Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Sikap Terbaik Ketika Direndahkan Orang Lain

Jangan baper terus ya, Bela!

Ridho Agung Pangestu

Siapa sih, yang nggak baper ketika direndahkan oleh orang lain? Apalagi kalau itu dilakukan di tempat umum dan dilihat banyak orang.

Pasti rasanya kepala mendidih, emosi, dan ingin menumpahkan semua rasa tidak terima kepada orang yang merendahkan, ya. Tapi, benarkah itu adalah respons terbaik yang bisa dilakukan?

Sayangnya, melampiaskan emosi malah sering kali membuat suasana menjadi makin runyam dan tambah tidak nyaman. Nah, supaya hal tersebut nggak sampai terjadi, sebaiknya terapkan 5 sikap ini ketika direndahkan orang lain.

1. Coba lihat dari sudut pandang objektif

Freepik.com/freepik

Ketika mendapat ucapan tidak menyenangkan dari orang lain, sering kali langsung emosi dan merasa tidak terima. Hal ini bisa terjadi karena kamu dipenuhi berbagai pikiran subjektif atas diri sendiri. Padahal, sudut pandang subjektif terkadang tidak sesuai dengan kenyataan.

Jadi, daripada buru-buru baper, sebaiknya lihat kejadian tersebut dari sudut pandang objektif. Misalnya, kenapa sih, orang lain sampai merendahkan kamu? Apakah ada kesalahan yang pernah kamu buat? Jika iya, apakah kesalahan itu bisa kamu perbaiki kedepannya? Respons tersebut akan memberi efek yang lebih baik daripada jika kamu langsung marah.

2. Lihat siapa yang merendahkanmu

Pexels.com/Anna Shvets

Respons berikutnya adalah "lihat" dulu siapa yang merendahkanmu. Apakah dia memang punya kredibilitas atau hanya orang yang sekadar iseng saja? Jika orang itu iseng, nggak ada salahnya loh, untuk kamu anggap sebagai angin lalu saja.

Namun jika yang merendahkan ternyata orang yang kamu percayai kredibilitasnya, sebaiknya kamu mulai berpikir dua kali. Apakah dia sedang merendahkanmu atau malah sebenarnya sedang memberi kritik yang membangun?

Biasanya karena terlalu negative thinking, kritikan yang konstruktif diutarakan dengan cara lain yang bisa disalahpahami sebagai tindakan merendahkan.

3. Fokus pada sisi positif diri sendiri

pexels.com/Alexander Suhorucov

Sikap terbaik ketika direndahkan orang lain adalah dengan fokus pada sisi positif yang dimiliki diri sendiri. Tidak bisa dimungkiri, ketika direndahkan maka harga diri rasanya terluka. Seringnya, hal ini mengakibatkan kamu hanya bisa melihat berbagai hal negatif dalam dirimu.

Cara mengatasinya adalah jangan terlalu terapaku pada sisi negatifnya saja, tapi juga lihat potensi diri. Fokus jaga dan kembangkan sisi positif tersebut. Ingat bahwa kamu juga punya banyak hal baik di dalam dirimu.

4. Tegas memperjuangkan fakta

Pexels.com/Tirachard Kumtanom

Jika kamu merasa sikap merendahkan orang lain tidak sesuai fakta dan hanya menyebarkan berita tidak benar, jangan ragu untuk menjelaskan yang sebenarnya. Kamu harus memiliki keberanian untuk meluruskan fakta dan mengubah sudut pandang yang salah tersebut. Dengan ini, kamu tidak membiarkan rumor yang salah tentang kamu makin menyebar.

5. Lebih terbuka menerima kritik

Pexels.com/SHVETS production

Last but not least, jadilah pribadi yang lebih terbuka menerima kritikan. Sebenarnya, orang yang menilai kamu rendah terkadang secara tersirat juga menunjukkan kekurangan dalam diri kamu yang perlu dibenahi.

Nah, kamu bisa jadikan kritikan tersebut sebagai motivasi untuk memperbaiki diri. Tunjukkan bahwa kamu punya potensi yang bernilai dan tidak bisa direndahkan begitu saja.

Nah, itulah 5 sikap terbaik ketika direndahkan orang lain. Ingat ya, Bela, orang yang sedang merendahkan kamu tidak selalu lebih baik daripada dirimu. Tidak perlu terlalu baper dan dipikirkan, cukup pusatkan pikiran pada sesuatu yang bisa mengubah dirimu menjadi lebih baik. Semangat berprogres!

IDN Channels

Latest from Single