Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Bagaimana Cara Bergaul dengan Teman yang Berbeda-beda? Ini 7 Tipsnya

Simak tipsnya agar pertemananmu awet

Nurul Hafiza Rizalia Putri

Sebagai makhluk sosial, tentunya manusia memerlukan interaksi dengan orang lain. Pada dasarnya, setiap orang memiliki keunikan latar belakangnya masing-masing. Beberapa perbedaan di antaranya adalah budaya, pola pikir, dan kepribadian.

Mengutip dari buku Cara Bergaul yang Sopan dan Aman karya Shinta Dewi Ardiyanty, manusia dikelompokkan menjadi makhluk individu dan makhluk sosial. Maka dari itu, manusia memerlukan bantuan dari orang lain untuk menyelesaikan pekerjaan ataupun memenuhi kebutuhannya.

Berangkat dari pembahasan ini, Popbela akan memberi tips bagaimana cara bergaul dengan teman yang berbeda-beda berikut ini.

1. Menghargai keberagaman dan adat istiadat

Pexels.com/Vitaly Gariev

Setiap orang lahir dan dibesarkan dari budaya dan adat yang beragam. Tak jarang, hal ini menjadi pemicu untuk berselisih. Dengan menerapkan sikap toleransi, maka menghargai keberagaman merupakan salah satu cara bergaul dengan teman yang berbeda-beda.

Justru, hal ini dapat menjadi momen yang tepat untuk mempererat hubungan pertemanan. Misalnya, dengan aktivitas pertukaran budaya agar saling mengenal.

2. Menerima perbedaan

Pexels.com/RF._.studio

Ketika menjalin pertemanan, cara bergaul dengan teman yang berbeda-beda harus bisa menerima perbedaan. Meskipun berasal dari suku, ras, atau agama yang berbeda, hal ini akan membuat suatu keunikan tersendiri dalam hubungan pertemanan.

Di zaman sekarang, kolaborasi adalah hal yang perlu dilakukan. Maka dari itu, dengan menyatukan perbedaan dapat menjadi jalan untuk berkembang bersama.

3. Menjaga kesopanan

Pexels.com/Zen Chung

Meski sudah akrab, kita juga perlu menjaga tata krama dalam pertemanan. Salah satu contohnya adalah menghormati batasan teman. Dengan demikian, begitulah cara bergaul dengan teman yang berbeda-beda, yang membuat kamu menjadi pribadi yang disukai.

Setiap orang memiliki batas privasi yang berbeda, jadi menjaga batasan itu penting. Dengan memahami hal ini, kita dapat meminimalisir konflik dalam hubungan pertemanan.

4. Komunikasi yang baik

Pexels.com/Ketut Subiyanto

Miskomunikasi sering terjadi dalam pertemanan, jadi tidak semua omongan yang disampaikan dapat menerima respons baik. Ketika berkomunikasi, kita perlu mengerti kepribadian lawan bicara. 

Ketika bergaul dengan teman yang berbeda-beda, gunakanlah bahasa yang mudah dimengerti lawan bicara. Kehangatan dalam pertemanan dapat terjaga karena cara interaksi yang tepat.

5. Berpikiran terbuka

Pexels.com/Julia Larson

Dengan pikiran terbuka, maka dapat mempermudah seseorang untuk beradaptasi dengan hal baru. Cobalah terbuka menerima sudut pandang baru agar lebih mudah bersosialisasi. Berikan kesempatan bagi orang lain untuk menyuarakan sudut pandangnya. Meski tak sependapat, janganlah menghakimi dan cobalah pahami dari sisi pemikiran yang berbeda. 

6. Cari kesamaan

Pexels.com/Zen Chung

Walaupun terlahir dari suku, ras, dan agama yang berbeda, bukan berarti kamu tidak memiliki kesamaan. Bisa jadi beberapa aspek seperti hobi dan pola pikir memiliki tingkat kemiripan yang tinggi.

Apabila berhasil menemukan sebuah kesamaan, tentu akan mudah bergaul dengan teman yang berbeda-beda. Maka dari itu, interaksi yang intens adalah kunci dari pertemanan

7. Berani bertanya

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Kalau merasa bingung dengan latar belakang seseorang, bertanya adalah solusinya. Dengan begitu, kamu akan mempermudah mencari informasi tentang seorang teman.

Ajukan pertanyaan yang sopan, hal ini bertujuan agar mencegah mereka tersinggung. Contoh pertanyaan yang wajib dihindari adalah sesuatu yang menganggu privasi. Cara bergaul dengan teman-teman yang berbeda seperti ini, membuat kalian bisa dipercaya.

Itulah beberapa cara bergaul dengan teman yang berbeda-beda. Dari sini dapat kita simpulkan, bahwa begitu indahnya sikap menghargai perbedaan. Semoga kita bisa menerapkannya dalam kehidupan pertemanan.

IDN Channels

Latest from Single