Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Fakta Keluarga Beyoncé, Bintang Populer Istri Jay-Z

Miliki tiga orang anak

Natasha Cecilia Anandita

Beyoncé adalah salah satu penyanyi populer asal Amerika yang sudah banyak memenangkan Grammy. Namanya belakangan sedang disorot karena diduga dekat dengan musisi, P Diddy, yang sedang ditangkap dan dituntut atas kasus pelecehan.

Di sisi lain, bintang 43 tahun itu memiliki julukan "Queen Bey". Bahkan, bintang hits lainnya juga turut menghormati Beyoncé dan selalu menyebut namanya saat pidato. Di samping itu, Beyoncé sendiri menikah dengan sesama penyanyi, Jay-Z. Rumah tangganya semakin lengkap dengan kehadiran tiga buah hati.

Berikut fakta keluarga Beyoncé yang namanya sedang banyak diperbincangkan.

1. Putri dari Tina Knowles-Lawson dan Mathew Knowles

people.com

Beyoncé Giselle Knowles-Carter atau yang dikenal dengan nama Beyoncé, lahir pada 4 September 1981 di Houston, Texas, Amerika Serikat. Ia lahir dari pasangan, Celestine Ann "Tina" Beyoncé Lawson dan Mathew Knowles. Ibu Beyoncé adalah keturunan Afrika-Amerika dari Louisiana Creole yang lahir di Texas, sementara sang ayah merupakan seorang Afrika-Amerika yang lahir di Alabama.

Kedua orang tua Beyoncé bertemu di Houston sekitar pertengahan tahun 70-an silam. Kala itu, Mathew baru saja lulus dari Universitas Fisk di Nashville dengan gelar di bidang administrasi bisnis dan ekonomi, dan Tina menempuh pendidikan di perguruan tinggi dan bekerja di bagian penjualan. Tak lama setelah bertemu, mereka menikah pada tahun 1980.

2. Kedua orang tua Beyoncé juga cukup terkenal

people.com

Kedua orang tua Beyoncé merupakan public figure yang cukup terkenal. Mathew adalah seorang eksekutif musik atau rekaman, pengusaha, dan dosen di sebuah perguruan tinggi di Amerika. Ia adalah pendiri Music World Entertainment yang mengusung musik country, gospel, dan anak-anak.

Mathew sendiri merupakan manajer dari grup Destiny's Child yang terdiri dari sang putri Beyoncé, Kelly Rowland, dan Michelle Williams. Ia juga pernah mengelola karier solo kedua putrinya, Beyoncé dan Solange Knowles.

Di sisi lain, sang ibu cukup terkenal dalam bidang mode. Tina dikenal sebagai seorang pengusaha, perancang busana, dan filantropis Amerika yang mendirikan merek House of Deréon dan Miss Tina by Tina Knowles.

3. Punya satu adik perempuan

people.com

Beyoncé memiliki seorang adik perempuan yang terpaut lima tahun darinya. Adik perempuannya bernama Solange Piaget Knowles. Solange lahir pada 24 Juni 1986. Mengikuti jejak sang kakak, Solange juga terjun ke dunia hiburan.

Ia dikenal sebagai penyanyi, penulis lagu, dan aktris. Sebelum debut resmi jadi penyanyi, Solange pernah menjadi penari latar untuk grup kakaknya, Destiny's Child. Solange dan Beyoncé merupakan kakak adik yang akrab dan saling mendukung karier satu sama lain. Mereka sama-sama berkarier dari usia muda dan tumbuh menjadi solois yang sukses. Mengutip People, Solange sangat protektif terhadap sang kakak.

4. Terjun ke dunia musik berkat orang tuanya

people.com

Beyoncé telah diperkenalkan dengan dunia musik oleh kedua orang tuanya sejak kecil. Sebagai sosok pengusaha yang profesional dan juga lebih mengerti dunia musik, kedua orang tua Beyoncé justru mendukung minat anak-anaknya. Oleh karena itu juga, sang ayah menjadi manajer yang turut mengatur kariernya sampai pada tahun 2011 lalu.

"Ketika Beyoncé dan Solange menunjukkan minat pada musik di usia yang sangat muda, Tina dan saya (yang sudah menjadi profesional perusahaan dan pengusaha) tidak berusaha meremehkan minat mereka.

Sebaliknya, kami mendorong mereka, membimbing mereka, dan mendukung mereka. Selama mereka menganggapnya serius dan berusaha menjadi yang terbaik, kami senang dengan jalur karier apa pun yang mereka pilih," tulis Mathew dalam sebuah unggahan di media sosial.

