Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Lost Contact Adalah Hilang Komunikasi, Ini Penyebabnya di Pertemanan

Lost contact bisa kamu alami bahkan dengan teman sendiri

Astri Amalia

Menjaga sebuah hubungan di usia dewasa memang jadi tantangan tersendiri. Kita ambil contoh dalam hubungan pertemanan. Seiring kesibukan yang semakin meningkat dan prioritas yang bergeser, membuat kita kian kesulitan untuk mengatur jadwal temu dengan teman. Belum lagi kalau sudah terlampau kelelahan dengan aktivitas sehari-hari, rasanya sudah nggak ada energi lagi untuk sekadar berkomunikasi lewat pesan teks dengan mereka.

Alhasil, minimnya interaksi yang terjadi pun rentan membuat kita semakin jauh dari mereka. Nggak menutup kemungkinan kita juga bisa sampai lost contact dengan mereka.

Tapi sebenarnya, apa sih lost contact itu?

Lost contact adalah hilang komunikasi

Unsplash.com/Kev Costello

Mengutip laman Cambridge Dictionary, lost contact adalah kehilangan kontak, berhenti berkomunikasi dengan seseorang—biasanya karena mereka tidak tinggal di dekatmu saat ini, atau berhenti berkomunikasi dengan suatu organisasi. Di samping itu, lost contact juga bisa diartikan ketika kamu mengurangi intensitas atau bahkan memutus komunikasi dengan orang lain, seperti halnya teman tanpa disengaja.

Penyebab terjadinya lost contact dengan teman

unsplash.com/Olena Kamenetska

Lost contact adalah hal yang nggak bisa dielakkan dalam hubungan apa pun, termasuk dalam hubungan pertemanan. Tapi, apa sih yang menyebabkan seseorang bisa sampai kehilangan kontak dengan teman-temannya, Bela? 

Berikut Popbela ulas lebih dalam penyebab terjadinya lost contact. Check this out!

1. Kesibukan dalam pekerjaan

Freepik.com/tirachardz

Sebagai seorang dewasa, kehidupan kita sudah tidak sama lagi seperti halnya saat sekolah dulu. Di masa sekolah, yang kita pikirkan hanyalah belajar dengan baik, mengikuti kegiatan yang dapat meningkatkan kemampuan—seperti les bahasa dan alat musik, aktif berorganisasi, hingga menghabiskan waktu untuk bermain dengan teman sepulang sekolah. Nggak ada, tuh pikiran untuk membayar tagihan listrik, atau bahkan memikirkan bagaimana agar uang yang didapat bisa cukup sampai akhir bulan.

Di masa itu, orangtuamu yang memiliki tanggung jawab tersebut. Tapi sekarang, kamulah yang memegang alih tanggung jawab itu.

Sehingga, kamu pun akan jauh lebih sibuk untuk fokus bekerja demi bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari. Maka, nggak heran jika ada beberapa hal yang terabaikan, termasuk dengan menjaga komunikasi dengan teman-temanmu. Pada akhirnya, hal ini berpotensi untuk membuatmu kehilangan kontak dengan mereka.

2. Memprioritaskan keluarga

Freepik.com/senivpetro

Setelah kamu beranjak dewasa, mungkin salah satu keinginanmu dalam hidup adalah untuk menikah dan menikmati kehidupan bersama dengan keluarga. Fokusmu pun kini sudah kepada suami juga anak-anakmu. Ketika ini terjadi, adalah hal yang sangat natural apabila waktu yang tersedia untuk teman-temanmu semakin berkurang. Nggak menutup kemungkinan juga kamu akan lost contact dengan mereka.

3. Adanya konflik yang belum terselesaikan

Pexels.com/Liza Summer

Konflik adalah sebuah hal yang nggak bisa dihindari dalam hubungan apa pun, termasuk hubungan pertemanan. Walaupun konflik adalah hal yang akan selalu hadir dalam hubungan pertemanan, nggak serta-merta menjamin baik kamu dan temanmu dapat menyelesaikan konflik dengan cara yang sehat dan baik. Akibatnya, hubungan di antara kalian pun jadi merenggang dan kemudian terjadilah lost contact.

4. Kesehatan mental yang terganggu

Pexels.com/Liza Summer

Saat kesehatan mental terganggu, lost contact adalah hal yang sangat mungkin terjadi dalam hubungan pertemanan. Apabila kamu mengalami kondisi mental yang membuatmu kesulitan untuk bersosialisasi, seperti halnya kecemasan sosial, maka rentan membuatmu mengisolasi diri dari teman-temanmu, meskipun sebenarnya kamu sangat ingin terhubung dengan mereka.

