Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Fakta Keluarga Erina Gudono, Istri Kaesang Pangarep

Namanya sedang jadi perbincangan

Natasha Cecilia Anandita

Nama Erina Gudono akhir-akhir ini banyak diperbincangkan. Banyak yang kecewa karena terlihat tak peduli dengan kondisi Indonesia yang sedang berguncang, belum lagi isu politik dinasti yang menyeret keluarga sang suami. 

Erina sendiri dikenal sebagai Puteri Indonesia 2022. Namanya semakin populer usai menjadi istri dari Kaesang Pangarep, anak dari Presiden Joko Widodo. Sosok Erina sendiri sempat begitu diidolakan karena berasal dari keluarga berpendidikan tinggi.

Ayahnya merupakan seorang guru besar di Universitas Gajah Mada. Ibunya pun pernah bekerja sebagai dosen dan rektor. Kini, Erina juga melanjutkan S2 di Universitas Pennsylvania jurusan Social Policy.

Lantas seperti keluarga Erina Gudono? Berikut deretan fakta keluarga Erina Gudono, istri Kaesang Pangarep yang sedang banyak diperbincangkan. 

1. Lahir di Amerika berdarah Indonesia

instagram.com/erinagudono

Erina Sofia Gudono lahir pada 11 Desember 1996 di Philadelphia, Amerika Serikat. Meski lahir di Amerika, ia memiliki darah Jawa dari orang tuanya, Profesor Dr. Mohammad Gudono dan Dra. Sofiatun Gudono, M. Si.

Ayah Erina dikabarkan lahir di Semarang, sementara sang ibu merupakan asli Kediri, Jawa Tengah.

2. Berasal dari keluarga terpandang dan terpelajar

instagram.com/shaniagudono

Erina Gudono lahir di keluarga terpelajar. Ayahnya menggeluti dunia ekonomi yang pernah mengenyam pendidikan di Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada (UGM), lanjut mengambil S2 Akuntansi di Murray State University, Kentucky, Amerika Serikat, dan S3 Ekonomi di Temple University, Amerika Serikat.

Selama berkarier, ayah Erina merupakan sosok Guru Besar Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) dan mengabdi di universitas tersebut selama lebih dari 25 tahun. Ia juga pernah mengemban sederet jabatan penting di UGM dan BKR RI serta mendapat berbagai penghargaan.

Sementara ibunya, Sofiatun Gudono, merupakan seorang dosen sekaligus rektor di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Mitra Indonesia. Ia pernah menimba ilmu di Universitas Islam Indonesia (UII), lulusan Sarjana Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada (UGM), Magister Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Studi Akuntansi di Murray State College, Amerika Serikat. 

Ibu Erina merupakan seorang perancang busana dan pebisnis di bidang fashion. Ia memiliki usaha butik yang terkenal di Yogyakarta bernama Sophie Boutique yang telah berdiri sejak 2005.

3. Memiliki 3 orang saudara

instagram.com/erinagudono

Erina Gudono adalah anak ketiga dari empat bersaudara. Ia memiliki satu kakak laki-laki yang adalah anak pertama bernama Allen Adam Rinaldy Gudono. Allen menjadi wali nikah adiknya, saat akad nikah Erina dengan Kaesang, pada tanggal 10 Desember 2022 lalu.

Kakak kedua Erina adalah Nadya Sofia Gudono dan adiknya bernama Shania Sofia Gudono. Kakak-kakak Erina diketahui mengambil pendidikan ekonomi dan manajemen, sedangkan sang adik bungsu mengambil program studi Politik dan Pemerintahan di UGM.

4. Ayahnya telah meninggal dunia

Dok. Internet

Ayah Erina telah meninggal dunia pada 2016 silam, tepatnya 23 Juli 2016 di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM). Penyebab meninggalnya ayah Erina dikabarkan karena terkena serangan jantung. Mendiang ayah Erina dimakamkan di Pemakaman Ngablak, Purwosari, Sleman.

5. Menikah dengan Kaesang Pangarep

instagram.com/erinagudono

Di usia 25 tahun, Erina menikah dengan seorang pebisnis sekaligus politikus, Kaesang Pangarep. Keduanya melangsungkan akad nikah dan resepsi pada tanggal 10 Desember 2022 di Pendopo Agung Ambarrukmo, Yogyakarta.

Erina menjadi pelabuhan cinta Kaesang setelah perjalanan panjang mencari sosok yang paling pas untuknya. Kini, pernikahan mereka akan segera dikaruniai seorang anak. Keduanya baru saja melangsungkan upacara 7 bulanan kehamilan Erina. 

6. Menantu ketiga presiden Jokowi

instagram.com/erinagudono

Menikah dengan Kaesang, Erina menjadi menantu ketiga presiden Joko Widodo dan Iriana Joko Widodo. Ia memiliki dua kakak ipar, yaitu Selvi Ananda istri dari Gibran Rakabuming, kakak pertama Kaesang, dan Bobby Nasution suami dari Kahiyang Ayu, kakak kedua Kaesang.

Menjadi menantu presiden, netizen mengungkapkan kekecewaannya pada Erina usai keluarga suaminya terseret isu politik dinasti dan ia seakan menutup mata dengan kondisi Indonesia yang sedang goncang-ganjing. 

Beberapa netizen menyoroti unggahan di media sosialnya yang dengan nyaman melanjutkan S2 di luar negeri dan menikmati roti seharga Rp400 ribu di kala masyarakat Indonesia banyak yang mengalami kesusahan.

Banyak netizen menyebut dirinya sebagai Marie Antoinette versi Indonesia. Marie Antoinette sendiri merupakan Permaisuri Raja Prancis di abad 17 yang dikenal kontroversial.

Banyak pula netizen Indonesia yang mendoakan agar keluarga Erina dan suaminya bisa lebih peduli kepada rakyat Indonesia. Tak sedikit juga yang berpesan agar Erina bisa menerapkan ilmu social policy yang sedang ia pelajari kepada Indonesia dan menasihati keluarga suaminya.

Itulah fakta keluarga Erina Gudono, istri Kaesang Pangarep yang sedang menjadi sorotan.

IDN Channels

Latest from Single