Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Yuk, Intip Gaya Parenting Kamu Berdasarkan Zodiak!

Siapa yang paling terbaik?

Nurul Hafiza Rizalia Putri

Berbagai gaya parenting bermunculan seiring berjalannya waktu, yang dipengaruhi oleh berbagai faktor mulai dari norma masyarakat hingga keyakinan pribadi. Salah satu pengaruh mengejutkan dalam pendekatan pengasuhan anak adalah zodiak, sebuah sistem astrologi yang menetapkan atribut berdasarkan tanggal lahir seseorang.

Popbela akan membahas tentang gaya parenting seseorang berdasarkan zodiaknya. Sekaligus kita akan sama-sama memahami bagaimana peran kita sebagai orangtua. Yuk, simak!

1. Aries (21 Maret - 19 April)

People.com

Ketika mengurus anak, Aries akan menunjukkan sisi berenergi dan ambisi yang luar biasa. Zodiak ini memancing agar buah hati mereka jadi aktif dan mandiri. Tetapi, orangtua Aries juga memiliki sisi protektif dan ambisius ketika mendukung anak mereka untuk mencapai tujuannya.

Orangtua berzodiak Aries akan memotivasi anak-anak mereka untuk menjalani tantangan dengan berani dan bersemangat dalam menyiapkan masa depan. Karena besarnya kekuatan zodiak ini, juga menunjukkan bahwa mereka sulit untuk bersikap sabar dan bereaksi emosional ketika dipancing.

2. Taurus (20 April - 20 Mei)

People.com

Jadi lambang kestabilan, Taurus dapat menjadi tempat yang aman bagi anak-anak mereka. Hal ini tentunya dipengaruhi kepribadian dari sosok Taurus ini.

Dengan sifat penyayangnya, zodiak akan memanjakan buah hati mereka dengan banyak hal, seperti memberikan makanan enak atau lingkungan yang nyaman. Meski begitu, hal ini dapat menjadikan mereka seseorang yang bersikeras mempertahankan pendapatnya.

3. Gemini (21 Mei - 20 Juni)

People.com

Penasaran dan komunikatif, Gemini cenderung mengutamakan kecerdasan, itulah gaya parenting mereka. Zodiak berelemen udara ini secara sadar akan melibatkan anak-anak mereka dalam pengajaran dan mendongeng,  yang sering kali menciptakan suasana yang hidup dan menstimulasi mental.

Selain mudah beradaptasi sekaligus menyesuaikan dengan kebutuhan anak yang selalu berubah, semangat mudanya membuat mereka ceria. Tapi di sisi gelap, pikiran mereka yang lincah dapat bersifat dualistik, yang dapat menimbulkan perasaan kebingungan dan inkonsistensi.

4. Cancer (21 Juni - 22Juli)

People.com

Didominasi oleh sifat keibuan, Cancer berkomitmen menjadi penguat dan pelindung bagi buah hatinya. Kepekaan dan rasa empati mereka menunjukkan alasan mendahulukan antisipasi dalam mengurus anak.

Membuat pola asuh yang diwarnai cinta kasih, mereka percaya untuk mengungkapkan isi hati yang sebenarnya. Tetapi, emosional Cancer dapat mengubah dari suportif menjadi protektif. Hal ini tentu menjadi cara mereka melindungi sang anak dari hal-hal buruk.

5. Leo (23 Juli-22 Agustus)

People.com

Menganggap buah hati sebagai sumber kebanggaan dan kebahagiaan, orang tua Leo sangat melindungi anak-anaknya. Zodiak ini menyerupai singa dari segi perilaku elegan dan pola asuhnya.

Orangtua Leo dikenal suka mengapresiasi agar meningkatkan rasa percaya diri buah hati mereka. Terkadang, mereka menjelma jadi dominan yang menimbulkan tuntutan terhadap anak-anaknya.

6. Virgo (23 Agustus-22 September)

People.com

Perfeksionis adalah gambaran kepribadian Virgo, orangtua berzodiak ini kerap kali mengutamakan prinsip teratur dalam pola asuhnya. Teliti pada detail, perhatian mereka  menunjukkan alasan pentingnya memprioritaskan pendidikan dan perkembangan diri anak-anaknya.