5. Pendewasaan diri

Pexels.com/Andre Furtado

Seiring bertambahnya usia dan mendapatkan semakin banyak pengalaman hidup yang mendewasakan diri, maka nggak bisa dipungkiri bahwa hubungan dengan teman bisa mengalami kecenderungan untuk berubah. Semakin dewasa pola pikirmu, maka kamu sudah nggak akan bisa terhubung dengan teman-temanmu yang masih memiliki pola pikir kekanak-kanakan. Secara alami, kamu pasti nggak akan tertarik untuk memiliki hubungan dengan mereka karena dirasa sudah tidak satu frekuensi. Akhirnya, lost contact pun menjadi hal yang nggak bisa dielakkan.

6. Ketidakmampuan untuk menjaga komunikasi dengan baik

Pexels.com/Dương Nhân

Selanjutnya, lost contact juga bisa terjadi apabila kamu nggak memiliki kemampuan yang cukup baik dalam menjaga komunikasi dengan teman-temanmu, Bela. Seperti halnya nggak bisa meluangkan waktu untuk sekadar chit chat atau membuat jadwal temu dengan mereka beberapa bulan sekali.

Cara untuk kembali terhubung setelah lost contact dengan teman

Unsplash.com/Jon Ly

Kehilangan kontak dengan teman-teman mungkin akan membuatmu merasa sedih dan juga kesepian. Tapi sebenarnya, kamu masih bisa terkoneksi kembali dengan mereka, lho asalkan tahu caranya. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk kembali terhubung dengan temanmu setelah sempat lost contact dengan mereka.

1. Terhubung di media sosial

pexels.com

Saat ini media sosial bisa jadi sarana untuk kembali terhubung dengan teman-temanmu. Sebagai permulaan, coba ikuti mereka di Instagram dan meminta mereka untuk mengikutimu juga. Setelahnya, kamu bisa memberikan komentar atau reaksi di unggahan mereka.

Kalau kamu nggak tahu harus berkata apa, cobalah dengan memberi pujian atau pertanyaan seputar unggahannya. Semakin sering kamu mencoba berinteraksi, maka semakin mudah untukmu kembali terkoneksi dengan mereka.

2. Kirimkan pesan singkat

Freepik.com/Benzoix

Setelah lebih nyaman untuk memberi komentar dan reaksi pada unggahan sosial media mereka, selanjutnya kamu perlu coba mengirimkan pesan singkat. Yup, untuk mengembalikan jalinan pertemanan seperti sediakala, maka kamu harus berinteraksi lebih intens alih-alih hanya memberi komentar di laman sosial media mereka, Bela.

Sapa mereka lewat DM dan tanyakan kabar mereka. Jika masih ragu mau berkata apa, berikut ada beberapa contoh pesan yang bisa kamu kirimkan:

  1. "Hai [Nama temanmu], gimana kabarmu?"
  2. "Apa kabar? Sudah lama banget ya kita nggak ketemu, senang banget bisa hubungin kamu"
  3. "Hai [Nama temanmu] aku kangen banget sama kamu! Kamu sehat?"
  4. "Hai [Nama temanmu] aku menemukan barang ini dan jadi ingat waktu semasa sekolah kita dulu!"
  5. "Aku senang banget bisa ngobrol lagi sama kamu!"
  6. "[Nama temanmu] kamu masih suka ngobrol sama teman kita yang lain?"

Walaupun mungkin akan terasa menegangkan di awal, tapi yakin, deh bahwa teman-temanmu pasti sangat senang karena kamu menghubungi mereka.

3. Belajar mengatasi konflik

Pexels.com/Liza Summer

Apabila lost contact dengan temanmu itu karena adanya permasalahan di masa lalu, maka kalau kamu ingin kembali terkoneksi dengannya dimulai dengan menyelesaikan konflik. Kamu bisa menyapanya terlebih dahulu dan menanyakan kabarnya. Setelah itu, cobalah untuk terbuka mengenai kejadian di masa lalu. Jangan lupa untuk meminta maaf atas kejadian kala itu yang menyebabkan hubungan kalian semakin merenggang.

Mungkin akan sedikit menakutkan untuk melakukan ini, terlebih pikiran bahwa dia nggak akan meresponsmu sama sekali. Tapi yakinlah, dengan keberanianmu ini akan menunjukkan kalau kamu benar-benar berniat menyelesaikan pertikaian di masa lalu dan membangun kembali persahabatan dengannya.

4. Ajak untuk bertemu

Pexels.com/Kampus Production

Jika kamu tipe orang yang nggak suka basa-basi, maka langsung saja tanyakan kesediaan temanmu untuk berkumpul. Besar kemungkinan dia merasa senang karena kamu menghubunginya terlebih dahulu. Kalau dia menyetujui ajakanmu ini, usulkan tanggal dan tempat untuk bertemu dengannya. Setelahnya, pastikan bahwa di waktu tersebut, kamu nggak mempunyai jadwal apa pun, ya.

Jadi itulah tadi ulasan mengenai lost contact. Bisa diartikan, lost contact adalah hilang komunikasi dengan seseorang. Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya, Bela!

IDN Channels

Latest from Single