Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Deretan Lagu tentang Friendzone yang Bikin Galau dan Baper

Dari Indonesia, Barat, dan Korea

Natasha Cecilia Anandita

Terjebak friendzone memang serba salah, ya, Bela. Di saat dia terlalu perhatian padamu, tapi nyatanya dia hanya menganggapmu sebagai temannya saja. Friendzone sering kali menjadi ujian bagi pertemanan. 

Bagi kamu yang sedang merasakan friendzone, mendengarkan lagu mungkin bisa menjadi pelampiasan hati dan emosimu yang tak bisa terucap. Berikut beberapa lagu tentang friendzone yang mungkin related dengan kisahmu. 

1. "Kutunggu Kau Putus" - Sheryl Sheinafia

Maafkan aku jadi suka sama kamu
Awalnya curhat lama-lama kucemburu
Maafkan aku yang mengharapkan cintamu
Bila belum saatnya kusabar menunggu
Bila masih bersama kutunggu kau putus

Judulnya memang benar-benar lantang banget, ya. "Kutunggu Kau Putus" adalah lagu yang dinyanyikan sekaligus diciptakan sendiri oleh Sheryl Sheinafia. Lirik ternyata terinspirasi dari kisah sahabatnya. Lagu ini mengisahkan tentang seseorang yang jatuh cinta dengan sahabatnya sendiri, tetapi sahabatnya sudah memiliki pacar. 

2. "Rasa Ini" – Vierra

Ku suka dirinya, mungkin aku sayang
Namun apakah mungkin, kau menjadi milikku
Kau pernah menjadi, menjadi miliknya
Namun salahlah aku, bila kupendam rasa ini

"Rasa Ini" merupakan lagu galau di era 2010. Lagu sendu ini mengisahkan tentang seseorang yang memilih memendam perasaannya, karena ia jatuh cinta pada seseorang yang pernah menjalin hubungan dengan teman dekatnya. Melodi indah dan suara khas Widi membuat semua yang mendengar turut bernyanyi dengan penuh perasaan. 

3. "Sahabat Jadi Cinta" - Zigaz

Kudapati diri makin tersesat
Saat kita bersama
Desah napas yang tak bisa dusta
Persahabatan berubah jadi cinta

Pernah jadi ost sinetron, "Sahabat Jadi Cinta" merupakan lagu yang menggambarkan isi hati seseorang yang jatuh cinta pada sahabatnya. Namun, ia sulit mengatakan cinta kepada sahabatnya, karena tak ingin merusak hubungan persahabatan mereka. 

4. "Sewindu" - Tulus

Sudah sewindu ku di dekatmu
ada di setiap pagi, di sepanjang harimu
Tak mungkin bila engkau tak tahu
Bila ku menyimpan rasa yang kupendam sejak lama

Waduh, lirik awalnya saja sudah galau banget, nih, Bela. Lagu milik Tulus ini menggambarkan sebuah proses mencintai dan mendapatkan seseorang selama delapan tahun. Laki-laki tersebut digambarkan sebagai sosok yang sabar mendapatkan hati perempuan yang dicintainya. Tapi plot twist-nya, setelah perjuangan sekian lama itu, si pujaan hati malah memilih laki-laki lain.

5. "Garis Terdepan" - Fiersa Besari

Ku mendambakanmu mendambakanku
Bila kau butuh telinga tuk mendengar
Bahu tuk bersandar raga tuk berlindung
Akulah orang yang selalu ada untukmu
Meski hanya sebatas teman
Yakin kau temukanku di garis terdepan
Bertepuk dengan sebelah tangan

Salah satu karya Fiersa Besari ini bisa kamu temukan dalam album Konspirasi Alam Semesta. Dirilis pada tahun 2015, "Garis Terdepan" berkisah tentang seseorang yang selalu effort demi orang yang dia sayang dan menjadi garda terdepannya. Sayang, cintanya justru tak terbalas.

6. "Sampai Kapan" - Sheila On 7

Telah lama, aku lama mengenalmu
Lama menantimu, ikuti arusmu
Berhenti sejenak dan lihatlah aku
Beri kejelasan tentang perasaanmu

Lagu dari band asal Yogyakarta ini bercerita tentang seseorang yang menginginkan kejelasan tentang hubungannya dengan sang sahabat. "Sampai Kapan" sendiri rilis pada tahun 2008 dalam album Menentukan Arah.

7. "Maafkan Aku #TerlanjurMencinta" - Tiara Andini

Aku tlah tahu kita memang tak mungkin
Tapi mengapa kita selalu bertemu
Aku tlah tahu hati ini harus menghindar
Namun kenyataan ku tak bisa
Maafkan aku terlanjur mencinta

Tiara Andini memang punya banyak lagu galau, salah satunya "Maafkan Aku #TerlanjurMencinta" yang berkaitan dengan friendzone. Lagu yang rilis tiga tahun lalu itu mengisahkan seseorang yang sudah tahu tak mungkin bersama dengan orang yang dicintainya. Tapi, karena sudah terlanjur cinta, ia jadi sulit untuk menghindar. 

8. "Friendzone" - Budi Doremi

Tidakkah cukup yang engkau lihat
Pertemanan ini sungguh berat
Tidakkah indah bila kita bersama
Tapi tidak di mimpi saja

Lagu milik Budi Doremi ini dirilis pada tahun 2012. Sesuai judulnya, lagu tersebut menggambarkan seseorang yang sudah melalui banyak hal bersama dengan temannya dan diingin status mereka berubah. Tapi, tampaknya semua masih dimimpi saja alias terjebak friendzone

9. "FRIENDS" - Marshmello & Anne-Marie

You say you love me, I say you crazy
We're nothing more than friends
You're not my lover, more like a brother
I known you since we were like ten, yeah

Single kolaborasi Marshmello dan Anne-Marie ini mungkin sering kamu dengar karena suka wara-wiri di media sosial untuk backsound konten video. Lagu ini sendiri ditulis dari sudut pandang si pelaku friendzone. Walau liriknya cukup menusuk, tapi kenyataannya perasaan memang tak bisa dipaksakan, kan?

