Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

50 Kata-Kata Mutiara Idulfitri, Penuh Makna dan Inspirasi

Mari sambut kemenangan di Hari Raya

Nurul Hafiza Rizalia Putri

Idulfitri adalah hari yang suci bagi umat muslim di seluruh dunia. Idulfitri bukan hanya menjadi momen untuk merayakan kemenangan setelah menjalani ibadah puasa saja, tetapi juga merupakan waktu yang tepat untuk menyebarkan kebahagiaan, saling memaafkan, dan mempererat tali persaudaraan.

Di tengah kesibukan persiapan Lebaran, mari kita ambil waktu sejenak untuk merenungkan makna dari kata-kata mutiara ini dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga kita dapat hari suci ini dengan penuh makna dan berbagi kebahagiaan dengan sesama.

Kata-kata mutiara Idulfitri hadir sebagai sumber inspirasi dan motivasi untuk mengingatkan kita akan pentingnya berbagi kebaikan, menjaga kedamaian, dan menyemangati satu sama lain di hari yang penuh berkah ini. Dari kutipan bijak yang menyentuh hati hingga motivasi yang untuk berbuat lebih baik, semuanya memberikan pelajaran berharga tentang keikhlasan, pengampunan, dan harapan untuk masa depan.

Popbela telah merangkum kumpulan kata-kata mutiara Idulfitri yang penuh makna sebagai berikut.

1. Kata-kata mutiara Idulfitri untuk memperdalam silaturahmi

Pexels.com/RDNE Stock project

1. "Jika Idulfitri adalah lentara, maka izinkanlah membuka takbirnya dengan maaf. Supaya cahaya yang fitri ini menembus jiwa dari tiap khilaf. Minal aidin wal faizin. Selamat Idulfitri 1445 H."

2. "Aku tidak memintamu untuk menjadi awan, karena aku takut kamu akan mendung. Aku juga tidak memintamu untuk menjadi bunga, karena aku takut kamu akan layu. Aku hanya memintamu untuk memaafkanku setulus hati. Selamat Idulfitri, mohon maaf lahir dan batin."

3. "Idulfitri yang agung, seagung kalimat Tayyibah, seagung dinul Islam yang kaffah, seagung silaturahim yang mengandung cinta dan kedamaian. Selamat  Idulfitri 1445 H, mohon maaf lahir dan batin."

4. "Kata-kata seindah zikir ter-alun bagaikan azan, berbaris rapi dalam shaf, bagaikan tentara bersenjata, hari kemenangan itu akan tiba, keihklasan yang merajai hati untuk saling memaafkan. Selamat Idulfitri 1445 H."

5. "Ucapan yang paling baik adalah 'Allah', lagu yang paling indah adalah 'Azan', referensi yang paling lengkap adalah 'Alquran', senam yang palig sehat adalah "Sholat", diet yang paling bagus adalah 'Puasa', kebersihan yang menyegarkan adalah 'Wudu', perbuatan yang paling mulia adalah 'Memaafkan'. Selamat hari raya Idulfitri 1445 H, mohon maaf lahir dan batin."

6. "Di beningnya hati ada keruhnya prasangka, disantunnya sapa ada celanya kata. Mohon maaf lahir dan batin bila itu pernah terasa. Selamat Idulfitri 1445 H."

7. "Sunset Ramadan beranjak pergi, berganti fajar syawal di pagi hari. Membawa cahaya kedamaian di penghujung Ramadan. Menebar berkah di Hari Kemenangan. Selamat Idulfitri, mohon maaf lahir batin."

8. "Bulan Ramadan akan menyucikan hati yang penuh dosa akan didapatkan kesempatan untuk kembali meraih ampunnya. Banyak salah dan dosa tercipta, Karena lisan dan perbuatan yang tak dapat dijaga, mohon ampun dan bukakanlah maaf sebesar-besarnya, dan izinkan untuk dapat mengungkapkan, Selamat Hari Taya Idulfitri, mohon maaf lahir dan batin."

9. "Sebening embun di pagi hari, dan seputih kapas tanpa biji, seperti itulah suasana hati ini. Berharap untuk selamanya seperti ini dengan pribadi yang terus positif sepanjang hari. Selamat Hari Raya Idulfitri, mohon maaf lahir dan batin."

10. "Setiap tangan yang bersalaman, setiap senyum yang terlukis, adalah pintu terbuka bagi kedamaian dan kebersamaan. Selamat Hari Taya Idulfitri, mari jaga silaturahmi dengan sepenuh hati."

2. Kata-kata mutiara Idulfitri penuh kehangatan

Pexels.com/RDNE Stock project

1. "Di hari yang fitri ini, mari kita sebarkan kehangatan dan kebersamaan kepada keluarga besar. Selamat Lebaran, semoga rahmat-Nya melimpah kepada kita semua."

2. "Di hari yang fitri ini, mari saling memaafkan setulus hati. Di hari yang fitri ini, semoga Allah menjadikan kita sebagai hamba-Nya yang lebih baik lagi. Selamat Idulfitri 1445 H."

