Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Doa untuk Orang Tua agar Sehat Selalu dan Panjang Umur

Mari amalkan bakti kita kepada orang tua

Nurul Hafiza Rizalia Putri

Doa untuk orang tua agar sehat selalu adalah salah satu bentuk kasih sayang dan bakti yang paling tulus. Dalam kehidupan sehari-hari, doa menjadi media yang kuat untuk memohon kesehatan, keberkahan, dan perlindungan bagi mereka yang telah membesarkan dan merawat kita sejak kecil.

Kesehatan orang tua merupakan salah satu hal terpenting bagi setiap anak. Ketika orang tua dalam keadaan sehat, maka mereka dapat menjalani kehidupan yang lebih bahagia dan nyaman. Dengan kumpulan doa ini, kita berharap agar mereka selalu diberikan kekuatan dan kesehatan dalam menjalani kehidupan.

Yuk, mari amalkan doa untuk orang tua agar sehat selalu dan panjang umur yang telah dirangkum Popbela sebagai berikut.

1. Doa untuk orang tua agar sehat selalu dan diberi ampunan

Pinterest.com

رَبَّنَا اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَلِلْمُؤْمِنِيْنَ يَوْمَ يَقُوْمُ الْحِسَابُ

Rabbanagfir lī wa liwālidayya wa lil-mu'minīna yauma yaqūmul-hisāb(u).

Artinya:

"Ya Tuhan kami, ampunilah aku, kedua orang tuaku, dan orang-orang mukmin pada hari diadakan perhitungan (hari kiamat).”

2. Doa untuk orang tua agar diberi kesehatan dan keselamatan

Pexels.com/RDNE Stock project

اللهم ارزقني ووالدي يا الله العافية والسلامة

Allahummarzuqni wa walidayya ya Allah al- 'afiyah was-salamah

Artinya:

"Ya Allah, berikanlah kesehatan dan keselamatan bagiku dan kedua orang tuaku."

3. Doa untuk orang tua agar sehat selalu dan panjang umur

Freepik.com/freepik

اللهم أطل عمر والدي وأحسن خاتمته واغفر له وارحمه واجعله من أهل الجنة

Allahumma atil umara walidaya wa ahsin khatimatuhu, waghfirlahu warhamhu, waj'alhu min ahlil jannah.

Artinya:

"Ya Allah, panjangkanlah umur orang tuaku dan berikanlah kebahagiaan pada akhir hidupnya, ampunilah dosanya dan berikanlah rahmat-Mu, serta jadikanlah dia sebagai penghuni surga-Mu."

4. Doa untuk orang tua agar diberi kesembuhan

Pexels.com/Thirdman

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ اَذْهِبِ الْبَاْسَ وَاشْفِهُ وانْتَ الشَّافِى لاَ شِفَاءَ اِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

Allahumma robbannaasi adzhibil ba'sa wasy fihu, wa antas syaafi, laa syifaa-a illa syfaauka, syifaan laa yughaadiru saqaama.

Artinya:

"Ya Allah, Tuhan manusia, hilangkanlah kesusahan dan berikanlah dia kesembuhan, Engkau Dzat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain."

5. Doa agar orang tua sehat selalu serta diberi pertolongan

ar.inspiredpencil.com

اللهُمَّ اغْفِرْ لِي ذُنُوبِي وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا. وَلِجَمِيعِ الْمُسْلِمِينَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ، الأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالأَمْوَاتِ، وَتَابِعُ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ بِالْخَيْرَاتِ، رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَأَنْتَ خَيْرُ الرَّاحِمِينَ، وَلا حَوْلَ وَلا قُوَّةَ الأَ بِاللهِ الْعَلِيَّ الْعَظِيمِ

Allahummaghfirli dzunuubi waliwaalidayya warhamhumaa kamaa robbayaanii shoghiiron. Walijamii'il muslimiina wal muslimaati, wal mu'miniina wal mukminaati al ahya al minhum wal amwaati, wataabi' bainana wa bainahum bil khoiraati, robbighfir warham wa anta khoirur roohimiin, walaa haula walaa quwwata illaa billaahil 'aliyyil adhiimi.

Artinya:

"Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, dan kasihanilah keduanya itu sebagaimana beliau berdua merawatku ketika aku masih kecil."

"Begitu juga kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat, semua orang yang beriman, laki-laki maupun perempuan yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia, dan ikutkanlah di antara kami dan mereka dengan kebaikan."

"Ya Allah, berilah ampun dan belas kasihanilah karena Engkaulah Tuhan yang lebih berbelas kasih dan tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan-Mu."

6. Doa agar orang tua sehat selalu dari surah An-Nuh

Pexels.com/Thirdman

رَّبِّ ٱغْفِرْ لِى وَلِوَٰلِدَىَّ وَلِمَن دَخَلَ بَيْتِىَ مُؤْمِنًا وَلِلْمُؤْمِنِينَ وَٱلْمُؤْمِنَٰتِ وَلَا تَزِدِ ٱلظَّٰلِمِينَ إِلَّا تَبَارًۢا

Rabbigfir lī wa liwālidayya wa liman dakhala baitiya mu`minaw wa lil-mu`minīna wal-mu`mināt, wa lā tazidiz-zālimīna illā tabārā

Artinya:

"Ya Tuhanku! Ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim itu selain kebinasaan." (QS. An-Nuh: 28)

Kewajiban mendoakan orang tua dalam Islam

Hijabist.com

Orang tua mempunyai kedudukan yang sangat tinggi dalam Islam. Di dalam Alquran, Allah memerintahkan kita untuk menghormati dan berbakti kepada orang tua, dan menunjukkan kebaikan serta kesabaran terhadap mereka.

“Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu tidak menyembah selain Dia, dan berbuat baiklah kepada orang tuamu. Jika salah satu atau keduanya mencapai usia tua bersamamu, jangan ucapkan kata-kata yang menunjukkan ketidaksabaran terhadap mereka, dan jangan kasar terhadap mereka, tetapi berbicaralah kepada mereka dengan hormat.” (QS. Al Isra: 23)

Salah satu cara terbaik untuk mengabdi kepada orang tua adalah dengan mendoakannya, bahkan meski mereka tidak lagi bersama kita, karena hal ini akan terus memberikan manfaat bagi mereka. Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Ketika manusia meninggal dunia, maka berhentilah amalnya kecuali tiga hal: sedekah yang terus-menerus, ilmu yang bermanfaat, atau anak saleh yang mendoakannya.” (Shahih Muslim)

Itulah kumpulan doa untuk orang tua agar sehat selalu. Dengan mengamalkan doa-doa ini, kita tidak hanya menunjukkan rasa sayang dan bakti kepada orang tua, tetapi juga memperkuat hubungan spiritual kita dengan sang pencipta. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kesehatan dan kebahagiaan kepada orang tua kita.

IDN Channels

Latest from Single