Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Sikap agar Tidak Diremehkan karena Belum Menikah

Tunjukkan sikap berikut pada orang-orang yang suka nyinyir

Astri Amalia

Nggak bisa dipungkiri bahwa bagi perempuan dewasa yang belum kunjung dipertemukan dengan jodohnya, ada saja segelintir orang-orang yang nyinyir karena status mereka yang masih melajang. Beberapa menganggap seakan-akan pernikahan bak sebuah perlombaan yang harus di mulai di titik start yang sama. Kalau perempuan belum menikah di usia tertentu, dibilang punya standar ketinggian lah, banyak pilih-pilih lah, dan anggapan-anggapan lainnya.

Sampai-sampai, nggak jarang ada yang berkata, “Jangan banyak pilih-pilih, nanti jadi perawan tua!","Pasti hidupmu nggak bahagia, ya" atau "Kasihan banget belum ada yang seriusin" dan perkataan bernada sumbang serta meremehkan lainnya.

Padahal, keputusan untuk menikah itu memang perlu dipikirkan matang-matang. Jangan sampai salah langkah, sehingga mengakibatkan hubungan pernikahan yang nggak bahagia di kemudian hari.

Menghadapi orang-orang julid semacam ini tentu saja bisa sangat menguras energi. Oleh sebab itu, kamu patut menunjukkan beberapa sikap agar tidak diremehkan mereka karena belum menikah.

Nih, Popbela spill 9 sikap agar tidak diremehkan karena belum menikah. Check this out!

1. Percaya diri

Pexels.com/Taha Samet Arslan

Sikap agar tidak diremehkan karena belum menikah yang pertama adalah menjadi percaya diri.

Ironisnya, orang-orang yang kerap memandangmu rendah karena kamu belum menikah biasanya punya perasaan insecure yang mendalam. Selain itu, ada kemungkinan mereka sebenarnya merasa nggak bahagia di dalam hubungannya, sehingga mencari ‘target’ yang dirasa lebih rendah dari mereka supaya turut merasakan ketidakbahagiaan.

Tapi tenang saja, Bela. Karena ketika kamu terlihat percaya diri dan baik-baik saja di depan orang-orang yang gemar mengurusi kehidupan orang lain, mereka bakal capek sendiri dan berhenti untuk merecoki kehidupanmu.

2. Menanggapi ucapan mereka dengan santai

Pexels/ Brett Sayles

Nyatanya, cara terbaik dalam menanggapi orang-orang yang suka meremehkan karena kamu belum menikah ialah dengan sikap yang santai. Kalau kamu bersikap marah-marah atas ucapan mereka, maka mereka akan merasa senang dan menang. Tapi, kalau kamu menjawab pertanyaan mereka dengan santai, mereka bakal merasa tidak ditanggapi dan pada akhirnya, berhenti nyinyir sendiri, deh!

3. Tidak merespons sama sekali

Pexels.com/Tim Douglas

Kalau kamu mau bertindak sedikit lebih savage alias ‘kejam’, kamu punya hak, kok untuk tidak merespons mereka sama sekali. Misalnya, beberapa orang terdekatmu mengata-ngatai karena di usiamu saat ini, kamu belum menikah dan disebut nggak laku, kamu nggak perlu memberikan jawaban apa pun pada mereka. Ingatlah bahwa nggak semua hal wajib kamu tanggapi, terlebih jika hal itu membuatmu merasa nggak nyaman.

4. Fokus untuk mengembangkan diri

Freepik.com/freepik

Sikap agar tidak diremehkan karena belum menikah selanjutnya adalah dengan memfokuskan diri untuk mengembangkan dirimu. Lakukan saja apa pun yang dirasa menarik minat dan menambah kemampuanmu. Mau mencoba hobi baru? Atau ikut komunitas baru? Sekarang adalah saat yang tepat.

Saat kamu fokus pada hal-hal yang baik bagi pengembangan dirimu, kamu nggak akan merasa terganggu sedikitpun atas omongan orang yang merendahkanmu karena belum juga menikah.

5. Unjuk kebahagiaan dengan kehidupan lajangmu

Freepik.com/freepik

Yes, menunjukkan kehidupanmu yang bahagia karena masih melajang bisa jadi sikap terbaik untuk menutup mulut orang-orang yang suka meremehkan statusmu itu. Perlihatkan kalau kamu punya kehidupan yang memuaskan, karier yang gemilang, serta punya teman-teman baik yang bikin hidupmu terasa sangat menyenangkan dan terpenuhi.

6. Tegaskan ketidaknyamananmu pada suara sumbang mereka

Pexels.com/Budgeron Bach

Apabila kamu merasa terganggu atas sikap mereka, kamu juga boleh, lho menegaskan rasa ketidaknyamananmu itu. Kamu bisa sampaikan jika ucapan mereka itu menyakiti hati dan keterlaluan. Jelaskan juga batasanmu seperti kamu tidak berkenan untuk mendengar ujaran nyinyir mereka lagi di kemudian hari.

Dengan menegaskan rasa tidak nyaman dan batasan pada mereka, besar kemungkinkan mereka akan merasa takut untuk mencoba meremehkanmu lagi di lain waktu.

7. Balas sikap mereka dengan kebaikan

Freepik.com/freepik

Sikap paling bijaksana dalam menanggapi orang-orang yang meremehkanmu karena belum menikah adalah dengan melakukan kebaikan. Sikap satu ini mungkin cukup sulit untuk dilakukan, mengingat kamu perlu memiliki welas asih yang besar terhadap orang-orang tersebut.

Tapi percayalah, saat kamu menunjukkan kebaikan dengan hati yang tulus, ada kemungkinan bahwa mereka akan berhenti merendahkanmu, dan bahkan meminta maaf padamu.

Beberapa contoh sikap kebaikan yang bisa kamu tunjukkan ialah, memberikan mereka pertolongan di saat mereka membutuhkan, hingga memberi mereka hadiah.

8. Belajar untuk mengenali diri lebih dalam

Freepik.com/freepik

Supaya orang berhenti merendahkanmu atas status jomblo yang kamu miliki, coba, deh untuk mengenali dirimu lebih dalam. Tujuannya untuk membangun rasa percaya diri, mengembangkan rasa syukur, serta memahami luka dan trauma yang bikin kamu terkadang jadi terpantik atas omongan bernada sumbang dari orang-orang di sekitamu itu.

Selain itu, mengenal diri lebih dalam juga membantumu untuk memahami kebutuhan diri dengan lebih baik. Sehingga, jika suatu saat kamu dipertemukan dengan jodoh terbaik yang Tuhan titipkan, maka dia bisa belajar untuk memenuhinya, yang pada akhirnya bikin hubungan pernikahanmu lebih sehat dan bermakna.

9. Tinggalkan lingkungan tersebut

Pexels.com/Liza Summer

Sikap terakhir yang bisa kamu tunjukkan jika kamu diremehkan karena belum menikah adalah meninggalkan lingkungan toxic tersebut. Misalnya orang-orang itu merupakan teman terdekatmu, maka jadikan ini sebuah pertanda agar kamu mulai mencari lingkungan pertemanan yang jauh lebih sehat.

Ingatlah bahwa kamu terlalu berharga untuk dikelilingi orang-orang yang sukar berempati dan gemar merendahkanmu.

Jadi, itulah 9 sikap agar tidak diremehkan karena belum menikah. Bagaimana menurutmu, Bela?

IDN Channels

Latest from Single