Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Cara Bahagia Tanpa Orang Lain, Belajar Hargai Diri Sendiri

Mulailah untuk mengenali diri sendiri lebih baik lagi

Anatasia Anjani

Apakah kamu penasaran bagaimana caranya bahagia tanpa teman? Dalam kehidupan bermasyarakat, kita sering menyamakan kebahagiaan dengan hubungan sosial dan persahabatan. Alhasil, gagasan menemukan kebahagiaan tanpa teman mungkin tampak berlawanan.

Penelitian menunjukkan bahwa memiliki teman meningkatkan kepuasan dan kebahagiaan hidup kita. Namun, kebanyakan orang memiliki masa-masa dalam hidup ketika mereka sendirian tanpa teman. Mendapatkan pekerjaan baru, pindah ke kota lain, atau melakukan perubahan gaya hidup, merupakan faktor-faktor yang bisa membuat kita merasa sendirian.

Kita tetap bisa bahagia tanpa orang lain, bagaimana caranya? Simak cara bahagia tanpa orang lain berikut ini, Bela!

1. Fokus apa yang kamu sukai

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Buatlah daftar kegiatan yang kamu sukai setiap harinya. Luangkan waktu setiap hari untuk melakukan sesuatu yang kamu sukai dan membuatmu bahagia. Kegiatan itu mungkin seperti menikmati minuman atau makanan favoritmu, berjalan di taman, menonton film, membaca buku, dan mengeksploirasi minat baru. Selain itu, belajarlah untuk mindfulness atau menyadari kehadiran masa kini.

2. Tidak membandingkan diri sendiri dengan orang lain

americasbest.com

Cara bahagia tanpa orang lain selanjutnya, yaitu tidak membandingkan pencapaian diri sendiri terhadap orang lain. Daripada menghabiskan waktu membandingkan diri sendiri dengan orang lain, fokuslah pada cara kamu bisa bahagia sendirian.

Salah satu cara paling signifikan untuk bahagia sendirian tanpa teman adalah dengan mengakui dan menghargai pencapaian pribadimu. Pencapaian datang dalam berbagai bentuk, baik besar atau kecil, dan mengakuinya dapat memberikan rasa kepuasan dan kegembiraan.

Sangat penting untuk meluangkan waktu mereflesikan dan merayakan pencapaianmu sendiri. Tidak peduli betapa kecilnya pencapaian tersebut. Pencapaian ini dapat terkait dengan karier, pendidikan, perkembangan pribadi, atau bahkan mengatasi tantangan dalam hidupmu.

3. Batasi penggunaan media sosial

Freepik.com/freepik

Jika kamu ingin bahagia dan tidak punya teman, pendekatan yang tepat adalah dengan membatasi scrolling akun media sosialmu. Biasanya orang membandingkan ketidakbahagiaan mereka dengan apa yang mereka yakini sebagai kebahagiaan orang lain.

Justru itulah faktor utama yang membuat diri kita tidak bahagia. Mungkin berbeda dengan apa yang membuat orang lain bahagia. Meskipun media sosial bisa menjadi media yang tepat untuk mendapatkan teman baru, tetapi jika hanya melihat yang dilakukan orang lain akan menambah ketidakbahagiaan.

4. Berkencan dengan diri sendiri

Pexels/ Oleksandr P

Berkencan dengan diri sendiri? Siapa takut! Prioritaskan kesejahteraan diri sendiri dan lakukanlah sesuatu yang berguna untuk menyehatkan pikiran, tubuh, dan jiwamu. Mulailah mengidentifikasi aktivitas atau praktik yang membuatmu bergembira dan merasa nyaman.

Hal ini bisa berupa hobi, menghabiskan waktu di alam terbuka, meditasi, atau spa. Apa pun itu, pastikan untuk memasukkan aktivitas ini ke dalam rutinitas harian atau mingguanmu.

Rencanakan setidaknya seminggu sekali kencan dengan diri sendiri. Kencan mandiri adalah kesempatan bagus untuk menemukan kembali menjadi bahagia tanpa teman.

Beberapa ide untuk kencan mandiri yaitu pergi ke taman, mengunjungi kedai kopi baru, mendaftar kursus, melakukan self care, mencoba kelas olahraga, merapikan kamar, memasak, membeli pakaian atau aksesori, menghiasi dinding atau sudut rumah, dan mengadopsi tanaman.

5. Menemukan hobi baru

Pexels/ Anna Shvets

Terlibat dalam aktivitas dan hobi menjadi cara yang bermakna untuk membuka kegembiraan batin dan menemukan kebahagiaan tanpa bergantung pada teman. Ketika kamu melibatkan diri dalam aktivitas yang memberikan kepuasan, kamu akan menciptakan momen kegembiraan dan kepuasan. Luangkan waktu untuk merenungkan aktivitas yang benar-benar membuatmu bahagia dan memicu rasa antusiasmu.

Bisa dimulai dengan melukis, menulis, hingga memainkan alat musik. Kuncinya adalah menemukan aktivitas yang selaras dengan nilai-nilaimu untuk mengekspresikan diri sendiri. Selain itu, aktivitas bermakna ini juga dapat berfungsi sebagai cara untuk terhubung dengan orang-orang yang berpikiran sama dan memiliki minat yang sama.

Baik itu bergabung dengan klub seni lokal atau menghadiri lokakarya yang berkaitan dengan hobi, akan ada kesempatan untuk menjalin hubungan dengan orang baru. Dengan terlibat dalam aktivitas dan hobi yang bermakna, kamu akan menemukan kepuasan pada diri sendiri.

6. Belajar bersyukur

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Ketika kita sedang kesal atau cemas, cukup sulit untuk mengidentifikasi hal-hal baik dalam hidup kita. Jika kamu sedang bahagia, sebaiknya ingatkan diri sendiri tentang semua hal yang bisa kamu syukuri. Dengan begitu kamu akan lebih puas dan hidup bahagia.

Cara bersyukur tidaklah sulit, cukup tuliskan setidaknya tiga hal yang kamu syukuri setiap harinya. Misalnya saja, aku bersyukur bisa makan enak hari ini, aku bersyukur hari ini rapat berjalan lancar, aku bersyukur bisa yoga hari ini, dan sebagainya. Cobalah dengan hal-hal sederhana, ya, Bela!

7. Menghabiskan waktu bersama keluarga

Pexels/ August de Richelieu

Jika kamu tidak memiliki teman dan sedang mencari kesempatan untuk bersosialisasi, keluargamu adalah tempat yang tepat untuk memulai. Habiskan waktu bersama anggota keluarga dengan kegiatan yang menyenangkan.

Kunjungi mereka dan terlibat dalam percakapan yang membuatmu antusias. Kamu bahkan dapat berbagi pemikiranmu tentang bagaimana menjadi bahagia. Bagaimana? Menarik untuk dicoba bukan?

Nah, itulah cara bahagia tanpa orang lain yang bisa kamu coba. Coba share pengalamanmu juga, ya, Bela!

IDN Channels

Latest from Single