Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Bukan dengan Materi, Ini 8 Cara Bahagia bareng Teman

Dimulai dengan meluangkan waktu berkualitas bersama

Astri Amalia

Siapa, sih yang nggak mau punya hubungan pertemanan yang sehat? Tampaknya semua orang termasuk kamu pasti menginginkannya. Bayangkan saja, dalam pertemanan sehat, kamu akan merasa aman menjadi diri sendiri, merasa dihargai, dan bisa memercayai teman-temanmu.

Nah, salah satu faktor untuk membangun hubungan pertemanan yang sehat ialah dengan senantiasa mengupayakan kebahagiaan bareng teman. Dengan adanya kebahagiaan di antara kamu dan temanmu, hubungan pertemanan pun akan menjadi lebih kuat dan bermakna.

Tapi, bagaimana cara bahagia bareng teman? Apa hal-hal yang perlu dilakukan agar bisa bahagia bareng orang-orang terdekatmu itu?

Berikut jawabannya untukmu. Keep scrolling!

1. Luangkan waktu berkualitas bersama

Pexels.com/Julia Larson

Cara bahagia bareng teman yang pertama adalah dengan meluangkan waktu berkualitas bersama dengannya. Bisa dengan janji bertemu di rumah dan mengobrol sepanjang hari, pergi ke pusat perbelanjaan bersama, atau mungkin dengan pergi nongkrong di kafe hits di kotamu.

Menghabiskan waktu berkualitas bersama nggak perlu harus dilakukan satu minggu sekali kok, Bela. Yang penting ialah ketika bertemu dengan temanmu, usahakan agar waktu tersebut bisa dinikmati dengan maksimal.

Jangan lupa untuk menjauhkan ponsel atau hal lain yang sekiranya dapat mengganggu momen kebersamaanmu dengan temanmu, ya.

2. Bertukar postingan lucu di media sosial

Pexels.com/Adrienn

Nyatanya, bahagia dengan teman itu bisa sesederhana saling bertukar postingan lucu atau meme yang kamu temukan di media sosial. Yup, melihat postingan yang membuatmu tertawa dan membagikannya kepada temanmu sangat ampuh dalam meningkatkan mood.

Di samping itu, jika kamu dan temanmu tinggal berjauhan, saling mengirimkan postingan adalah salah satu cara untuk menjaga komunikasi di dalam hubungan pertemananmu.

3. Ikuti komunitas positif bersama

Pexels.com/RODNAE Productions

Selanjutnya, coba, deh ikutan komunitas positif bersama dengan temanmu. Misalnya dengan ikut serta dalam komunitas olahraga ataupun komunitas sukarelawan.

Selain memberikan dampak positif pada dirimu sendiri, ikut serta dalam komunitas positif bersama temanmu juga akan membuat hubungan pertemananmu semakin sehat dan jauh lebih bermakna.

4. Saling memberikan afirmasi positif

Freepik.com/freepik

Memberikan afirmasi positif pada temanmu akan membantu hubungan pertemananmu juga jadi lebih positif. Contohnya dengan memberinya pujian, seperti, “Kamu baik banget, ya,” “Candaan kamu tuh selalu bikin aku tertawa,” atau “Kamu memang teman paling baik yang aku punya!”

Meski terkesan sederhana, tapi dengan mengutarakan kata-kata penegasan bernada positif seperti ini akan memperkuat ikatan pertemanan, serta meningkatkan rasa percaya di antara kamu dan temanmu, Bela.

5. Mencoba hal baru bersama

Freepik.com/freepik

Melakukan hal baru yang seru bersama temanmu juga bisa jadi cara lainnya untuk bahagia bareng teman. Bisa dengan belajar melukis, mengikuti kelas meracik parfum, atau bahkan menantang diri dengan mengikuti kompetisi maraton. Pokoknya, cobalah untuk melakukan kegiatan apa pun yang belum pernah kalian coba sebelumnya.

6. Berlibur bersama

Freepik.com/freepik

Liburan bareng teman pasti termasuk ke dalam salah satu daftar keinginan alias wishlist semua orang. Bagaimana tidak? Menghabiskan waktu untuk berlibur bersama orang-orang terdekat sudah pasti bikin kita merasa bahagia.

Tenang, liburan nggak harus ke tempat yang jauh ataupun perlu merogoh kocek yang dalam, kok. Staycation alias menginap di hotel atau penginapan di dalam kota saja sudah jadi acara liburan yang seru.

Tapi, kalau kamu dan temanmu punya budget lebih, nggak ada salahnya merencanakan liburan ke tempat yang jauh, atau bahkan melancong ke luar negeri.

7. Memberikan hadiah

Freepik.com/teksomolika

Membuat teman bahagia dengan memberinya hadiah adalah cara bahagia bareng teman selanjutnya. Karena faktanya, saat kamu membuat temanmu bahagia, kamu juga akan merasakan kebahagiaan, Bela.

Memberi hadiah pada temanmu nggak harus di momen spesial seperti ulang tahun atau acara kelulusannya. Kamu bisa memberinya hadiah kapan pun kamu mau.

Hal ini tentu akan mengejutkannya sekaligus menyenangkan hatinya.

Oh iya, hadiah yang kamu berikan pun nggak harus mahal ataupun berupa barang. Kalau kamu jago masak, mengirimkan masakan buatanmu bisa jadi hadiah istimewa untuk temanmu.

8. Mensyukuri kehadirannya

Pexels.com/Mental Health America (MHA)

Terkadang, mungkin ada waktu-waktu di mana kamu menganggap remeh keberadaan teman yang selalu ada di sampingmu. Sampai-sampai kamu lupa untuk mengapresiasi dan mensyukuri kehadirannya.

Nah, maka dari itu, mulai sekarang, cobalah untuk lebih banyak bersyukur atas kehadiran temanmu di dalam hidupmu. Katakan padanya bahwa kamu begitu bahagia dan bersyukur karena memiliki teman sepertinya.

Percayalah, dengan mengungkapkan rasa syukur pada temanmu, dijamin bikin pertemananmu dengannya semakin sehat dan kuat.

Jadi, itulah tadi beberapa cara bahagia bareng teman yang bisa kamu lakukan. Bagaimana menurutmu, Bela?

IDN Channels

Latest from Single