Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Doa untuk Anak yang Jauh dari Orangtua Beserta Artinya

Iringi doa di setiap perjalanan sang anak

Nurul Hafiza Rizalia Putri

Ketika anak berpisah jauh dari orangtuanya, entah untuk menempuh pendidikan atau bekerja, adanya doa dari orangtua merupakan salah satu bentuk dukungan yang tak ternilai harganya. Doa tidak hanya menjadi ungkapan harapan, tetapi juga menjadi sumber kekuatan dan ketenangan bagi anak yang menjalani hari-harinya yang jauh dari kehangatan keluarga.

Meski terpisah jauh secara fisik, dengan berdoa akan selalu menghubungkan hati anak dengan orangtuanya. Hal ini juga menjadi pengingat bagi anak bahwa di tengah kesibukan dan tantangan kehidupan, mereka selalu dikelilingi oleh cinta dan perhatian dari orangtua yang tak terbatas.

Dalam momen-momen kesendirian, doa dari orangtua menjadi pendorong semangat dan kekuatan batin yang membantu anak mengatasi setiap rintangan yang dihadapinya. Popbela telah merangkum kumpulan doa untuk anak yang jauh dari orangtua dari beberapa sumber berikut ini.

1. Doa untuk perlindungan anak

Pexels.com/Thirdman

Kita memohon perlindungan kepada Allah SWT, Yang Maha Melindungi dan Maha Mengetahui. Nabi Muhammad SAW biasa memohon perlindungan Allah untuk Al-Hasan dan Al-Husain dengan membaca doa ini.

أُعِيذُكُمَا بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّةِ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّ ةٍ، وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لاَمَّةٍ

Artinya:

“Aku memohon perlindungan bagimu dengan Kalimat Allah yang Sempurna dari setiap setan dan setiap binatang buas, dan dari setiap mata dengki yang tercela.”

2. Doa untuk kesehatan anak

Pexels.com/Anna Tarazevich

Doa ini juga dapat dibaca ketika anak-anak atau seseorang sedang sakit dan membutuhkan kesembuhan. Rasulullah biasa membaca doa ini setiap kali beliau mengunjungi orang sakit.

اللَّهُمَّرَبَّ النَّاسِ، أَذْهِبِ البَأْسَ رَبَّ النَّاسِ، اشْفِ وَأَنْ تَ الشَّافِي لاَ شِفَاءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ، شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

Artinya:

“Ya Allah, Tuhan umat manusia, hilangkanlah penyakit ini. Sembuhkan dia karena Engkaulah yang menyembuhkan. Tidak ada obat yang dapat disembuhkan selain dari pada-Mu, obat yang tidak meninggalkan penyakit.” (Sahih Al-Bukhari)

3. Doa untuk kecerdasan dan kepintaran anak

Pexels.com/RDNE Stock project

Doa ini dikutip dari Kitab Doa Mustajab Terlengkap: Bahasa Arab, Latin, dan Terjemahannya oleh Ustaz H.Amrin Ali Al-Kasyaf, sebagaimana yang dilansir dari laman detikhikmah.

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ عَبْدِكَ وَرَسُوْلِكَ نَبِيِّ الرَّحْمَةِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ عَدَدَ مَا اَحَاطَ بِهِ عِلْمُكَ وَجَرَى بِهِ قَلَمُكَ وَتَفَذَ به حُكْمُكَ. اللَّهُمَّ يَا مَنْ بِيَدِهِ حَزَائِنُ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ وَمَنْ يَقُولُ لِلشَّيْءٍ كُنْ فَيَكُونُ اَسْتَلُكَ أَنْ تُصَلِّيَ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَأَنْ تَعَافِيَنِي مِنَ الدَّيْنِ وَتَغْنِي مِنَ الْفَقْرِ وَأَنْ تَرْزُقَنى رِزْقًا حَلالاً وَاسِعًا مُبَارَكًا فِيْهِ وَأَنْ تَقْضِيَ جَمِيْعَ حَاجَتِي وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ.

Artinya:

"Ya Allah, limpahkanlah rahmat-Mu kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW, seorang hamba sekaligus rasul-Mu, nabi pembawa rahmat; dan kepada semua keluarga serta sahabatnya. Limpahkan kesejahteraan sebanyak bilangan sesuatu yang berada di bawah pengetahuan-Mu dan selaras dengan perjalanan pena-Mu, serta sesampainya hukum-Mu karenanya. Ya Allah, wahai Dzat Yang Maha Menguasai rahasia-rahasia langit dan bumi, wahai Dzat Yang Maha Menghendaki berkata kepada sesuatu dengan kun fayakun (jadi, maka jadilah), aku memohon agar hendaknya Engkau melimpahkan rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW, dan kepada semua keluarganya, serta hendaknya Engkau menyelamatkan diriku dari utang, hendaklah Engkau memberi kecukupan kepadaku dari kefakiran, dan melimpahkan rezeki kepadaku yang halal lagi luas, mengandung keberkahan di dalamnya. Hendaklah Engkau meluluskan semua hajat dan keperluanku, serta semoga Engkau senantiasa melimpahkan rahmat dan salam kesejahteraan-Mu kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW, dan semua keuarga serta sahabatnya."

