Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Sifat-Sifat Wanita Saat Haid, Suka ‘Baper’ dan Manja

Perubahan hormon pengaruhi sifat wanita saat haid

Natasha Cecilia Anandita

Haid atau menstruasi bisa memengaruhi banyak hal dalam tubuh perempuan. Saat haid, perempuan bisa merasakan nyeri dan sakit yang teramat pada bagian bawah perut, demam, lemas, mual, sakit kepala, hingga retensi cairan.

Terkadang sifat-sifat wanita saat haid juga bisa berubah, seperti lebih moody atau terbawa suasana. Entah itu lekas marah atau gampang menangis, sifat-sifat ini bisa menjadi batu sandungan jika tak teratasi dan direspons dengan baik. Beberapa mungkin juga khawatir apakah ini normal atau tidak.

Nah, berikut Popbela telah merangkum sifat-sifat wanita saat haid.

Perubahan hormon sebabkan perubahan sifat

Baseimage/Aris Leoven

Hormon adalah bahan kimia khusus dalam tubuh yang mengontrol berbagai fungsi, termasuk siklus haid. Estrogen dan progesteron adalah hormon utama yang mengontrol karakteristik seksual perempuan, reproduksi, dan siklus haid.

Selama waktu-waktu tertentu dalam sebulan, kadar hormon ini meningkat. Fluktuasi ini dikombinasikan dengan steroid ovarium, yang dapat mengubah perasaanmu secara mental, emosional, dan fisik.

Seiring dengan peningkatan kadar estrogen dan progesteron, kadar serotonin di otak dapat berubah saat periode haid mendekat. Serotonin adalah bahan kimia otak yang bertanggung jawab untuk suasana hati, dan itu dapat dikaitkan dengan beberapa perubahan terkait suasana hati yang umum terjadi pada hari-hari sebelum dan selama haid.

Sifat-sifat wanita saat haid

Beberapa perempuan mungkin lebih mungkin mengalami gejala yang parah jika mereka memiliki riwayat depresi, kecemasan, atau kondisi haid lainnya. Fluktuasi hormon yang terjadi selama paruh kedua siklus haid bisa menyebabkan seseorang berubah sifat dan emosinya. Lantas, apa saja sifat-sifat wanita saat haid?

1. Mudah marah

Pexels.com/Liza Summer

Sifat satu ini sudah terbukti dalam penelitian dan paling banyak dilaporkan. Ini tak lepas dari perubahan hormon yang terjadi selama masa haid. Kemarahan bisa berlangsung lama, yang mungkin termasuk sering meledak-ledak pada orang yang dicintai. Cobalah teknik relaksasi untuk mengurangi rasa marah agar tidak menyebabkan pertengkaran yang besar.

2. Depresi dan lebih cemas

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Gejala depresi dan kecemasan mungkin bertambah buruk sebelum atau selama periode haid. Belum lagi jika kamu sebelumnya memang sudah memiliki penyakit ini. Cobalah untuk melakukan kegiatan yang menyenangkan atau mencari dukungan dari profesional kesehatan mental, sahabat atau keluarga terdekatmu.

3. Perubahan suasana hati

pixabay.com/AbsolutVision

Perubahan suasana hati melibatkan mood yang berubah secara tiba-tiba dan tidak dapat dijelaskan. Kamu mungkin bangun tidur dalam suasana hati yang baik, tetapi tiba-tiba menjadi marah dan mudah tersinggung satu atau dua jam kemudian tanpa alasan. Ini mungkin makin parah jika ada hal yang membuat kamu kesal.

4. Kelelahan

Pexels.com/SHVETS

Kelelahan sebelum dan saat haid diduga terkait dengan kurangnya serotonin. Kadar serotonin yang berfluktuasi secara signifikan dapat menyebabkan penurunan besar dalam tingkat energi, yang juga dapat memengaruhi suasana hati.

Kelelahan mungkin juga disebabkan oleh masalah tidur yang terkait dengan gejala fisik saat haid maupun sebelum haid. Gejala haid, seperti kembung, kram, dan sakit kepala dapat membuat kita terjaga di malam hari.

Selain itu, suhu tubuh juga cenderung meningkat sebelum menstruasi, yang juga dapat membuat lebih sulit untuk tidur. Kelelahan juga bisa terjadi karena anemia yang terjadi pada beberapa orang.

5. Perubahan nafsu makan

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Saat haid, beberapa perempuan mungkin berasa kurang nafsu makan, baik karena merasakan sakit atau karena kelelahan. Tapi di sisi lain, beberapa perempuan justru bisa selalu mengidam atau memiliki nafsu makan yang berlebih. Semua makanan terlihat menarik dan ingin dimakan. Kalau kamu tim yang mana, Bela?

6. Menangis atau melankolis

pexels.com/Rodnae Productions

Perempuan biasanya lebih melankolis daripada laki-laki. Emosi ini bisa lebih memuncak ketika haid. Perempuan akan lebih sering menangis atau tersentuh dengan hal-hal kecil, bahkan jika dibentak sedikit. Cobalah untuk mengalihkan perhatianmu pada hal lain yang lebih menarik atau lucu agar kamu tak berlarut-larut dalam kesedihan.

7. Lebih malas dan manja

pexels.com/Andrea Piacquadio

Gejala fisik dari haid bisa membuat kamu jadi lebih malas untuk bergerak atau beraktivitas. Kamu mungkin ingin tidur sepanjang hari di kasur atau meringkuk karena merasa sakit perut dan pusing. Kamu yang sudah memiliki pasangan, pasti juga akan lebih manja untuk mendapatkan perhatian lebih dari pasangan.

8. Sulit untuk fokus

pexels.com/Polina Zimmerman

Saat menjalani periode haid yang berat, terkadang anemia sering terjadi. Ini bisa menyebabkan kita sulit fokus dan berpikir. Cobalah atasi dengan mengonsumsi makanan atau minuman penambah darah, menuliskan hal-hal di agenda harian, dan tidur dengan baik untuk bisa fokus saat siang hari.

Itulah sifat-sifat wanita saat haid yang umum terjadi. Kamu setuju dengan poin mana saja, Bela?

IDN Channels

Latest from Single