Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Lagu tentang Perjuangan Hidup, Bantu Bangkit dari Keterpurukan

Lagu mana, nih yang kamu suka?

Astri Amalia

Ketika kita hendak meraih mimpi, sudah sepatutnya kita terus berjuang untuk mewujudkannya. Namun, terkadang ada saja aral melintang yang bikin kita putus asa dan merasa ingin menyerah di tengah jalan.

Kegagalan demi kegagalan yang didapat, rasanya bak sebuah kepastian akan kegagalan di masa depan. Padahal, saat kita terus melakukan yang terbaik dan memasrahkan pada Sang Khalik, bukan tidak mungkin hidup di depan sana akan menjadi jauh lebih baik.

Pada artikel kali ini, Popbela punya daftar 10 lagu tentang perjuangan hidup yang bisa bantu kamu untuk tetap semangat mewujudkan impian, kendati sempat diterpa keterpurukan. Keep scrolling, Bela!

1. D’Masiv - "Esok Kan Bahagia"

Lagu tentang perjuangan hidup yang pertama adalah "Esok Kan Bahagia" yang dinyanyikan oleh grup band asal Jakarta, D’Masiv, bersama dengan 3 vokalis kenamaan Indonesia, Ariel, Giring, dan Momo.

Lagu yang dirilis pada 2014 ini memberikan suntikan semangat bagi orang-orang untuk terus berjuang, terlepas dari masalah maupun kegagalan yang sempat dihadapi. Sebab, pasti akan selalu ada hikmah dibalik segala ujian dan cobaan.

Hidup yang kujalani, masalah yang kuhadapi // Semua yang terjadi, pasti ada hikmahnya // Ku kan terus berjuang, ku kan terus bermimpi // ‘Tuk hidup yang lebih baik // ‘Tuk hidup yang lebih indah

2. Peterpan - "Walau Habis Terang"

Salah satu lagu hits Peterpan, "Walau Habis Terang" menggambarkan tentang kenyataan hidup yang terkadang tidak sesuai dengan ekspektasi. Namun, ia percaya bahwa setelah kegelapan yang tengah dihadapi, akan ada terang setelahnya, asalkan dia terus menjalani hidup sembari berserah diri.

Lagu ini tentunya jadi pesan pengingat bahwa di dalam hidup, kamu nggak perlu memaksakan atas segala rencana dan ekspektasi. Sebab, takdir bisa saja tidak sejalan dengan apa yang kamu harapkan. Maka dari itu, berserahlah kepada Tuhan, agar kamu merasa tenang dan kembali menemukan titik terang.

Biarkan semua // Seperti seharusnya // Takkan pernah // Menjadi milikku // Lupakan semua tinggalkan ini // Ku kan tenang, dan kau kan pergi // Berjalanlah walau habis terang // Ambil cahaya cinta ku terangi jalanmu // Di antara beribu lainnya // Kau tetap //Kau tetap // Kau tetap // Benderang

3. Tulus - "Manusia Kuat"

"Manusia Kuat" merupakan lagu dari solois berdarah Minang, Tulus, yang dirilis pada 2016 lalu. Lagu yang menceritakan tentang betapa kuatnya seorang manusia, terlepas dari adanya kekurangan dan ujian yang terus menghantam ini dipilih menjadi lagu resmi dalam perhelatan Asian Para Games pada tahun 2018.

Tiap penggalan lirik dalam "Manusia Kuat" benar-benar jadi pengingat bahwa sejatinya manusia memiliki kekuatan yang luar biasa untuk terus bangkit dari keterpurukan.

Kau bisa merebut senyumku // Tapi sungguh tak akan lama // Kau bisa merobek hatiku // Tapi aku tahu obatnya // Manusia-manusia kuat itu kita // Jiwa-jiwa yang kuat itu kita

4. Tulus - "Diri"

Masih dari Tulus, lagu "Diri" mengajak kita untuk berdamai dengan diri sendiri. Terkadang, perjuangan hidup bukan hanya tentang mengejar impian ataupun cita-cita, melainkan juga tentang perjuangan untuk menerima diri seapa adanya dan menyembuhkan dari luka batin yang masih dibawa hingga saat ini.

Dengan petikan gitar akustik dan iringan piano yang beradu apik, "Diri" jadi lagu yang mampu memberikan ketenangan dan kenyamanan bagi pendengarnya.

Maafkan semua yang lalu // Ampuni hati kecilmu // Luka-luka hilanglah luka // Biar tenteram yang berkuasa // Kau terlalu berharga untuk luka // Katakan pada dirimu // Semua baik-baik saja

5. Bondan Prakoso ft. Fade2Black - "Ya Sudahlah"

Di dalam hidup, nggak bisa kita pungkiri bahwa kadang kala mimpi yang kita miliki tidak semuanya bisa terwujud. Tetapi, tentu dunia tidak akan berakhir begitu saja.