3. "Tak ada untaian kalimat yang bisa menyenangkan hati setiap orang, tak ada kesempurnaan di dunia ini. Tak ada kesalahan yang tak termaafkan karena dia sang pemilik segalanya juga sangat pemaaf."

4. "Di tengah gema takbir, hati tertunduk untuk memohon maaf. Dari lisan yang tak terjaga, janji yang terabaikan, tingkah laku yang tidak berkenan serta hati yang berprasangka."

5. "Sucikan hati dengan zikir, cerahkan hati dengan pikir, teruslah bersyukur dengan menebar senyuman, dengan kerendahan hati saya mengucapkan Selamat Lebaran 1445 H."

6. "Bila kata merangkai dusta, bila langkah membekas lara, bila hati penuh prasangka, dan bila ada langkah yang menoreh luka, mohon bukakan pintu maaf. Selamat Idulfitri, mohon maaf lahir dan batin."

7. "Meski wajah tak mampu berjumpa, tangan tak bisa saling menjabat, semoga coretan kata ini mampu menjadi jembatan di hari penuh kemenangan. Taqabbalallahu minna wa minkum. Minal aidin wal faizin."

8. "Selamat Idulfitri, maaf lahir dan batin. Semoga kita selalu menjadi keluarga yang menghargai perbedaan dan saling mendukung dalam kebaikan."

9. "Selamat Idulfitri, semoga kita senantiasa menjadi keluarga yang bersemangat dalam menggapai cita-cita dan selalu berusaha menjadi pribadi yang lebih baik."

10. "Selamat Idulfitri, semoga kita senantiasa menjadi keluarga yang bersyukur atas segala nikmat yang Allah SWT berikan dan selalu berdoa untuk kebaikan bersama"

3. Kata-kata mutiara Idulfitri penuh doa dan harapan

Pexels.com/Thirdman

1. "Apabila jiwa sebening air, maka janganlah membuat keruh, apabila hati seputih awan, maka jangan membuat mendung. Raih kemenangan bersama dengan saling memaafkan."

2. "Jika jemari ini tak sempat untuk berjabat, seiring dengan beduk yang menggema, serta seruan takbir yang berkumandang. Tak ada hadiah terindah serta perilaku yang mulia selain maaf memaafkan. Taqabalallahu minna wa minkum.

3. "Terkadang lidah ini salah berucap, terkadang hati dan juga pandangan ini tidak selalu sejuk. Dari lubuk hati yang paling dalam, saya ucapkan mohon maaf lahir batin. Selamat Idulfitri 1445 H."

4. "Takbir telah berkumandang memecah keheningan malam, mengantarkan rasa syukur kepada-Nya. Esok kita akan menyambut hari kemenangan, hari yang Fitri. Taqabalallahu minna wa minkum, mohon maaf lahir dan batin.

5. "Meski beberapa kata yang pernah membuat luka, semoga tidak membuat tali silaturahmi ini putus. Selamat Idulfitri, mohon maaf lahir dan batin.

6. "Masih ada salah yang tersirat, terucap, dan terlakukan. Di hari yang penuh kesucian ini, mohonlah dimaafkan. Karena sesungguhnya tiada manusia yang tak luput dari salah dan tiada manusia yang sempurna."

7. "Selamat Idulfitri, semoga kita senantiasa diberikan kekuatan untuk memperbaiki diri dan menjadi pribadi yang lebih baik."

8. "Selamat Idulfitri, semoga kita senantiasa menjadi keluarga yang bersemangat dalam menghadapi tantangan hidup dan selalu memperjuangkan kebaikan."

9. "Selamat Idulfitri, maafkan segala kesalahan dan kekhilafan. Semoga kita senantiasa menjadi keluarga yang mampu mengatasi segala rintangan dan selalu meraih kesuksesan."

10. “Lihatlah ke luar, itu akan sangat menyenangkan. Matahari tersenyum untukmu, pohon-pohon menari untukmu, dan burung-burung bernyanyi untukmu. Itu semua karena aku meminta semua pada-Nya untukmu. Selamat Lebaran!” 

4. Kata-kata mutiara Idulfitri penuh makna kemenangan

Unsplash.com/Aurélien Lemasson-Théobald

1. "Selamat Idulfitri, hari kemenangan bagi mereka yang mengutamakan kebaikan dan perdamaian dalam segala hal."

2. "Di hari yang fitri ini, mari kita rasakan kemenangan atas segala rintangan dengan keberanian dan ketulusan hati."

3. "Selamat Idulfitri, hari kemenangan bagi mereka yang terus berusaha untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan bermanfaat bagi orang lain."

4. "Di hari yang fitri ini, mari kita rayakan kemenangan dengan hati yang penuh syukur dan jiwa yang tulus."

5. "Selamat Idulfitri, semoga kita senantiasa menjadi pribadi yang menjunjung tinggi nilai-nilai keadilan dan kesetaraan dalam kehidupan sehari-hari."

