka serta meredakan peradangan sehingga apabila kulit kepala dihadapkan oleh kondisi ini, kamu bisa aplikasikan aloe vera gel pada kulit kepala.

4. Aplikasikan krim hidrokortison

pexels.com/Anna Tarazevich

Apabila ketiga cara di atas tidak ampuh dalam mengatasi sunburn pada kulit kepala yang tengah kamu alami, maka tidak ada salahnya untuk mencoba mengaplikasikan krim hidrokortison.

Krim hidrokortison ini disebut-sebut mampu mengatasi berbagai permasalahan pada kulit, seperti gatal dan iritasi. Namun, penggunaan krim hidrokortison ini tidak bisa sembarangan. 

5. Menjaga kulit agar tetap lembap

Pexels.com/rawpixel

Setelah mengaplikasikan krim hidrokortison, kamu bisa menggunakan pelembap yang lembut di kulit agar kulit tetap terhidrasi. Di sisi lain, pelembap dengan kandungan seperti ceramide juga membantu mempercepat proses penyembuhan sunburn pada kulit kepala.

Untuk pengaplikasiannya, cukup aplikasikan secukupnya saja di area terdampak, ya, Bela!

TOPIC

    IDN Channels

    Latest from Hair