"Ya Sudahlah" yang dinyanyikan oleh Bondan Prakoso bersama dengan Fade2Black ini meyakinkan para pendengarnya bahwa hidupmu akan baik-baik saja, meskipun masalah terus menerjang dan impian-impianmu tak pernah kesampaian.

Juga 'ku tahu lagi problema 'kan terus menerjang // Bagai deras ombak yang menabrak karang // Namun 'ku tahu, 'ku tahu kau mampu 'tuk tetap tenang // Hadapi ini bersamaku hingga ajal datang

6. D’Masiv - "Jangan Menyerah"

Adakalanya manusia merasa ingin menyerah ketika cobaan datang dalam hidup. Dalam situasi ini, nggak jarang hidup pun terasa seperti nggak ada artinya lagi.

Tetapi, D’Masiv dalam lagunya yang bertajuk "Jangan Menyerah" mengingatkan kita untuk terus berusaha melakukan yang terbaik dan tidak menyerah begitu saja. Karena, saat kita terus memberikan yang terbaik sesuai dengan kapasitas kita sebagai manusia, di situlah Tuhan akan memberikan bantuan-Nya.

Syukuri apa yang ada // Hidup adalah anug'rah // Tetap jalani hidup ini // Melakukan yang terbaik // Tuhan pasti 'kan menunjukkan // Kebesaran dan kuasa-Nya // Bagi hamba-Nya yang sabar // Dan tak kenal putus asa

7. Dewa 19 - "Hidup Adalah Perjuangan"

"Hidup Adalah Perjuangan" merupakan lagu dari grup band Dewa 19 yang telah dirilis lebih dari dua dekade lalu. Lagu ini mengajak para pendengar untuk terus berjuang di dalam hidup, kendati mendapati kegagalan.

Selain itu, lagu ciptaan Ahmad Dhani ini juga mengingatkan agar kita terus berusaha dan berdoa dengan Sang Maha Kuasa, sebab keberuntungan dalam hidup tidak ada yang didapatkan secara cuma-cuma.

Hidup adalah perjuangan tanpa henti-henti // Usah kau menangisi hari kemarin // Tak ada yang jatuh dari langit // Dengan cuma-cuma // Semua usaha dan doa

8. Hindia - "Secukupnya"

Penyanyi, Hindia juga punya lagu tentang perjuangan hidup yang penuh dengan pesan memotivasi. Dalam "Secukupnya", Baskara Putra yang merupakan nama asli dari Hindia meminta supaya para pendengar untuk tidak terlalu overthinking atas apa yang akan terjadi di esok hari, pun bersedih secukupnya saja atas permasalahan hidup yang datang menghampiri.

Kapan terakhir kali kamu dapat tertidur tenang (renggang) // Tak perlu memikirkan tentang apa yang akan datang di esok hari // Tubuh yang berpatah hati bergantung pada gaji // Berlomba jadi asri mengais validasi

9. GAC - "Bahagia"

Lagu tentang perjuangan hidup selanjutnya datang dari trio, GAC. "Bahagia" bak sebuah pengingat supaya kita bangkit dari masalah di masa lalu, dan terus bergerak meraih mimpi. Karena masalah yang lalu bukanlah penentu kehidupanmu di hari esok.

Selain itu, Gamaliel, Audrey, dan Cantika juga berpesan agar pendengar senantiasa bersyukur atas rahmat dan berkat yang Tuhan berikan dalam hidup.

Percayalah kawan esok kan berbeda // Pastikan engkau mencoba // Buat mimpimu jadi nyata oh nyata ah // Kita semua pasti bisa asalkan kita melangkah // Sambut hari yang indah yeah ey // Marilah kita mensyukuri // Semua berkat dalam hidup ini // Kita bahagia ia kita bahagia

10. Kunto Aji - "Rehat"

Saat berjuang untuk meraih mimpi, terkadang kita merasa memiliki kendali penuh atas terwujudnya mimpi. Seakan impian bisa tercapai asalkan terus dikejar setengah mati. Padahal, mau sepontang-panting apa pun kamu dalam mewujudkan harapan, tetaplah Tuhan yang menentukan.

Kunto Aji dalam "Rehat" mengingatkan kita untuk belajar melepas kontrol atas hidup dan berserah pada Sang Maha Pencipta.

Yang dicari hilang // Yang dikejar lari // Yang ditunggu // Yang diharap // Biarkanlah semesta bekerja // Untukmu

Itulah beberapa lagu tentang perjuangan hidup dengan lirik yang begitu memotivasi. Bagaimana menurutmu, Bela?

IDN Channels

Latest from Single