4. Doa agar anak terhindar dari kemaksiatan

Pexels.com/Thirdman

اللَّهُمَّ اجْعَلْنِي أَحْشَاكَ حَتَّى كَأَيِّ أَرَاكَ وَأَسْعِدْنِي بِتَفْوَاكَ وَلَا تَجْعَلْنِي بمَعْصِيَتِكَ مَطْرُوْدًا وَرَضّنِي بِقَضَاءِكَ وَبَارِكْ لِي فِي قَدْرِكَ وَانْصُرْنِي عَلَى مَنْ ظَلَمَنِي وَأَرِنِي فِيْهِ تَأْرِيْ وَأَقِرَّ بِذَالِكَ عَيْنِيْ

Artinya:

"Ya Allah, jadikanlah aku orang yang takut kepada-Mu, sehingga selah-olah aku melihat Engkau, dan berilah aku kebahagiaan dengan takwa kepada-Mu. Janganlah Engkau menjadikan aku sebagai orang yang tertolak disebabkan maksiatku kepada-Mu. Jadikanlah aku rela dengan segala ketentuan-ketentuan-Mu. Berkahilah sesuatu yang telah Engkau berikan kepadaku, tolonglah aku dalam menghadapi orang- orang yang menganiyaku, dan tunjukkanlah padaku pembalasan pada orang-orang itu hingga menyejukkan mataku."

5. Doa untuk anak yang jauh dari orangtua

Pexels.com/Anastasia Shuraeva

اَللَّهُمَّ امْلَأْ قُلُوْبَ أَوْلَادِنَا نُوْرًا وَحِكْمَةً وَأَهْلِهِمْ لِقَبُوْلِ نِعْمَةٍ وَاَصْلِحْهُمْ وَاَصْلِحْ بِهِمُ الْأُمَّةَ

Artinya:

"Ya Allah, penuhilah hati anak-anak kami dengan cahaya dan hikmah, dan jadikan mereka hamba-hamba-Mu yang pantas menerima nikmat, dan perbaikilah diri mereka dan perbaiki pula umat ini melalui mereka."

6. Doa agar anak betah di tempat barunya

Pexels.com/Pavel Danilyuk

رَبَّنَآ اِنِّيْٓ اَسْكَنْتُ مِنْ ذُرِّيَّتِيْ بِوَادٍ غَيْرِ ذِيْ زَرْعٍ عِنْدَ بَيْتِكَ الْمُحَرَّمِۙ رَبَّنَا لِيُقِيْمُوا الصَّلٰوةَ فَاجْعَلْ اَفْـِٕدَةً مِّنَ النَّاسِ تَهْوِيْٓ اِلَيْهِمْ وَارْزُقْهُمْ مِّنَ الثَّمَرٰتِ لَعَلَّهُمْ يَشْكُرُوْنَ

Artinya:

"Ya Tuhan kami, sesungguhnya aku telah menempatkan sebagian keturunanku di lembah yang tidak ada tanamannya [dan berada] di sisi rumah-Mu [Baitullah] yang dihormati. Ya Tuhan kami, [demikian itu kami lakukan] agar mereka melaksanakan salat. Maka, jadikanlah hati sebagian manusia cenderung kepada mereka dan anugerahilah mereka rezeki dari buah-buahan. Mudah-mudahan mereka bersyukur," (QS. Ibrahim [14]: 37).

7. Doa agar anak selalu mendapat pertolongan

Freepik.com/freepik

اللَّهُمَّ إِنِّى تَوَكَّلْتُ عَلَى الحَرِّ الَّذِى لا يَمُوتُ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي لَمْ يَتَّخِذْ وَلَدًا وَلَمْ يَكُنْ لَّهُ شَرِيْكٌ فِي الْمُلْكِ وَلَمْ يَكُنْ لَّهُ وَلِيٌّ مِنَ الذُّلِّ وَكَبِّرهُ تَكْبِيرًا

Artinya:

"Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada Dzat Yang Maha Hidup yang tidak pernah mati, segala puji bagi Allah yang tidak mempunyai anak dan tidak memiliki sekutu dalam kerajaan-Nya dan tidak mempunyai penolong (untuk menjaga-Nya) dari kehinaan. Dan agungkanlah Dia dengan pengagungan yang sebenar-benarnya." (HR. Ahmad dan Thabrani)

8. Doa agar anak selalu mendirikan salat

Freepik.com/wayhomestudio

رَبِّ ٱجْعَلْنِى مُقِيمَ ٱلصَّلَوٰةِ وَمِن ذُرِّيَّتِى ۚ رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَآءِ

Artinya:

"Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan salat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku."

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ العَجْزِ وَالكَسَلِ، وَالجُبْنِ وَالبُخْلِ وَالهَرَمِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ القَبْرِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ المَحْيَا وَالمَمَاتِ

Artinya: 

"Ya Allah aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan rasa malas, rasa takut, kejelekan di waktu tua dan sifat kikir. Dan aku juga berlindung kepada-Mu dari siksa kubur serta bencana kehidupan dan kematian."

9. Doa agar anak semangat belajar

Freepik.com/rawpixel.com

بِسْمِ اللهِ مَا شَاءَ اللهُ لاَ قُوَّةَ إِلا بِاللهِ مَا شَاءَ اللَّهُ كُلُّ نِعْمَةٍ مِنَ اللَّهِ مَا شَاءَ اللهُ الخَيْرُ كُلُّهُ بِيَدِ اللهِ مَا شَآءَ اللَّهُ لَا يَصْرِفُ السُّوْءِ إِلَّا اللَّه

Artinya:

"Dengan nama Allah, segala sesuatu atas kehendak Allah, tidak ada kekuatan kecuali dengan izin Allah. Segala sesuatu atas kehendak Allah, segala kenikmatan dari Allah. Segala sesuatu atas kehendak Allah, segala kebaikan berkat kekuasaan Allah. Segala sesuatu atas kehendak Allah, tiada yang dapat menghilangkan kejahatan kecuali Allah."

Itulah kumpulan doa untuk anak yang sedang jauh dari orangtua. Semoga Allah senantiasa memberi keselamatan dan kenikmatan di perjalanan mereka.

IDN Channels

Latest from Single