Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Mengenal Kepribadian INTJ, Si Ahli Strategi yang Suka Tantangan

Tipe kepribadian langka yang mandiri

Raden Putri

INTJ adalah salah satu tipe kepribadian berdasarkan pada indikator Myers-Briggs Type Indicator atau MBTI. Kepribadian INTJ ini merupakan singkatan dari Introverted, Intuitive, Thinking, dan Judging. Masing-masing dari tipe kepribadian ini memiliki karakteristik, kelebihan, dan kekurangannya masing-masing.

Orang dengan kepribadian INTJ hanya ada sekitar 1-4 persen dari populasi orang di dunia. Mereka yang memiliki kepribadian ini kerap dianggap sebagai orang yang paling mandiri di antara tipe MBTI lainnya. Mereka juga dikenal sebagai sosok yang analitis, kreatif, dan logis. Oleh karena itu, tipe MBTI ini kerap mendapat julukan sebagai "Si Ahli Strategi". Adapun tipe kepribadian ini dibedakan menjadi dua jenis, yaitu INTJ-A dan INTJ-A.

  • INTJ-T: Tipe kepribadian ini dikenal sebagai "Arsitek Tegas". Mereka cenderung lebih percaya diri terutama saat menghadapi pasang surut kehidupan.
  • INTJ-T: Tipe kepribadian ini dikenal sebagai "Arsitek Turbulen". Mereka memiliki kepedulian yang besar dan cenderung menggunakan perhatian ini untuk mengambil keuntungan untuk dirinya sendiri.

Lalu, seperti apa pengertian, karakteristik, kelebihan dan kekurangan kepribadian INTJ? Yuk, simak informasinya berikut ini!

Pengertian masing-masing karakter INTJ

Pexels.com/Tuấn Kiệt Jr.

Orang dengan kepribadian INTJ senang menganalisis suatu hal, memecahkan kode atau hal tersembunyi, dan merencanakan banyak kegiatan. Hal ini dilakukan agar semuanya berjalan sesuai dengan tujuan mereka. Bisa dibilang, mereka memiliki karakter yang dominan dan visioner dengan tujuan besar. Mereka juga tidak merasa keberatan untuk menghabiskan waktunya memikirkan cara untuk meraih mimpi.

INTJ adalah salah satu tipe kepribadian yang langka. Adapun pengertian dari masing-masing karakternya adalah sebagai berikut.

  • Introversion: Menyukai hal-hal yang lebih pribadi baik untuk diri sendiri maupun orang terdekatnya. 
  • Intuitive: Cenderung menyukai hal-hal yang abstrak daripada konkret atau nyata.
  • Thinking: Memutuskan sesuatu selalu berdasarkan logika dan fakta.
  • Judging: Tipe orang yang senang membuat perencanaan sebelum memulai sesuatu.

Karakteristik utama INTJ

Pexels.com/Christina Morillo

Selain disebut sebagai "Si Ahli Strategi', kepribadian INTJ juga kerap disebut sebagai "Sang Arsitek". Hal ini karena mereka senang merencanakan sesuatu sebelum melakukan kegiatan. Adapun karakteristik utama dari kepribadian ini adalah sebagai berikut.

1. Penyendiri

Pexels.com/Andre Furtado

Sosok yang memiliki kepribadian INTJ adalah seseorang yang introvert dan cenderung lebih suka menyendiri. Mereka lebih suka bekerja sendiri dan tidak mudah terbuka pada orang lain. Orang dengan tipe ini juga lebih senang berinteraksi secara personal atau dengan kelompok yang kecil.

2. Ahli strategi yang objektif

Pexels.com/Andre Furtado

Mereka adalah pemecah masalah yang cenderung mengutamakan informasi objektif ketimbang subjektif. Selain itu, mereka juga selalu memiliki tujuan untuk dicapai dan membuat perencanaan yang matang guna mencapai tujuannya.

3. Mandiri

Pexels.com/Bernard Lee

Karena memiliki kepribadian yang introvert, seorang INTJ cenderung mandiri dan lebih suka bertindak secara independen. Mereka biasanya tidak butuh banyak masukan dari orang lain karena telah mempersiapkan diri terlebih dahulu. Selain itu, mereka juga percaya pada kemampuannya sendiri dan selalu memberikan hasil yang optimal.

4. Suka tantangan

Pexels.com/Samuel Dostál

Karena mandiri dan senang mencari solusi, INTJ sangat menikmati pengalaman dan tantangan baru. Kebanyakan mereka juga suka melakukan hal yang berbeda dan tidak biasa untuk menghabiskan waktu.

5. Tidak takut mengambil risiko

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Karena menyukai tantangan, sosok INTJ juga tidak takut mengambil risiko. Mereka cenderung gemar menjalankan solusi berdasarkan pemikiran dan fakta yang diketahui.

Kelebihan dan Kekurangan INTJ

Pexels.com/Chevanon Photography

Setiap tipe kepribadian mbti pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Adapun kelebihan dari tipe kepribadian INTJ adalah sebagai berikut:

  • Objektif
  • Logis
  • Rasional
  • Percaya diri
  • Pekerja keras
  • Pendengar yang baik
  • Berorientasi pada masa depan
  • Bisa menerima kritik dengan baik

Sementara itu, kekurangan INTJ adalah sebagai berikut:

  • Kaku
  • Kurang sensitif
  • Sangat perfeksionis
  • Tidak suka membicara

Itulah rangkuman informasi mengenai kepribadian INTJ, pengertian, karakteristik, kelebihan, dan kekurangannya.

IDN Channels

Latest from Single