Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Girl Crush Artinya Kagum pada Perempuan Lain, Ini Penjelasannya!

Kira-kira apa maksudnya, ya?

Astri Amalia

Bela, pernah nggak, sih kamu melihat seorang perempuan—entah itu seorang selebriti, influencer, atau teman satu sekolah—dan merasa kagum padanya? Sampai-sampai, dia menjadi inspirasimu dalam berbagai hal, mulai dari gaya berpakaian hingga membuatmu termotivasi untuk terus mengejar impianmu. Kalau kamu pernah mengalami hal ini, bisa jadi perempuan yang kamu kagumi itu adalah girl crush-mu.

Istilah girl crush saat ini memang lebih familier dalam konsep sebuah girl group K-Pop. Biasanya, konsep girl crush menghadirkan gaya perempuan yang kuat, berani, independen, serta percaya diri. Tujuan dari dihadirkannya konsep ini adalah untuk menarik penggemar perempuan. Nah, beberapa contoh girl group yang kental dengan konsep girl crush-nya sebut saja 2NE1 hingga BLACKPINK.

Lantas, sebenarnya girl crush artinya apa, sih?

Pengertian girl crush

vulture.com/Bryan Bedder/Variety via Getty Images

Girl crush artinya adalah ketika kamu memiliki rasa kagum yang besar kepada perempuan lainnya. Mengutip laman Cosmopolitan, istilah ini mulai banyak digunakan di kalangan mode pada awal tahun 2000-an sebagai cara untuk mengatakan, “Aku menyukai estetika dan kesannya secara umum” kepada perempuan lain.

Biasanya, para perempuan yang jadi girl crush ini punya kualitas yang bikin perempuan lain mengidolakannya. Seperti keberaniannya dalam mengungkapkan pendapat, memiliki segudang prestasi, pembawaan dirinya yang keren, gaya berpakaian mereka yang menarik, hingga parasnya yang cantik.

Melansir dari laman CNN, perempuan yang jadi girl crush-mu bukanlah orang-orang yang berada di dalam circle pertemananmu, Bela. Ia adalah orang yang kamu kagumi dari jarak tertentu, seperti rekan kerja, teman sekelas, atau teman lama yang sudah bertahun-tahun tidak kamu temui atau ajak bicara.

Apa bedanya girl crush dan mengidolakan seseorang?

Billboard.com/Foto oleh: Anthony Ghnassia/SIPA/REX/Shutterstock

Setelah mengetahui girl crush artinya rasa kagum perempuan kepada perempuan lainnya, lantas apa perbedaannya dengan mengidolakan seseorang?

Sebetulnya, baik girl crush ataupun mengidolakan seseorang memiliki pengertian yang serupa. Hanya saja, girl crush memfokuskan kekaguman di antara para perempuan, sedangkan mengidolakan seseorang tidak memandang gender.

Munculnya istilah girl crush juga jadi sebuah fenomena positif di dunia yang kerap kali membingkai hubungan antar perempuan yang selalu diisi rasa dengki, iri, dan rasa ingin paling menonjol.

Memiliki rasa kagum kepada seorang perempuan menjadi bukti bahwa ketika kita memiliki penilaian positif terhadap perempuan lainnya, kita telah turut andil dalam menciptakan komunitas dan rasa solidaritas yang kuat di antara perempuan.

Mengapa kamu memiliki girl crush pada perempuan lainnya?

Telegraph.com/Caroline McCredie

Sekarang, kamu mungkin bertanya-tanya, kira-kira kenapa, sih kamu bisa punya girl crush pada perempuan lain?

Hal ini bisa disebabkan bahwa kamu adalah seseorang yang ingin terus mengembangkan diri dan nggak melihat perempuan lain sebagai seorang kompetitor, Bela. Justru kamu melihat mereka sebagai sosok yang dapat menginspirasimu untuk terus menumbuhkan kreativitas, memicu ambisi, keberanian, hingga mengakses kemampuan yang belum kamu sadari sebelumnya.

Beberapa pesohor yang menjadi girl crush banyak perempuan

Instagram.com/@vousmevoyez

Nah, di dalam dunia hiburan sendiri, kamu akan menemukan beberapa pesohor yang menjadi girl crush sejuta umat. Di Hollywood misalnya, selebriti perempuan yang menjadi idola banyak perempuan seperti halnya Taylor Swift, Selena Gomez, hingga 'Queen Bey' Beyoncé. Sedangkan di industri hiburan Korea Selatan, beberapa pesohor yang dikenal punya banyak fans perempuan sebut saja Krystal Jung, Hwasa 'Mamamoo', Ryujin 'ITZY', sampai Seulgi 'Red Velvet.'

Kalau di Indonesia, selebriti perempuan yang banyak dikagumi oleh perempuan lainnya ialah Agnez Mo, Cinta Laura Kiehl, hingga Maudy Ayunda.

Kesimpulan

Fox35orlando.com/Foto oleh: John Shearer/Getty Images untuk TAS

Girl crush artinya rasa kagum dari seorang perempuan kepada perempuan lainnya. Umumnya, perempuan yang menjadi girl crush memiliki beberapa karakteristik yang membuat perempuan lain mengidolakannya, seperti keberanian untuk menyuarakan pendapat, independen, berani menjadi diri sendiri, hingga punya paras yang menawan.

Sehingga, bisa disimpulkan bahwa fenomena girl crush di antara perempuan menjadi 'angin segar' di dunia yang masih kerap kali membingkai hubungan di antara perempuan yang seringkali diisi rasa iri, cemburu, dan ingin menjatuhkan satu sama lain.

Jadi itulah tadi ulasan mengenai girl crush. Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya, Bela!

IDN Channels

Latest from Single