Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Lagu Barat tentang Cinta Bertepuk Sebelah Tangan, Nyelekit!

Bisa jadi teman galaumu!

Anatasia Anjani

Cinta bertepuk sebelah tangan sering menjadi tema populer dalam sebuah lagu. Itu menjadi pengalaman umum dan selalu membuat pendengarnya merasa relate. Lagu-lagu ini bisa jadi melankolis, penuh dengan kesedihan dan kerinduan. Atau, mereka bisa juga memberikan semangat, mendorong pendengar untuk terus maju dan menemukan cinta di suatu tempat.

Apakah kamu pernah mengalami cinta bertepuk sebelah tangan, Bela? Rasanya memang cukup menyakitkan, mungkin dengan sedikit lagu kamu bisa merasa terobati. Yuk, intip rekomendasi lagu tentang cinta bertepuk sebelah tangan berikut ini!

1. Taylor Swift - "You Belong With Me"

“You Belong With Me” mengisahkan tentang seorang perempuan yang jatuh cinta kepada sahabatnya. Namun, sahabatnya itu tidak menyadari perasaannya dan menjalin hubungan dengan seseorang yang tidak menghargainya.

Di dalam lagu itu, perempuan tersebut menyebut dirinya yang paling cocok dengan sahabatnya daripada pacarnya. Dia selalu memahami kebutuhan dan keinginan serta selalu ada untuknya. “You Belong With Me” mewakili keyakinannya bahwa mereka akan lebih baik jika bersama, dia berharap suatu hari laki-laki tersebut akan menyadari bahwa dialah orang yang tepat untuknya.

2. Meghan Trainor – “Just A Friend To You”

Dirilis pada tahun 2016, “Just a Friend to You” karya Meghan Trainor mengeksplorasi emosi kompleks dari cinta tak berbalas dalam konteks persahabatan. Perempuan itu mengungkapkan rasa sakit dan frustrasinya karena jatuh cinta dengan seseorang yang melihatnya sebagai teman.

Melalui lagu tersebut, Meghan mengungkapkan perasaannya yang terpendam kepada seseorang teman dekatnya. Kalimat “Aku mencintaimu sejak awal / Jadi hatiku patah / Saat kamu bilang aku hanya temanmu” sangat menggambarkan cinta yang tak terbalas.

3. R.E.M – “Losing My Religion”

Lagu lawas yang dirilis tahun 1991, “Losing My Religion” juga merupakan lagu tentang cinta bertepuk sebelah tangan. Lagu ini menjadi hit dengan charting tertinggi milik band tersebut di AS, memuncak di nomor 4 di Billboard Hot 100.

Meski judulnya mengandung kata religi, lagu tersebut tidak membahas tentang keimanan. “Losing My Religion” merupakan perumpamaan yang berarti kehilangan kesabaran atau merasa putus asa. Hal itu dikarenakan tokoh utamanya merindukan seseorang yang tidak merasakan hal yang sama.

Tema cinta tak berbalas terjalin di sepanjang lagu. Narator hampir terobsesi dengan minat cintanya. Obsesi ini, bersama dengan kurangnya timbal balik, menyebabkan dia merasa putus asa dan sakit hati.

4. Calum Scott – “Dancing On My Own”

Dari segi lirik, lagu ini mengeksplorasi kepedihan karena cinta tak berbalas. Laki-laki tersebut sendirian di klub menyaksikan perempuan yang disukainya menari bersama dengan orang lain. Rasa sakitnya sangat jelas tergambarkan di lirik, “Dan aku di sini, mengapa kamu tidak dapat melihatku?”

Liriknya sangat menggambarkan rasa sakit hati saat seseorang tidak membalas cinta kita. Kerinduan mendalam pada seseorang yang tidak membalas perasaanmu, ditambah dengan kepedihannya melihat bersama orang lain, double attack!

5. Mr. Big – “To Be with You”

Lagu menyentuh hati “To Be with You” oleh Mr. Big mengisahkan tentang cinta tak terbalas. Lagu ini terinspirasi dari pengalaman pribadi penyanyi utama Eric Martin. Liriknya mengungkapkan keinginan mendalam narrator untuk bersama perempuan yang dicintainya, meski perasaanya tak terbalas.

Rasa rindu itu terlihat jelas pada kalimat “Akulah yang ingin bersamamu / Jauh di lubuk hati aku harap kamu juga merasakannya.”

Lagu tersebut juga menyampaikan kesediaannya untuk menunggu wanita tersebut menyadari perasaannya terhadapnya. Laki-laki itu menunjukkan kesabaran dan harapan yang sering dikaitkan dengan cinta bertepuk sebelah tangan.

6. Coldplay – “Shiver”

Dari album Coldplay Parachutes hadir “Shiver,” sebuah lagu yang merangkum kisah cinta tak berbalas. Lagu tersebut menggambarkan seorang laki-laki yang memendam perasaan mendalam terhadap seseorang yang berkencan dengan laki-laki lain.

Perempuan itu selalu menganggap laki-laki tersebut sebagai sahabat. Laki-laki itu berjanji padanya bahwa dia akan tetap di sisinya apa pun yang terjadi.  Laki-laki itu berharap pada akhirnya akan menyadari perasaannya dan merasa bersalah karena mengabaikannya.

Meski cintanya bertepuk sebelah tangan, ia bertekad untuk selalu mencintainya, bahkan rela berubah jika perempuan tersebut menyuruhnya. Laki-laki tersebut selalu murah hati kepada perempuan tersebut, semua itu dilakukan demi cinta.

7. Bruno Mars – “Grenade”

“Grenade” menceritakan kisah seseorang yang akan melakukan apa saja demi orang yang mereka cintai. Meskipun orang tersebut mengetahui bahwa cintanya tak terbalas.

Liriknya yang berbunyi, “Mudah datang, mudah pergi, begitulah caramu hidup” menggambarkan kecerobohan orang yang dicintainya. Dia menerima cintanya begitu saja, yang mengarah pada cinta bertepuk sebelah tangan.

8. James Arthur – “Can I Be Him”

Rekomendasi terakhir lagu tentang cinta bertepuk sebelah tangan, “Can I Be Him” juga cukup menyedihkan. Meski mengetahui bahwa dia sudah menjalin hubungan, laki-laki tersebut tetap mengakui perasaannya, ia percaya bahwa orang lain tidak pantas mendapatkannya.

Narator sangat putus asa dan sangat sakit hati karena sosok yang dicintainya telah memiliki kekasih. “Can I Be Him” melukiskan gambaran rasa sakit, kerinduan, dan keputusasaan yang sering menyertai cinta tak berbalas.

Itulah deretan lagu tentang cinta bertepuk sebelah tangan. Cinta tak terbalas memang sangat menyakitkan, Bela. Semoga, lagu-lagu di atas bisa memberikanmu penghiburan, ya!

IDN Channels

Latest from Single