Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Cara Move On dari Mantan Satu Sekolah, Dijamin Berhasil!

Salah satunya dengan menyibukkan diri

Astri Amalia

Move on setelah putus cinta memang nggak gampang, terlebih jika mantanmu adalah teman satu sekolah. Bayangkan saja, orang yang paling kamu nggak mau temui malah berada di satu lingkungan yang sama denganmu. Alih-alih semakin lupa, eh, malah bikin kamu semakin teringat akan kenangan manis saat masih pacaran sama dia.

Namun, sebenarnya move on dari seseorang yang masih satu sekolah denganmu sangat memungkinkan lho, Bela, asalkan kamu tahu caranya.

Lantas, gimana, sih cara move on dari mantan satu sekolah?

Cara move on dari mantan satu sekolah

Pexels.com/Pixabay

Kamu mungkin berpikir bahwa move on dari mantan satu sekolah akan cukup sulit. Apalagi setiap hari ada kemungkinan kamu akan melihat bahkan berpapasan dengannya. Walaupun kamu sudah pasang niat untuk buang muka tiap kali bertemu di lorong atau kantin sekolah, tapi rasanya hal ini nggak akan menjamin bakal mempermudah proses move on-mu.

Tapi kamu patut bersenang hati, karena Popbela sudah rangkumkan 8 cara move on dari mantan satu sekolah yang dijamin bakal berhasil. Yuk, simak informasi selengkapnya berikut ini!

1. Akui rasa kehilanganmu

Pexels.com/Cottonbro Studio

Cara move on dari mantan satu sekolah yang pertama adalah dengan mengakui rasa kehilanganmu.

Yes, kamu bakal susah move on dari mantan, terlebih jika dia masih berada di sekitarmu kalau nggak dimulai dengan mengakui rasa kehilangan karena putus dengannya. Sebab, semakin kamu abaikan rasa kehilanganmu itu, yang ada proses move on-mu malah semakin lama dan sulit.

Sebaliknya, ketika kamu mengakui perasaanmu itu, maka akan semakin cepat pula kamu mampu melepaskan mantanmu.

2. Sadari bahwa kesedihan hanya bersifat sementara

Pexels.com/dương-nhân

Terkadang, ketika merasakan kesedihan akibat putus cinta, ada perasaan ketidakyakinan bahwa perasaan ini akan hilang. Namun, seperti hal lainnya yang ada di dunia ini, kesedihan nggak akan mungkin bertahan selamanya, kok. Ibarat siang dan malam yang akan selalu muncul bergantian.

Yakinkan dirimu bahwa this too shall pass, alias hal ini pun akan berlalu. Kesedihanmu setelah putus cinta akan berganti dengan kebahagiaan, layaknya pelangi yang hadir setelah hujan deras.

3. Antisipasi apa yang perlu kamu lakukan jika bertemu dengannya

pexels.com/Trinity Kubassek

Selanjutnya, cobalah untuk mengantisipasi hal-hal yang kiranya akan kamu lakukan jika berpapasan dengan mantanmu, Bela. Buatlah beberapa skenario di dalam kepalamu jikalau suatu saat kamu bertemu dengannya di lorong atau di kantin sekolah. Dengan mempersiapkan antisipasi semacam ini maka akan membuatmu merasa lebih siap apabila tiba-tiba bertemu dengannya.

4. Sibukkan diri dengan aktivitas seru

freepik.com/Drazen Zigic

Proses move on akan semakin mudah apabila kamu mulai memfokuskan diri dengan melakukan aktivitas seru, seperti halnya mengikuti ekstrakulikuler di sekolah. Ini merupakan cara produktif yang nggak cuma bisa membantumu untuk mengalihkan fokus dari mantanmu, tapi juga meningkatkan kemampuanmu.

Kamu suka nyanyi? Ikut ekskul paduan suara saja! Atau kalau kamu suka bela diri, tantang dirimu untuk mengikuti ekskul Taekwondo.

Selain itu, di luar sekolah kamu juga bisa sibukkan diri dengan menemukan hobi baru, Bela. Mungkin dengan mulai rutin jogging di kompleks rumah, atau belajar memainkan alat musik.

5. Mintalah dukungan dari orang terdekat

Unsplash.com/Andrea Tummons

Cara move on dari mantan satu sekolah selanjutnya yakni mencari dukungan dari orang terdekat.

Dukungan orang-orang terdekat amatlah penting demi memudahkan proses move on dari mantan satu sekolah. Mengingat dengan adanya orang-orang yang mendukungmu, kamu jadi nggak merasa sendirian dalam menghadapi situasi sulit ini.

Jadi, coba, deh curhat dengan teman-teman terdekat atau anggota keluargamu dan mintalah dukungan dari mereka. Keluarkanlah semua unek-unek yang terpendam selama ini kepada mereka. Dengan demikian akan membuatmu merasa lebih plong dan mood-mu pun akan membaik.

6. Sayangi dirimu sendiri

freepik.com/cookie_studio

Faktanya, memberikan rasa kasih sayang kepada diri sendiri adalah hal terpenting dalam proses move on setelah putus.

Yup, menurut sebuah penelitian, saat kamu menunjukkan rasa kasih sayang, seperti mengucapkan kata-kata positif ke diri sendiri, melakukan perawatan diri dengan berolahraga dan tidur yang cukup, hingga makan makanan yang bergizi, dapat membantumu menangkal pikiran negatif.

Dengan begitu, kamu pun akan jauh lebih mudah untuk move on, sekalipun mantanmu satu sekolah denganmu.

7. Buat jadwal harian

freepik.com/wayhomestudio

Membuat jadwal harian juga dapat membantumu untuk move on dari mantanmu. Tentu saja karena dengan adanya jadwal, kamu nggak akan ada waktu untuk memikirkan dia terus-menerus dan memantau segala aktivitasnya di sosial media yang malah akan mempersulitmu melupakan dia.

Tulislah pada sebuah kertas, hal apa saja yang akan kamu lakukan di dalam satu hari.

Misalnya, setelah bangun pagi, kamu akan membereskan tempat tidur, mandi, lalu bersiap untuk pergi sekolah. Selepas pulang sekolah, kamu akan pergi les atau mengikuti kegiatan ekstrakulikuler.

Lalu setibanya di rumah, kamu akan makan malam, menghabiskan waktu dengan kedua orangtuamu, kemudian mengerjakan tugas dari sekolah dan pergi tidur setelahnya.

8. Fokus pada impianmu

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Cara move on dari mantan satu sekolah yang terakhir adalah fokuskan diri untuk menggapai cita-citamu.

Kalau waktu masih pacaran dulu kamu sibuk chatting-an dengan pacarmu sampai bikin kamu malas belajar, maka sekarang adalah saat yang tepat untuk belajar lebih tekun, mengasah kemampuan baru, hingga memperluas lingkaran pertemanan. Pokoknya, lakukan apapun yang dapat membantumu semakin dekat dengan meraih impianmu selama ini. 

Pada akhirnya, kamu nggak hanya akan berhasil move on, tapi juga berhasil menggapai cita-citamu.

Jadi itulah tadi 8 cara move on dari mantan satu sekolah. Semoga bermanfaat untukmu ya, Bela!

IDN Channels

Latest from Single