Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Cara Meminta Maaf kepada Teman Lewat Chat

Agar hubungan pertemananmu membaik

Nurul Hafiza Rizalia Putri

Meminta maaf kepada teman lewat chat bisa menjadi tantangan tersendiri, karena memerlukan ketulusan dan kejelasan untuk memastikan maksud kita tersampaikan dengan baik. Komunikasi yang baik adalah kunci dalam mempertahankan hubungan pertemanan.

Ketika kesalahan terjadi, langkah pertama yang harus diambil adalah mengakui kesalahan tersebut dan menunjukkan keinginan untuk memperbaiki keadaan. Dengan begitu, kita bisa lebih mudah menjalin kembali hubungan yang mungkin sempat renggang karena kesalahpahaman atau tindakan yang tidak disengaja.

Langkah lebih jelasnya, yuk ikuti cara meminta maaf kepada teman lewat chat dengan tulus untuk memperbaiki hubungan.

1. Pilih waktu yang tepat

Pexels.com/ira dulger

Saat hendak meminta maaf, tentu harus memilih momen yang tepat. Saat temanmu di situasi rumit, hal ini membuat chat-mu nggak ditanggapi dan memperburuk suasana. Maka dari itu, tentukan momen yang pas untuk meminta maaf. Dengan begitu, kesempatan untuk memperbaiki hubungan pertemanan akan lebih besar.

Berkomunikasi di momen yang tepat, menunjukkan sikap menghargai keadaan orang lain. Selain itu, trik ini dapat membuka kesempatan berkomunikasi dengan baik. 

2. Ucapkan kata maaf dengan jelas

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Cara meminta maaf kepada teman lewat chat selajutnya adalah ucapkan maaf dengan jelas. Nggak peduli siapa orangnya atau apa yang sudah kamu lakukan, mulailah dengan satu kata yang paling sulit diucapkan, yaitu kata "maaf". Jelaskan kalau kamu sudah menyakiti mereka, dan kamu menyesal. Seperti ini contohnya:

  • "Aku benar-benar membuat kesalahan saat aku..."
  • "Aku seharusnya tidak…"
  • "Aku merasa tidak enak karena aku…"
  • "Aku salah karena…"

3. Berempati

Pexels.com/SHVETS production

Setelah kamu meminta maaf kepada teman lewat chat dan mengakui perbuatanmu, maka akui juga perasaan mereka. Ekspresikan empati pada situasi ini. Beri tahu mereka bahwa kamu memahami apa yang mereka rasakan, dan apa pun niat awalnya, kamu tetap sudah membuat mereka kesal.

Bagaimanapun permintaan maaf adalah tentang perasaan mereka, bukan alasanmu. Meski kamu sebenarnya ingin bela diri, namun lebih baik berdamai saja. Ada sebagian situasi yang mengharuskan memilih jalur damai daripada memperpanjangnya.

  • "Apa yang kamu rasakan sepenuhnya wajar."
  • "Aku benci membuatmu merasa seperti ini."
  • "kamu punya hak untuk marah/terluka/kesal."

4. Beri penjelasan kalau diperlukan

Freepik.com/freepik

Kalau ada alasan di balik tindakanmu, maka berikan penjelasan singkat tanpa berusaha membenarkan tindakanmu. Penjelasan ini bertujuan agar temanmu mengerti situasi yang sebenarnya. Namun, ingatlah bahwa ini penjelasan, bukanlah pembenaran. Tujuannya adalah agar temanmu bisa memahami ada faktor-faktor tertentu yang memengaruhi tindakanmu.

5. Lakukan dengan sungguh-sungguh

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Kamu telah meminta maaf dan mengakui perasaan mereka. Jadi sekarang saatnya untuk memperbaikinya. Bagian terpenting dari permintaan maaf adalah bersikap jujur. Tapi, jangan membuat janji yang nggak bisa ditepati. Terkadang ada kemungkinan besar kamu melakukannya lagi, meski nggak bermaksud.

Namun, tetaplah bersungguh-sungguh. Beri tahu mereka bagaimana caramu untuk berubah. Apa pun itu, beri tahu mereka agar hal itu nggak terjadi lagi. Jelaskan secara spesifik, dan jujurlah.

  • "Aku ingin memperbaikinya."
  • "Aku akan melakukan apa saja untuk memastikan hal ini tidak terjadi lagi."
  • "Aku akan sangat berterima kasih jika kita bisa membicarakan hal ini."

6. Ungkapkan kata-kata manis

Pexels.com/Teddy Yang

Cara meminta maaf kepada teman lewat chat adalah mengungkapkan betapa berartinya mereka. Entah bagaimana kesalahanmu, ingatkan mereka bahwa kamu ingin mereka tetap ada dalam hidupmu. Hubungan pertemanan nggak selalu berjalan mulus, tapi semakin banyak yang kita pelajari saat melewati masa-masa sulit ini, maka hubungan ini semakin kuat dan baik. Teruslah berusaha untuk memperbaiki semuanya.

  • "Kamu sangat penting bagiku."
  • "Aku butuh kamu dalam hidupku."
  • "Aku sangat menghargaimu."

7. Siap menerima reaksi apa pun

Pexels.com/Sam Lion

Terakhir, perlunya kesiapan diri untuk menerima berbagai respons. Meski sudah berusaha meminta maaf kepada teman lewat chat, belum tentu langsung diterima. Tapi tetaplah hargai keputusannya, karena hal ini menunjukan rasa empati terhadap situasi dan perasaan yang dialami seorang teman.

Menerima respons dengan sabar, tentunya dapat membuat seorang teman memproses emosinya dengan baik. Selain untuk ungkapkan penyesalan, hal ini membangun kembali rasa percaya.

Itulah cara-cara meminta maaf kepada teman lewat chat agar hubungan pertemananmu membaik lagi. Lakukan dengan tulus, ya!

IDN Channels

Latest from Single