Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Teman Dekat, 7 Fakta Persahabatan Jin ‘BTS’ dan Sandeul ‘B1A4’

Merasa bersalah kalau nggak beri kabar

Natasha Cecilia Anandita

Pada Juni 2024 lalu, Jin 'BTS' baru saja menyelesaikan wajib militernya. Ia pun langsung menghabiskan waktu untuk mengunjungi sahabat-sahabat dekatnya. Terbaru, ia akan reuni bersama Sandeul 'B1A4' dalam sebuah variety show

Namun, yang menjadi perhatian adalah pernyataan Jin untuk Sandeul. Pelantun lagu "Super Tuna" ini mengatakan ia hanya memikirkan Sandeul saat ditanya siapa teman selebriti yang paling dekat dengannya. Jin dan Sandeul sendiri sudah berteman selama 10 tahun. Keduanya sama-sama kelahiran 1992. 

Selalu saling support dan merasa bersalah kalau nggak beri kabar, berikut fakta persahabatan Jin ‘BTS’ dan Sandeul ‘B1A4’. 

1. Bersahabat sejak 2015

x.com/jintensify

Jin dan Sandeul sudah bersahabat selama bertahun-tahun. Persahabatan tersebut sudah terjalin sejak tahun 2015 silam, yang artinya hampir 10 tahun. Keduanya sama-sama kelahiran 1992 dan tergabung dalam grup idol 92 line bersama Ken 'VIXX', Hani 'EXID', Moonbyul 'MAMAMOO', dan Baro eks 'B1A4'. 

2. Sandeul sahabat artis yang paling dekat dengan Jin

x.com/bangtinyboyys

Jin 'BTS' dan Sandeul 'B1A4' dipertemukan lagi dalam sebuah reality show MBC bernama The Half-Star Hotel in Lost Island. Acara tersebut merupakan penampilan variety pertama Jin setelah keluar dari militer. Dalam acara itu, Jin dan Sandeul pergi ke sebuah pulai dengan naik kapal.

Saat perjalanan, Jin mengaku kepada Sandeul kalau dia adalah orang pertama yang terlintas di pikiran Jin saat ditanya siapa teman selebriti terdekatnya. Itulah mengapa Jin membawa Sandeul berdua untuk naik kapal tersebut.

“Saat mereka bertanya apakah aku punya teman dekat, kamu adalah satu-satunya orang yang terlintas dalam pikiranku. Itulah mengapa aku membawamu ke sini,” aku Jin memperlihatkan persahabatan mereka.

3. Berkirim food truck ke satu sama lain

x.com/SANDEUL920320, cafejns

Salah satu bentuk dukungan Jin ke Sandeul dan sebaliknya adalah dengan mengirimkan food truck ke konser maupun proyek satu sama lain. Saat Sandeul mengadakan konser solonya, “Wind Forest”, di Blue Square iMarket Hall di Seoul pada 2019 lalu, Jin mengirimkan truk makanan ringan ke konser Sandeul. Sandeul membagikan beberapa foto tersebut di X. Minggu sebelumnya, Jin mendapatkan food truck makanan ringan juga dari Sandeul.

4. Saling beri pujian

koreaboo.com

Selain mengirim makanan, dua sahabat ini juga suka mengirim pesan semangat. Pada 2021 lalu, Jin mengirimkan pesan manis kepada Sandeul saat acara radio Sandeul, Sandeul's Starry Night, mencapai episode ke-100.

"Halo, ini Jin 'BTS'. Acara radio temanku Sandeul, Starry Night, telah mencapai malam ke-100. Aku mengucapkan selamat dengan tulus. Starry Night, yang bersinar karena sejarah dan tradisinya, ada DJ Sandeul yang berbagi lagu-lagu bagus dan cerita hangat. Benar-benar luar biasa. Aku berharap kalian bisa bersama para pendengar untuk waktu yang lama. Ini adalah Jin 'BTS'. Terima kasih," kata Jin.

Saat Jin keluar wamil, Sandeul memberikan ucapan selamat singkat, namun bermakna untuk sahabatnya.

"Ya, sebenarnya kami sudah membicarakannya. Pesannya sangat sederhana, seperti, 'Aku sudah selesai! Jadi aku mengatakan kepadanya, 'Kerja bagus, kerja bagus!," kata Sandeul.

5. Merasa bersalah jika tak beri kabar

x.com/kthjimn

Dalam sebuah acara MBC Radio saat COVID-19 2021 lalu, Sandeul memberikan pesan untuk Jin dengan mengatakan kalau Jin semakin tampak bersinar dan mengajak bertemu saat COVID-19 membaik. Hal yang paling menyentuh penggemar adalah saat Sandeul mengkhawatirkan Jin dan meminta maaf karena jarang mengabarinya. 

“Hai Jin, kamu terlihat cantik akhir-akhir ini. Aku bisa melihatmu setiap kali aku menyalakan TV. Aku berharap yang terbaik untukmu, dan mari kita bertemu setelah situasi COVID-19 membaik. Aku benar-benar minta maaf karena aku tinggal di rumah terlalu lama. Aku akan segera menghubungi kalian semua. Entah bagaimana, aku merasa bersalah karena tidak berbicara denganmu begitu lama,” kata Sandeul.

6. Berharap bisa kolaborasi bareng

allkpop.com

Sama-sama berkarier di dunia musik, Jin pernah mengatakan dalam sebuah wawancara kalau ia berharap bisa berkolaborasi bareng dengan sahabatnya itu. Para penggemar juga menantikan lahirnya karya kolaborasi mereka. 

"Aku ingat ketika Jin mengungkapkan siapa orang yang ingin ia ajak berkolaborasi, ia mengatakan Sandeul," ungkap seorang penggemar. 

Keduanya kerap merekomendasikan musik satu sama lain. Salah satunya pada 2020 lalu, jin merekomendasikan kepada para penggemar lagu Sandeul yang berjudul "Slightly Tipsy".

7. Suka liburan bersama

x.com/BTS_twt

Punya love language quality time, duo idol ini sering banget menghabiskan waktu bareng. Entah itu dengan main arcade, pergi ke rumah hantu walau akhirnya keluar karena sama-sama takut, hingga traveling bareng di Korea. Mereka pernah mengunggah foto bersama saat jalan-jalan ke Wolmido, sebuah pulau kecil di dekat Incheon.

Itulah 7 fakta persahabatan Jin 'BTS' dan Sandeul 'B1A4' yang sudah bersama 10 tahun.

IDN Channels

Latest from Single