10. "You Belong with Me" - Taylor Swift

If you could see that I'm the one
Who understands you
Been here all along
So, why can't you see?
You belong with me

Tak diragukan, "You Belong with Me" merupakan salah satu anthem bagi para korban friendzone. Lagu ini pada dasarnya tentang seseorang yang sedang jatuh cinta pada seseorang yang sudah memiliki kekasih, tapi kekasihnya itu tidak menghargainya sama sekali.

11. "More Than Friends" - Jason Mraz (featuring Meghan Trainor)

I wanna be more than friends
I wanna be more than friends
I wanna tell everyone you're takenAnd take your hand until the end
I wanna be more than friends

Berbeda dari lagu-lagu friendzone yang pesimis, lagu satu ini penuh optimisme dan motivasi. "More Than Friends" yang dinyanyikan Jason Mraz dan Meghan Trainor ini cocok banget buat kamu yang butuh motivasi untuk mengungkapkan perasaanmu ke si dia. Kamu mungkin bisa memberi kode kepadanya dengan mengirimi lagu ini. 

12. "Just a Friend to You" - Meghan Trainor

'Cause friends don't do the things we do
Everybody knows you love me too
Tryna be careful with the words I use
I say it cause I'm dying to
I'm so much more than just a friend to you

Lagu lain dari Meghan Trainor tentang friendzone adalah "Just a Friend to You"  yang dirilis pada 2016. Dengan genre dance pop, lagu ini bak tamparan kepada sang pelaku friendzone karena perilakunya tak sesuai dengan pernyataanya kalau mereka hanya temanan saja. 

13. "Friends" - Ed Sheeran

Friends just sleep in another bed
And friends don't treat me like you do
Well I know that there's a limit to everything
But my friends won't love me like you
No, my friends won't love me like you

Mirip dengan lagu sebelumnya, Ed Sheeran seakan mewakili para korban friendzone yang diperlakukan layaknya seorang kekasih dibanding teman, tapi statusnya tetap teman. Mengutip dari MTV, lagu balada dengan petikan gitar ini melukiskan gambaran tentang hubungan friend with benefits yang coba disembunyikan, tetapi juga naik ke level berikutnya.

14. "Teardrops in My Guitar" - Taylor Swift

Drew looks at me, I fake a smile so he won't see
That I want and I'm needing everything that we should be
I'll bet she's beautiful, that girl he talks about
And she's got everything that I have to live without

Selain lagu "You Belong with Me", lagu patah hati lain yang tak jauh-jauh dari friendzone adalah "Teardrops in My Guitar". Galau banget, lagu country dengan petikan gitar ini sudah terasa sendu sejak awal. 

Taylor Swift mengungkap kalau lagu ini ia buat saat teman sekelas yang ia taksir akhirnya mengajaknya berbicara. Bukannya membicarakan hal seru tentang satu sama lain, mereka justru membicarakan perempuan lain yang disukai oleh crush-nya.

15. "Wish You Were Sober" - Conan Gray

Trip down the road, walking you home
You kiss me at your door
Pullin' me close, beg me, "Stay over"
But I'm over this roller-coaster

Lagu bertema friendzone selanjutnya adalah "Wish You Were Sober" dari Conan Gray. Kalau mendengarnya, kamu mungkin tak terlalu asing karena lagunya sering diputar terutama di media sosial. 

Tapi, kalau melihat lebih dalam tentang liriknya, lagu ini menceritakan tentang seseorang yang mengingat momen serunya bersama salah satu teman dekat dan pernyataan cinta. Namun, momen romantis itu tak berarti apa-apa buat temannya karena ia melakukannya tanpa kesadaran penuh alias lagi mabuk. Ini juga mengandung harapan, bahwa si teman benar-benar mengatakan perasaannya bahkan jika mereka tidak mabuk. 

16. "Hug Me" - iKON

Di samping lagu-lagunya yang asik untuk joget, beberapa lagu iKon juga mengandung bawang, lho. Salah satunya adalah "Hug Me" yang menceritakan seseorang yang mencintai temannya sendiri walaupun tahu hubungan pertemanan itu tak dapat berubah karena temannya sudah memiliki seorang kekasih. 

17. "Just Friends" - MeloMance

Dikenal punya lagu-lagu galau, salah satu lagu MeloMance yang juga melow adalah "Just Friends". Lagu ini membahas kesulitan mengungkap perasaan karena merasa hanya dianggap teman. 

18. "Round and Round" - SF9

Lagu yang rilis 2019 ini bakal bikin kamu terbawa suasana saat mendengarnya. "Round and Round" menggambarkan rasa frustrasi seseorang karena hubungan pertemanan yang tak kunjung berubah status ke level selanjutnya. 

19. "Friend Zone" - AB6IX

Lagu AB6IX satu ini memiliki makna tekad kuat untuk keluar dari zona pertemanan. Lagu dari album B Complete ini mengisahkan nuansa rumit dari cinta tak berbalas dan perjuangan untuk menyatakan cinta.

Dari deretan lagu tentang friendzone dari Indonesia, Barat, sampai Korea ini, mana yang paling related dengan kisahmu?

IDN Channels

Latest from Single