Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Alasan Mengapa Orang Membenci Kita Tanpa Sebab

Insecure bisa jadi penyebabnya, lho!

Indah Utami

Bela, pernahkah kamu merasa diabaikan atau bahkan dibenci tanpa alasan yang jelas oleh seseorang? Kamu jadi bertanya-tanya, kenapa hal ini bisa terjadi padamu. Padahal, jika dipikirkan kembali, orang yang membencimu terlihat baik dan tidak punya konflik apa pun denganmu, bahkan mungkin belum mengenalmu secara langsung. 

Nah, ternyata ada beberapa alasan umum yang dapat membuat seseorang dibenci tanpa sebab yang jelas? Buat kamu yang sedang berada di posisi ini, berikut alasan mengapa orang membenci kita tanpa sebab.

1. Belum mengenal kita

freepik.com/freepik

Alasan utama orang membenci kita tanpa sebab biasanya karena mereka belum mengenal kita dengan baik. Ini sering terjadi akibat kesalahpahaman. Bisa juga karena ekspresi wajah yang kurang ramah saat pertama kali bertemu, atau hal-hal lain yang membuat mereka tidak suka pada kita, sampai akhirnya memutuskan untuk membenci setiap kali bertemu.

2. Tidak suka dengan pemikiran kita

freepik.com/freepik

Selain belum mengenal kita dengan baik, orang lain juga bisa membenci kita tanpa sebab karena mereka tidak menyukai cara kita berpikir. Biasanya, ini terjadi tanpa disadari dan terlihat saat kita memecahkan masalah atau membahas suatu topik saat berbincang.

Pemikiran berbeda yang kita miliki biasanya membuat dia tidak nyaman atau membuat perhatian orang lain jadi teralihkan pada kita. Hal inilah yang kemudian menjadi pemicu untuk mereka membenci kita begitu saja.

3. Dianggap terlalu sombong atau terlalu percaya diri

freepik.com/freepik

Terkadang, meskipun kita merasa tidak sombong atau terlalu percaya diri, orang lain bisa memiliki persepsi yang berbeda, lho. Sikap kita yang dinilai terlalu percaya diri atau terlihat sombong ini ternyata bisa membuat orang lain merasa tidak nyaman atau terintimidasi. Bagi orang yang melihat sikap kita itu dari sudut pandang negatif, maka akan dengan mudah untuk mereka membenci kita tanpa alasan yang jelas.

4. Orang tersebut merasa kesepian dan ingin mencari teman

freepik.com/freepik

Demi menghilangkan rasa kesepian, banyak orang rela melakukan apa pun. Salah satunya adalah dengan membenci orang lain tanpa sebab. Ia melakukannya agar bisa diterima dalam suatu kelompok. Dengan mendukung kebencian yang dimiliki oleh orang lain, mereka bisa bergabung dan berteman dengan orang tersebut.

Padahal, membenci orang lain tidak akan membuat rasa kesepian itu hilang. Sebaliknya, kamu justru akan semakin merasa terluka karena harus mengorbankan orang lain demi memiliki teman.

5. Mencari tempat pelampiasan

freepik.com/freepik

Karena tekanan yang dialami begitu berat, beberapa orang sering mencari orang lain untuk dijadikan pelampiasan. Bagi mereka, lebih mudah menyalahkan orang lain daripada mengakui kesalahan sendiri.

Namun percayalah, tindakan ini hanya akan membuat mereka semakin tersiksa. Kenapa? Karena masalah dalam diri mereka harus diselesaikan hingga tuntas. Apabila seseorang terus menolak untuk menyelesaikan permasalahan yang dialaminya sehingga membuat dia merasa tertekan, maka di masa depan ia bisa mengalami gangguan kejiwaan dan kesehatan.

6. Salah paham yang timbul

freepik.com/freepik

Alasan umum lainnya mengapa orang bisa membenci kita adalah karena salah paham terhadap kebaikan yang kita lakukan. Ternyata, perbuatan baik kita tidak selalu membuat orang lain menyukai kita, lho. Hal ini terjadi karena mereka punya rasa curiga yang tinggi terhadap tindakan kita.

7. Mereka punya tingkat insecure yang tinggi

Freepik.com/freepik

Kebiasaan membandingkan diri sendiri dengan orang lain atau insecure, tentunya mampu membuat siapa pun memiliki kepercayaan diri yang rendah, dan merasa iri untuk ingin memiliki hidup seperti orang lain.

Akibat rasa kesal yang tak tersampaikan ini, akhirnya ia menjadi benci kepada orang lain tanpa alasan yang jelas. Ingatlah, semua orang sudah memiliki porsinya masing-masing, insecure tidak akan membuat hidup lebih indah. Sebaliknya, kamu justru akan memiliki hidup yang jauh lebih tertekan.

8. Kita dianggap terlalu sukses

freepik.com/user15449331

Alasan orang membenci kita tanpa sebab selanjutnya, yakni menganggap kita terlalu sukses atau berhasil menjalani pahitnya kehidupan.

Meskipun kita mungkin berharap bahwa kesuksesan atau pencapaian kita mampu membuat orang lain kagum dan mendukung kita, namun kenyataannya, ada orang yang justru membenci kita karena hal tersebut. Mereka merasa terancam dan percaya bahwa keberhasilan kita mengurangi nilai atau posisi mereka dalam lingkungan sosial.

9. Orang lain merasa tidak nyaman atau tidak cocok dengan kita

Freepik.com/Freepik

Terakhir, walaupun kita merasa nyaman dengan diri kita sendiri, mungkin ada orang lain yang tidak merasa cocok dengan kepribadian atau gaya hidup kita. Hal seperti ini juga bisa menjadi alasan seseorang untuk membenci kita tanpa sebab, loh Bela.

Mungkin ada beberapa perbedaan dalam gaya hidup, kepribadian, atau preferensi yang membuat orang lain merasa tidak cocok dengan kita. Beberapa orang mungkin merasa terintimidasi oleh kehadiran kita, hingga merasa tidak nyaman dengan cara kita berkomunikasi atau berinteraksi dengan mereka.

Nah, itulah beberapa alasan umum mengapa orang membenci kita tanpa sebab. Namun, walau di luar sana ada orang yang membenci dirimu tanpa alasan yang jelas, cobalah untuk tidak terlalu peduli dan tetap tenang.

Pahamilah alasannya dan tetap fokus pada kehidupan kita yang lebih baik. Dengan begitu, kita dapat menjaga kedamaian dalam diri sendiri dan mungkin bisa memperbaiki hubungan dengan mereka seiring waktu.

IDN Channels

Latest from Single