Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Cara Memahami Wanita yang Sulit Ditebak, Lebih Peka Yuk!

Buat dia nyaman

Nafi' Khoiriyah

Saat dekat dengan seorang wanita, tentu ada beberapa hal yang sulit dipahami oleh seorang pria. Bahkan saat sudah menjadi kekasih pun, selalu ada hal yang membuat pria kebingungan. 

Maka dari itu, cara memahami wanita perlu kamu tahu supaya bisa lebih dekat dengannya. Cara ini bukan dengan memperlakukannya secara berbeda, tetapi untuk memberikan kepercayaan, pengertian, dan komunikasi yang baik satu sama lain. 

Dengan seni memahami kekasih itu, maka ikatan yang terjalin antara kamu dan wanita tersebut bisa tumbuh seiring dengan berjalannya waktu. 

1. Jangan membuat asumsi tentangnya

Unsplash.com/unsplash.com

Jika baru saja dekat dengan seseorang, maka hindari membuat asumsi tentangnya. Kamu akan sulit memahami seseorang jika sudah berasumsi mengetahui segalanya tentang mereka. 

Mulailah untuk memahaminya dengan melepaskan asumsi apa pun yang ada di pikiranmu tentang wanita tersebut. Misalnya saja, jangan berasumsi dia kesepian dan sedang mencari hubungan. Sebab, tidak semua wanita ingin menjalin hubungan romantis pada saat itu. 

2. Ajukan pertanyaan tentang perasaan, pikiran, dan keyakinannya

pexels.com/cottonbro

Cara memahami wanita yang lainnya adalah dengan mengajukan tentang perasaan, pikiran, dan keyakinannya. Ya, cara terbaik untuk mengenal dan memahaminya adalah dengan berbicara padanya. 

Ajukan pertanyaan padanya, tetapi jangan yang terlalu pribadi atau mengganggu. Apalagi jika kamu belum begitu mengenalnya, ajukan saja pertanyaan tentang hobi, pekerjaan, maupun mimpi yang akan dicapai. 

3. Bicaralah dengan orang lain yang mengenalnya

Freepik.com/Freepik

Jika kamu sedang berusaha memahami wanita, langsung bertemu dengannya maupun berbicara mungkin akan sulit dilakukan. Supaya tidak salah langkah, kamu bisa mencoba seni memahami kekasih dengan berbicara dengan orang lain untuk mendapatkan sudut pandang lainnya (misalnya, berbicara dengan temannya).

Berbicara dengan temannya akan membantumu memahami tentang tindakan dan pikiran wanita. Kamu bisa menanyakan hal-hal yang disukai maupun yang tidak boleh dibahas dengan si dia.

4. Dengarkan dengan baik apa yang dia katakan

Pexels.com/Felix Young

Melontarkan banyak pertanyaan saja tanpa didengarkan tentu akan membuat wanita tidak merasa dipahami. Kamu perlu mendengarkan dengan saksama apa yang dia katakan supaya tahu bagaimana cara menghadapinya.

Cara memahami wanita ini bisa membuatmu bisa menanggapi obrolan dan tidak terkesan canggung. Kalaupun ada yang kurang paham, cobalah untuk menanyakan atau memastikan padanya. 

5. Coba tempatkan dirimu pada posisinya

unsplash.com/Priscilla Du Preez 🇨🇦

Alih-alih hanya melihat dan berbicara, kamu akan lebih mudah memahami wanita dengan mengembangkan rasa empati. Rasa empati itu dilakukan dengan menempatkan dirimu pada posisinya.  

Coba bayangkan jika kamu berada dalam keadaan tersebut dan apa yang kamu pikirkan jika ada di situasi yan sama. Jadi, kamu tidak akan terkesan menghakimi, justru tampak mengerti. 

6. Pelajari tentang isu yang dihadapi wanita

Freepik.com/freepik

Beberapa wanita yang sulit ditebak biasanya tertarik dengan isu-isu yang sedang hangat diperbincangkan. Maka dari itu, cobalah untuk memahami bagaimana tekanan yang mereka hadapi sebagai wanita dengan mempelajari isu tersebut. 

Cara untuk mempelajarinya bisa dengan membaca artikel, buku, maupun opini tentang kesetaraan gender misalnya. Sekali lagi, jangan bersikap menghakimi, tetapi cobalah berpikir terbuka dan melihat sesuatu dari sudut pandangnya. 

7. Tunjukkan minat pada hal-hal yang menjadi perhatiannya

Freepik.com/freepik

Bukan berbohong, tetapi menunjukkan minat pada hal-hal yang menjadi perhatian wanita yang kita sukai merupakan cara memahami wanita juga. Dengan seni memahami kekasih ini, kamu bisa mencari peluang untuk mendekatinya dengan ikut berpartisipasi dalam hobinya. 

Untuk memulainya, kamu bisa menanyakan tentang film favorit maupun hobinya. Mengetahui hal-hal semacam itu akan mendekatkan kalian dan memberikan lebih banyak pemahaman tentang wanita itu. 

8. Berikan argumen yang hormat dan membangun

Freepik.com/lookstudio

Sesekali mungkin kamu akan menghadapi perbedaan pendapat dan pemikiran dengan wanita yang menjadi pasanganmu. Namun, jangan sampai untuk mengambil kesimpulan yang buru-buru dan bersikap defensif. 

Justru, komunikasikan tentang perbedaan tersebut dan cobalah untuk menghargai pendapatnya dengan penuh hormat dan tenang. Dengan berkompromi satu sama lain seperti itu, maka akan terwujud penyelesaian yang tidak selalu tentang benar atau salah. 

9. Komunikasi secara terbuka dan berani

pexels.com/Helena Lopes

Berkomunikasi secara terbuka dan berani alih-alih kaku bisa membuatmu lebih mudah memahami wanita. Kebanyakan wanita tidak kaku, mereka suka jika diajak untuk berkomunikasi dan berdiskusi. 

Cobalah tanyakan apa yang ada di benakmu. Jangan takut salah persepsi, sebab kamu bisa saling memahami satu sama lain. Kalaupun ada ungkapan yang tidak bisa kamu pahami, maka biarkan dia yang menjelaskannya kembali. 

10. Habiskan waktu bersamanya

Pexels.com/RODNAE Productions

Terakhir dan yang menjadi kunci cara memahami wanita adalah menghabiskan waktu dengannya. Dengan menghabiskan waktu bersamanya, itu akan membantumu memahaminya dengan lebih baik. 

Kamu akan mendapatkan kesempatan untuk melihat bagaimana ia berperilaku dalam situasi yang berbeda dan dengan orang yang berbeda. Pilihlah untuk melakukan sesuatu yang santai, seperti nongkrong atau makan siang. 

10 cara memahami wanita dia atas bisa membuatmu menjadi lebih dekat dengannya. Sosoknya yang sulit ditebak pun pelan-pelan bisa kamu pahami.

Kalau kamu pengin tahu seni memahami kekasih dengan lebih baik, saksikan penayangan film Seni Memahami Kekasih di bioskop 5 September 2024 mendatang.

Film garapan IDN Pictures ini akan menceritakan kisah cinta Agus dan Kalis yang unik. Bergenre komedi romantis, Seni Memahami Kekasih akan dibintangi oleh Febby Rastanty dan Elang El Gibran. Nantikan penayangannya dan jangan sampai kelewatan, ya!

IDN Channels

Latest from Single