6. "Idulfitri akan segera tiba, jadi saya berharap kamu bahagia untuk merayakan! Semoga hari istimewa ini membawa kedamaian, kebahagiaan dan kesejahteraan untuk semua orang. Selamat Idulfitri."

7. "Semoga Allah memberkahi setiap harimu dengan kebahagiaan, setiap pekanmu dengan kemakmuran, setiap bulanmu dengan suka cita, dan setiap tahunmu dengan cinta dan kedamaian. Selamat Idulfitri!"

8. "Ketika tanganku tak sanggup merangkul orang untuk menjadi dekat, aku akan selalu memeluk mereka dengan doa. Semoga damai Allah selalu bersamamu. Selamat Lebaran untukmu."

9. "Selamat Idulfitri. Semoga Allah SWT menerima amal kami dan darimu (amal kita semua) dan semoga Allah SWT selalu memberikan kebaikan kepada kita sepanjang tahun dan selamanya."

10. "Selamat Idulfitri 1445 H bagi umat muslim yang merayakannya. Dengan berakhirnya bulan suci Ramadan semoga kita tetap terus berada di jalan-Nya dengan hati yang bersih dan saling memaafkan."

5. Kata-kata mutiara Idulfitri dalam bahasa Inggris dan terjemahan

Pexels.com/Alena Darmel

1. "May the magic of this Eid bring lots of happiness in your life and may you celebrate it with all your close friends and may it fill your heart with wonders."

(Semoga keajaiban di Idulfitri ini membawa banyak kebahagiaan dalam hidupmu dan semoga engkau merayakannya dengan semua teman dekatmu dan semoga hatimu senantiasa dipenuhi dengan keajaiban.)

2. "Happy Eid Mubarak. Let us forget our mistake in the past with all the forgiveness and may God gives us abundantly of happiness and prosperity ahead."

(Selamat Idulfitri. Mari kita lupakan kesalahan di masa lalu dengan maaf memaafkan dan semoga Allah memberikan kita kebahagiaan dan kemakmuran yang melimpah ke depannya.)

3. "A time for joy, a time for togetherness, a time to remember the blessings. May Allah bless you."

(Waktunya berbahagia, waktu untuk bersama, waktu untuk mengingat berkah. Semoga Allah memberkahimu.)

4. "Sometimes my hands make mistakes and my mouth speaks wrong words, so this time Im asking for your forgiveness. Happy Eid al-Fitr."

(Terkadang tanganku berbuat salah dan mulutku mengucap kata yang salah, maka kali ini aku meminta maafmu. Selamat Idulfitri.)

5. "May Allah flood your life with happiness, your heart with love, your mind with wisdom. Wishing you a very Happy Eid."

(Semoga Allah mengaliri hidupmu dengan kebahagiaan, mengaliri hatimu dengan rasa cinta, mengaliri pikiranmu dengan kearifan. Selamat Idul Fitri yang berbahagia.)

6. "It's more than just an Eid wish, more than a message too, for it comes with warm and loving thoughts because its meant for you."

(Lebih dari sekedar harapan Idulfitri, lebih dari sekadar pesan juga, karena ini disertai dengan pikiran hangat dan penuh kasih yang dimaksudkan untukmu.)

7. "In every shared smile and laughter, In every silent prayer answered, In every opportunity that comes your way may Allah bless you Greatly."

(Dalam setiap senyum dan tawa bersama, dalam setiap untaian doa, dalam setiap kesempatan yang datang menyapa Semoga Allah memberikan berkah yang luar biasa kepadamu.)

8. "May every blossom in the garden of life brighten our Eid with joy and fill our days with the sweet fragrance of happiness. Eid Mubarak everyone."

(Semoga setiap mekar di taman kehidupan ini mencerahkan Idulfitri kita dengan sukacita dan mengisi hari-hari dengan harumnya kebahagiaan yang manis. Selamat Idulfitri semua.)

9. "Eid days are meant to celebrate the goals, and the achievements that makes you happiest. The ideals you believe in, the dream you. Love the best. Happy Eid Mubarak to you!"

(Hari raya dimaksudkan untuk merayakan tujuan, dan segala pencapaian yang membuat kamu bahagia. Hal-hal yang kamu yakini, begitu juga dengan mimpi. Tapi cinta selalu jadi yang terbaik. Selamat Idulfitri untukmu!)

10. "The most noble man is one who forgives the mistakes of others. On this glorious day, I apologize for any wrong. Eid Mubarak."

(Manusia paling mulia adalah yang dapat memaafkan kesalahan orang lain. Pada hari yang mulia ini, saya mohon maaf atas segala salah. Selamat Idulfitri.)

Itulah deretan kata-kata mutiara Idulfitri. Akhir kata, semoga Ibadah puasa kita tahun ini diterima oleh Allah SWT, sementara kita bersiap-siap menyambut hari raya Idulfitri dengan saling memaafkan satu sama lain.

IDN Channels

Latest from Single