Virgo diketahui sangat memperhatikan kedisiplinan, dan juga mendidik perilaku tanggung jawab sejak dini. Tetapi, pola pikir mereka yang terlalu kritis menjadi tantangan tersendiri karena tingginya standar yang dituntut kepada buah hati mereka.

7. Libra (23 September-22 Oktober)

People.com

Orangtua Libra dominan mengutamakan sikap adil, sehingga menciptakan lingkungan yang nyaman bagi anak-anak mereka. Tanpa suasana ini, pola asuh Libra berperan sebagai solusi masalah hubungan persaudaraan.

Sisi positif yang timbul kerap mengelilingi buah hati mereka dengan hiburan. Namun, di lain sisi, sikap dominan menghindari konflik dapat menimbulkan keraguan dalam gaya parenting Libra

8. Scorpio (23 Oktober-21 November)

People.com

Dengan berorientasi pada aturan, pola asuh Scorpio cenderung bersifat dominan.
Zodiak ini memiliki keterikatan emosional sejak buah hatinya lahir. Orangtua Scorpio memprioritaskan sikap jujur ketika menghadapi tantangan yang disertai ambisi. Kejujuran harus diutamakan dalam berbagai situasi.

Meski sifat posesif ini dominan, orangtua berzodiak Scorpio ini sangat suportif terhadap anak-anaknya. Mereka akan terus menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan mental dan spiritual.  

9. Sagitarius (22 November-21 Desember)

People.com

Memiliki jiwa petualang, zodiak ini mempunyai rasa ingin tahu terhadap berbagai hal, termasuk tentang anak-anaknya. Berbagai aktivitas pun dilakukan, seperti belajar atau diskusi.

Dengan sikap optimis, zodiak ini menerapkan gaya parenting dengan memandang suatu hal dari berbagai sisi. Walaupun rasa bebas terhalang tuntutan sebagai orangtua, Sagitarius mempunyai sikap optimis dalam menjalani hidup.

10. Capricorn (22 Desember-19 Januari)

People.com

Menguatkan disiplin dan tanggung jawab dalam pola asuhnya, zodiak ini cenderung memiliki standar tinggi dalam mengasuh anak. Capricon dikenal dengan sikap profesionalnya, hal ini membuat mereka mendidik anak agar pantang menyerah dalam berjuang.

Meski mengutamakan perjuangan, zodiak ini kadangkala tampak tegas namun dibaliknya terdapat cinta kasih bagi buah hati mereka. Untuk Capricorn, mendidik anak perlu disertai dengan kekuatan dan integritas.

11. Aquarius (22 Januari-18 Februari)

People.com

Dalam mengasuh anak, Aquarius dikenal dengan caranya yang progresif. Tak hanya menjunjung kebebasan, zodiak ini mendidik nilai kemandirian bagi buah hati mereka.

Orangtua Aquarius menekankan nilai moral dalam keluarga, dan tak jarang mengenalkan beragam hal pada buah hati sejak dini. Meski kontra dengan suatu hal yang asing, zodiak ini berkomitmen untuk menanamkam kreativitas dalam mendidik anak.

12. Pisces (19 Februari-20 Maret)

people.com

Memiliki sikap pengertian, cara pendekatan orangtua Pisces patut diacungi jempol. Zodiak ini dikenal dengan ketulusan dan kemampuan menciptakan lingkungan keluarga yang positif bagi buah hati.

Sembari memotivasi buah hati meraih impian, Pisces juga menanamkan kemampuan imajinasi anak-anak mereka. Kelebihan dalam kreativitas menjadi tantangan ketika mengasuh anak, tetapi rasa peka zodiak ini sangat mengutamakan keselamatan buah hati mereka.

Pada dasarnya, setiap orangtua mempunyai kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda dalam membesarkan anak. Demikian, pembahasan gaya parenting berdasarkan zodiak ini bisa diambil baiknya dan buang buruknya.

IDN Channels

Latest from Zodiac