5. Orang tua Beyoncé sudah bercerai

people.com

Pernikahan Mathew dan Tina berlangsung selama 30 tahun, hingga akhirnya Tina mengajukan gugatan cerai pada tahun 2009. Pada tahun 2010, gugatan cerai itu sempat dibatalkan dan mereka kembali rujuk.

Sayangnya, pernikahan oran gtua Beyoncé ini benar-benar kandas pada November 2011 setelah Tina kembali mengajukan gugatan pada bulan Agustus 2011. Perpisahan mereka dilandasi karena perselisihan atau konflik kepribadian yang menghalangi mereka untuk bersama. 

Walau sudah bercerai, keduanya tetap menjalin hubungan yang baik sebagai sahabat, orang tua, serta mitra bisnis. Dua pengusaha ini juga sudah menemukan pasanganya masing-masing. Pada tahun 2013, Mathew menikahi mantan model, Gena Charmaine Avery, di Houston, Texas.

Dua tahun kemudian, pada bulan April 2015, Tina menikahi aktor Richard Lawson di Newport, California. Akan tetapi, Tina kembali mengajukan gugatan cerai yang kini untuk Richard Lawson pada Juli 2023 lalu.

6. Menikah dengan Jay-Z

people.com, dailymail.co

Pelantun "Halo" ini menambatkan hatinya pada rapper dan pengusaha Amerika, Jay-Z. Keduanya bertemu saat Beyoncé masih berusia 18 tahun di sekitar tahun 1999 atau 2000-an. Setahun berteman, keduanya pun memutuskan untuk berpacaran.

Hubungan mereka tak ditutupi, bahkan keduanya berkolaborasi dalam sebuah single berjudul "'03 Bonnie & Clyde" pada tahun 2002 dan "Crazy in Love" pada tahun 2003. Pada 2008, keduanya mengikat janji suci pernikahan dalam acara yang sangat-sangat intimate. Pesta pernikahan itu digelar di penthouse milik sang rapper di Manhattan dan dihiasi dengan 70.000 anggrek dendrobium yang diterbangkan langsung dari Thailand.

7. Dikaruniai tiga orang anak

Dok. internet

Dalam sebuah wawancara tahun 2013, Beyoncé mengaku kalau ia memang pernah hamil anak pertama mereka dua tahun sebelumnya, namun keguguran. Keduanya akhirnya menyambut anak pertama mereka pada 7 Januari 2012. Pasangan ini dikaruniai seorang anak perempuan bernama Blue Ivy Carter di New York City. Kelahiran tersebut disambut bahagia oleh keluarga serta rekan artis mereka.

Pada 2014, sempat beredar rumor kalau Jay-Z dan Beyoncé akan bercerai, namun banyak yang mengatakan kalau keduanya baik-baik saja. Hal tersebut dibuktikan lagi dengan kehamilan Beyoncé yang disusul dengan kelahiran dua anak kembarnya, Rumi dan Sir, pada tahun 2017 lalu. 

Memiliki popularitas yang mendunia, Beyoncé dan Jay-Z tahu bahwa akan ada banyak sorotan dalam kehidupan pribadinya. Oleh karena itu, mereka sebisa mungkin menjaga privasi ketiga anaknya dan memastikan anak-anaknya itu memiliki hidup yang normal layaknya anak-anak lainnya.

"Satu hal yang aku upayakan dengan sangat keras adalah memastikan anak-anakku bisa mendapatkan privasi dan kenormalan sebanyak mungkin," kata Beyoncé. 

Ketiga anaknya juga selalu berada di sisinya di setiap kesempatan. Bahkan, Blue Ivy sepertinya memiliki keterampilan dalam bidang seni, terutama musik dan tari yang diturunkan kedua orang tuanya.

"Anak-anakku selalu ikut ke mana pun aku pergi. Mereka datang ke kantorku sepulang sekolah, dan mereka ada di studio bersama denganku. Mereka sedang berlatih tari. Wajar saja jika mereka mempelajari koreografiku," cerita sang bintang.

"Blue adalah seorang seniman. Ia memiliki selera yang bagus dalam hal musik dan mode. Ia adalah seorang editor, pelukis, dan aktris yang hebat. Ia telah menciptakan karakter sejak ia berusia tiga tahun. Ia memang berbakat, tetapi saya tidak menginginkan Blue di atas panggung. Blue lah yang menginginkannya untuk dirinya sendiri," puji Beyoncé tentang anak sulungnya itu.

Itulah fakta keluarga Beyoncé, istri Jay-Z yang namanya sedang diperbincangkan akhir-akhir ini.

IDN Channels

Latest from Single